6 Tips Supaya Laptop Bertahan Lebih dari 5 Tahun - Zaman serba canggih membuat mobilitas orang semakin tinggi. Di era seperti ini, sebuah laptop yang sebelumnya dianggap sebagai kebutuhan tersier, menjadi hal yang sangat esensial untuk menunjang aktivitas seseorang. Lantaran fungsinya yang amat penting, sedikit kerusakan atau gangguan yang terjadi pada laptop bisa menjadi masalah besar yang mengganggu aktivitas sehari-hari.
6 Tips Supaya Laptop Bertahan Lebih dari 5 Tahun
6 Tips Supaya Laptop Bertahan Lebih dari 5 Tahun

Tak jarang performa sebuah laptop akan menurun jika masa penggunaannya lebih dari 3 tahun. Namun, keawetan sebuah laptop tak melulu tergantung dari lamanya pemakaian, namun juga dari cara si pengguna merawat laptop, baik dari perangkat lunak maupun perangkat kerasnya. Supaya laptop milik Anda awet bahkan hingga lebih dari 5 tahun, ikuti tips perawatannya berikut ini!

1. Bersihkan Laptop Cache secara Berkala

Setiap laptop pasti akan menghasilkan file sampah atau file yang sifatnya sementara dan perlu dihabiskan secara berkala. File tersebut sifatnya baik jika tidak terlalu banyak, namun jika terlalu banyak, laptop bisa menjadi lelet dan sering mengalami error. Karenanya, Anda perlu melakukan pembersihan cache secara berkala.

Anda juga bisa menggunakan software bawaan laptop atau mengunduh software gratis seperti CCleaner, BleachBit, dan lainnya. Lamanya proses pembersihan cache ini tergantung dari kondisi laptop Anda. Namun umumnya proses ini hanya memakan waktu sekitar 5 menit.

2. Lakukan Defragmented Hard Disk

Seiring usia pemakaian, sangat wajar jika hard disk di laptop Anda mulai menunjukkan penurunan performa. Salah satu faktor penyebabnya adalah terbentuknya fragmen. Kebanyakan hard disk laptop memiliki pola berputar sehingga hard disk menempatkan file dalam tempat yang berbeda ketika Anda membuat file baru.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan defragmented hard disk secara berkala, misalnya satu bulan sekali atau tiga bulan sekali. Proses ini akan membuat file yang berceceran dan terpisah tempat dalam hard disk dikumpulkan kembali dalam tempat yang sama. Jika laptop Anda menggunakan sistem SSD, maka Anda tidak perlu lagi melakukan proses ini karena sistem SSD tidak menggunakan pola berputar.

3. Update Anti Virus dan Scan Hard Disk

Penyebab utama dari lambatnya kinerja laptop biasanya memang karena virus. Untuk itu, Anda harus memperbarui anti virus dan scan keseluruhan hard disk secara berkala karena akan muncul banyak jenis virus baru yang tidak bisa dilawan oleh anti virus yang tidak update. Pada kebanyakan anti virus, proses update dan scan umumnya sudah berjalan secara otomatis,  namun tak jarang scan yang dilakukan hanyalah scan sistem, bukan menyeluruh untuk seluruh hard disk.

4. Bersihkan File yang Tidak Terpakai

File tidak terpakai hanya akan membuat hard disk berjalan dengan lambat karena disesaki oleh file yang tidak berguna. Kalau hard disk mulai penuh, segera bersihkan file tidak terpakai, dan rapikan seluruh foldernya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan cloud storage seperti One Drive, Google Drive, dan lainnya untuk menyimpan file yang jarang digunakan. Jika Anda seringkali malas melakukan ini, Anda bisa mengganti hard disk dengan kapasitas lebih besar sehingga ruang penyimpanan file tidak cepat penuh.

5. Gunakan Laptop di Permukaan Datar

Tak hanya bagian software yang harus Anda perhatikan ketika merawat laptop. Jangan lupa juga untuk memperhatikan bagian hardware-nya. Saat laptop berada dalam keadaan hidup, sebisa mungkin gunakan laptop padi atas permukaan datar.  Jangan menaruh laptop di atas kasur ketika sedang digunakan, karena sirkulasi udara dari badan laptop tidak akan berjalan lancar dan tertahan oleh badan kasur. Akibatnya, pembuangan udara panas dari laptop akan terus berputar dan masuk kembali ke dalam laptop, sehingga laptop Anda malah semakin panas. Suhu panas yang masuk ke dalam laptop bisa menjadi sangat berbahaya karena bisa berujung pada kerusakan laptop bahkan bisa mati total karena komponennya meleleh.

6. Bersihkan Komponen Laptop

Meski sepele, nyatanya masih banyak pengguna laptop yang sering mengabaikan kebersihan laptop itu sendiri.  Padahal, kotoran yang menempel pada komponen laptop bisa memperlambat kinerja laptop dan membuat laptop menjadi cepat panas. Untuk itu, jangan lupa untuk membersihkan laptop Anda minimal dua minggu sekali, terutama pada bagian LCD, keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Kalau Anda mahir membongkar pasang laptop, tak ada salahnya untuk membersihkan juga bagian dalam laptop Anda.

Sudah melakukan cara di atas namun laptop Anda masih lelet dan tidak berfungsi dengan sempurna? Daripada uang habis untuk servis laptop namun tidak memberikan hasil yang optimal, sebaiknya Anda membeli sebuah laptop baru. Mengingat harga sebuah laptop baru berkisar jutaan rupiah, tabungan Anda bisa ludes dalam satu waktu jika Anda membeli laptop secara tunai, apalagi jika laptop yang Anda inginkan berspesifikasi tinggi yang harganya mencapai belasan juta. Dalam hal ini, kredit laptop bisa menjadi pilihan yang lebih bijak. Sebab, kita tidak tahu kapan hal-hal mendesak akan datang. Dengan kredit laptop, paling tidak uang tabungan Anda akan cukup untuk menyelesaikan hal mendesak yang terjadi.

Salah satu pemberi kredit laptop yang bisa Anda pilih adalah https://www.kredivo.com/. Kredit laptop online dengan Kredivo tentunya tidak memerlukan survei atau pun uang muka. Untuk cicilan, Kredivo memberikan pilihan tenor mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan dengan bunga paling rendah, yaitu 2,95%. Persyaratan untuk daftar akun Kredivo juga sangat mudah, Anda hanya perlu berpenghasilan minimum Rp3 juta per bulan, berusia minimum 18 tahun, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: