6 Cara Ampuh Mengatasi Stres - Hampir semua orang bisa dipastikan pernah mengalami stres baik itu dalam waktu sebentar ataupun lama. Banyak faktor yang menjadi pemicu timbulnya gangguan mental tersebut, misalnya saja kebutuhan yang semakin banyak tanpa didukung dengan kemampuan finansial yang memadai, target kerja yang tidak tercapai dan sebagainya. Intinya, timbulnya stres dalam diri seseorang dikarenakan ketidakmampuan menghadapi beban atau tekanan hidup.
6 Cara Ampuh Mengatasi Stres
6 Cara Ampuh Mengatasi Stres

Sebagai salah satu gangguan psikologis, stres tidak bisa dianggap remeh. Jika tidak segera diatasi, maka akan berpotensi menimbulkan akibat yang semakin buruk, seperti depresi bahkan bisa saja berakhir bunuh diri. Tidak perlu khawatir, berikut terdapat cara ampuh yang bisa dilakukan ketika mengalami stres.

1. Hirup Udara Segar


Ketika stres mulai melanda, segeralah menyadarinya dan beranjak menghirup udara segar. Bertahan pada situasi dan posisi yang monotn tidak akan bisa mengatasi stres, justru akan semakin memburuk kondisi. Contohnya saja, ketika sedang mumet dengan pekerjaan yang numpuk namun Anda tetap mengerjakannya secara terpaksa agar cepat selesai.

Padahal, hal tersebut hanya akan membuat hasil pekerjaan menjadi tidak baik. Untuk itu, pergilah keluar ruangan dan hirup udara segar walau sebentar. Sebab, udara segar dapat membantu menenangkan diri sehingga bisa kembali berpikir jernih.

2. Banyak Minum Air Putih

Banyak orang yang melampiaskan stresnya dengan meminum minuman yang mengandung alkohol seperti bir, anggur dan sebagainya. Mereka yang melakukan hal ini berpikir dengan minuman tersebut mampu menjadi ‘obat’ mujarab pengusir stres. Memang minuman tersebut bisa memberikan efek tenang, tapi hanyalah bersifat sementara. Ketika efek alkoholnya menghilang, maka stres akan kembali datang.

Saat kondisi tertekan, baiknya konsumsi banyak air putih justru lebih membantu mengurangi ketegangan. Tanpa disadari stres mengakibatkan cairan tubuh akan berkurang sehingga kondisi ini menimbulkan rasa letih pada tubuh. Oleh sebab itu, dengan meminum banyak air putih dapat mengatasi kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Di saat cairan tubuh pulih kembali, maka rasa letih yang dirasakan akan mulai memudar, dengan begitu stres bisa teratasi

3. Meditasi

Beberapa pakar beranggapan bahwa meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh mengatasi stres. Meditasi akan membantu seseorang memusatkan pikiran dan perasaan agar bisa berkonsentrasi dan relaksasi. Dengan begitu, pernapasan akan menjadi lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah akan kembali normal.

Kondisi ini tentu dapat menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Menurut hasil penelitian, meditasi selama 15 menit bisa memberikan efek yang sama pada kebugaran tubuh seperti olahraga selama 1 jam.

4. Berolahraga


Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa orang stres malah disuruh olahraga? Jangan salah, dengan olahraga tak hanya bisa menyehatkan tubuh saja tetapi juga menguatkan jiwa. Stres merupakan salah satu bentuk dari gangguan emosional jiwa. Maka olahraga bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa dengan berolahraga, tubuh akan meningkatkan produksi hormon endorphin yang mampu memberikan efek relaksasi pada pikiran. Selain itu, olahraga juga memobilisasi otot, mempercepat peredaran darah, dan membuka paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak. Dengan demikian, kondisi tubuh menjadi stabil dan lebih sehat.

5. Hindari Makanan Berkarbohidrat Tinggi

“Saat sedang stres, saya banyak makan.” Tak sedikit yang mengakui bahwa makan banyak merupakan cara menghilangkan stres. Sayangnya, konsumsi makanan terutama yang mengandung karbohidrat tinggi sangat tidak dianjurkan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang mengalami stres. Makanan berkarbohidrat tinggi memacu tingginya kadar insulin di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi cepat lelah dan bad mood yang bisa saja menambah stres.

6. Istirahat yang Cukup

Saat tubuh lelah akan sulit mengendalikan tekanan yang dialami tubuh, apalagi mengatasi stres. Oleh sebab itu, jangan paksakan tubuh menjalani aktivitas yang padat secara terus-menerus. Tubuh yang lelah karena kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi menurun dan tidak fokus menghadapi berbagai masalah yang sedang dialami.

Istirahatkan tubuh dengan waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-8 jam sehari. Dengan aktivitas tidur atau istirahat yang cukup mampu meremajakan tubuh yang lelah sehingga ketika bangun tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar kembali dan siap menjalani aktivitas di kemudian hari.

Pilih Cara yang Tepat

Tak baik memelihara stres terlalu lama. Tanpa disadari tekanan demi tekanan yang muncul akan semakin membebani pikiran dan perasaan. Hal tersebut tentulah tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, ketika mulai merasa tertekan dan stres, sebaiknya segera atasi dengan cara yang tepat. Pilihlah salah satu cara yang membuat Anda enjoy atau bisa mengkombinasi beberapa cara. Dengan begitu, stres bisa teratasi dengan cepat sehingga bisa menjalan rutinitas seperti pada biasanya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: