5 Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri - Berada di usia 20 tahun, rasa percaya diri yang kuat tentu sudah harus dimiliki. Ketika percaya diri itu ada, maka apapun aktivitas yang dilakukan akan selalu berjalan dengan lancar. Dengan begitu, orang lain yang melihat pun juga akan merasa nyaman melihat aktivitas Anda.
5 Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri
5 Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri

Orang yang tidak percaya diri, sering sekali terlihat membatasi kemampuan mereka. Sebab, mereka menganggap bahwa dirinya bukan siapa-siapa dan tidak memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain. Oleh sebab itu, tidak heran jika mereka merasa minder dan tertutup dengan kehidupan sosial.

Tak perlu khawatir, untuk menumbuhkan rasa percaya diri tidaklah sulit yaitu asalakan ada kemauan terus belajar. Bila saat ini masih bingung mau mulai dari mana, berikut ini ada lima tips mudah untuk membangun rasa percaya diri pada diri Anda.

1. Belajar Akui Kesalahan


Jangan merasa takut disalahkan bila terlibat dalam suatu masalah di kantor, baik itu karena kesalahan diri sendiri ataupun bersama rekan-rekan kerja. Ada baiknya jangan memendam kesalahan hingga lama. Hal ini tentu akan menambah kondisi diri semakin memburuk. Maka, segeralah berterus terang terhadap rekan kerja atau atasan sekalipun. Sampaikan semuanya dengan jujur dan dengan penuh keyakinan.

Bila suatu permasalahan disampaikan dengan gugup, maka lawan bicara akan merasa tidak yakin dengan semua hal yang telah dijelaskan. Jangan lupa selalu perhatikan tata cara bicara kepada siapapun, khususnya kepada atasan atau rekan kerja yang memiliki jabatan lebih tinggi.

2. Coba Gaya Baru


Cobalah ganti gaya baru pada penampilan. Hal ini tentu bisa membuat penampilan lebih berbeda dari sebelumnya dan pastinya terlihat lebih segar. Dengan beranikan diri untuk mencoba hal baru apalagi sesuatu yang mengubah penampilan dengan drastis, orang lain akan beranggapan bahwa Anda cukup berani dan percaya diri akan tindakan yang dilakukan. Tak ada salahnya untuk mengganti model atau warna rambut atau cara berpakaian. Ini akan sangat membantu utnuk menumbuhkan rasa percaya diri dengan cepat.

3. Berhenti Membandingkan


Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Rekan kerja yang saat ini lihat sangat menarik, pasti memiliki sisi kelemahan di yang ada pada dirinya. Oleh sebab itu, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan siapapun.

Pada umumnya membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat sedih dan semakin terpuruk karena pada dasarnya Anda tidak akan bisa sama dengan siapapun juga. lebih baik, tonjolkan kelebihan untuk menutupi kekurangan atau kelemahan yang ada pada diri. Asahlah kemampuanmu dan tunjukkan kepada semua orang di sekelilingmu bahwa kelebihanmu juga tidak kalah menakjubkan.

4. Cintai Diri Sendiri


Saat bangun dari tidur, pergilah ke arah cermin terlebih dahulu dan lihatlah betapa berharganya diri Anda. Tumbuhkan rasa semangat untuk menjalani aktivitas hari ini. Tidak ada salahnya memuji penampilan diri sendiri di depan kaca. Ungkapkan semua kelebihan yang Anda miliki sebagai dorongan untuk terus percaya diri disetiap rutinitas yang dilakukan. Bangun tekad yang kuat untuk mengembangkan kelebihan tersebut dan katakan bahwa pasti bisa melakukannya.

5. Segera Bangkit dari Kegagalan

Mungkin Anda baru saja merasakan kegagalan, seperti hasil kerja yang tidak sesuai dengan atasan. Jangan terus-menerus menyalahkan diri tetapi berikanlah diri apresiasi atas hasil kerja walau tidak sesuai dengan harapan. Setelah itu, mulailah bangkit dan cepat perbaiki diri.

Tumbuhkan Percaya Diri Sejak Dini

Menggunakan barang mahal sekalipun tidak akan menjamin seseorang akan langsung memiliki rasa percaya diri yang kuat, sebab percaya diri dibangun pada dalam diri seseorang. Oleh karena itu, bangunlah kepribadian yang positif sehingga rasa percaya diri bisa tumbuh secara alami. Jangan tanya menyoal waktu yang tepat untuk berubah, lakukanlah sejak dini dengan terus melakukan yang terbaik kepada diri sendiri
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: