7 Kegiatan Penghilang Stres Ini Patut Dicoba - Stres dialami oleh siapa saja, termasuk Anda. Stres disebabkan karena adanya tekanan terhadap fisik dan psikis, baik dari diri sendiri, orang lain, ataupun dari benda-benda yang ada di sekitar. Kejadian paling parah ketika merasa stres di kantor, dimana mood kerja hilang dan Anda tidak ingin diganggu oleh siapapun.

Stres dapat dihilangkan dengan berbagai cara, tetapi bukan obat-obatan dan minuman beralkohol ya. Aktivitas positif yang Anda lakukan setiap hari juga sangat ampuh untuk menghilangkan stres, seperti aktivitas yang akan dibahas di bawah ini.

1. Menggambar Sesuatu

Tidak, Anda tidak perlu jago menggambar untuk menciptakan sebuah karya paling fenomenal yang ada di dunia. Sebab hasil gambaranmu tidak akan dipamerkan pada sebuah festival atau lelang, melainkan menjadi bahan konsumsi pribadi untuk menghilangkan stres.

Gambarlah benda-benda yang ada di sekitarmu, seperti radio, komputer, atau gelas. Sediakan secarik kertas kosong sebagai wadah untuk menggambar. Jika tidak punya, Anda dapat meminta beberapa lembar kertas HVS yang dimiliki perusahaan.

2. Pergi Liburan

Jika stres sudah tidak tertahankan, sebaiknya cari waktu untuk bersenang-senang dengan diri sendiri. Manfaatkan weekend untuk menikmati liburan singkat, baik di sekitar kota tempat tinggalmu atau di luar kota. Pilih tempat yang dapat memberimu ketenangan, sehingga stres dapat hilang secara otomatis. Misalnya saja, pantai, pulau, taman, gunung, atau padang pasir.

Hindari pergi ke tempat-tempat yang terlalu ramai, seperti mal atau supermarket. Tempat ini bukan menghilangkan stres, melainkan menambah stres karena efek suara yang terlalu ribut, baik yang berasal dari suara hentakan kaki atau suara kendaraan.

3. Minum Kopi

Kandungan yang terdapat dalam secangkir kopi memiliki sifat menenangkan. Tak heran jika banyak orang meminum kopi setiap kali sudah merasa stres. Anda bisa menyajikan secangkir kopi panas di meja kantor setiap pagi, lalu teguk saat sudah hangat.

Meskipun baik untuk menghilangkan stres, atur takaran minum kopi sehari-hari. Jangan sampai terlalu banyak minum kopi agar tidak mengganggu kesehatan tubuh, seperti jantung, pencernaan, tulang, dan kesehatan janin bagi Anda yang sedang hamil.

4. Bermain Game

Bermain game dapat memberikan efek bahagia bagi yang sedang memainkannya. Ilustrasi gambar yang terdapat pada game menjadi sesuatu yang menghibur, sehingga stres hilang secara perlahan. Selain baik untuk menghilangkan stres, bermain game juga bagus untuk melatih fungsi otak manusia. Terutama jika game yang dipilih berbau petualangan, teka-teki atau puzzle.

Game dapat diakses melalui ponsel atau komputer kantor. Mainkan game favoritmu saat jam istirahat tiba agar tidak mengganggu rekan kantor yang sedang bekerja. Jangan lupa mematikan suaranya agar tidak terlalu berisik.

5. Berendam di Air Hangat

Menurut studi yang pernah dilakukan di Swedia, berendam di air dapat memberi efek relaksasi bagi tubuh. Air dipercaya dapat menekan kadar hormon pemicu stres yang berasal dari otak manusia. Anda bisa mencoba cara ini di rumah, di salon, atau di tempat rekreasi yang menyediakan fasilitas berendam air hangat.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan pada sekelompok orang, 80 persen diantaranya terbukti merasa lebih tenang dan rileks. Tambahkan bunga lavender, bunga melati, chamomile, dan bunga-bunga lain yang mengandung aromaterapi agar stres semakin cepat hilang.

6. Konsumsi Makanan Manis

Makanan manis seperti cokelat, permen, dan gulali dipercaya ampuh sebagai obat penghilang stres. Reaksi yang dirasakan juga sangat cepat. Tetapi ingat, jangan sampai terlalu banyak dikonsumsi karena makanan manis mengandung lemak yang cukup tinggi, sehingga kurang cocok bagi Anda yang sedang menerapkan pola makan sehat.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang lebih sehat, seperti alpukat, kacang mede, semangka, beri, dan ikan salmon. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada makanan ini juga sangat baik untuk tubuh.

7. Memanjakan Diri

Hadiahi dirimu dengan hal-hal yang memberi kesan relaksasi, seperti liburan. Tetapi berhubung karena liburan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, Anda dapat menggantinya dengan pergi ke salon untuk memanjakan diri secara kilat. Ambil paket perawatan lengkap agar sensasi memanjakan diri semakin terasa.

Memanjakan diri di luar rumah tentu membutuhkan biaya. Apabila kondisi keuangan sedang menipis, Anda bisa memanjakan diri dengan cara sendiri di rumah, seperti yoga, membaca, memasak, atau mendengarkan musik sambil menari.

Kurangi Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Menghilangkan stres tentu tidak mudah. Prosesnya akan semakin sulit jika orang-orang di sekitar Anda memberi tekanan yang tidak sewajarnya. Apapun penyebab stres yang Anda alami saat ini, sebaiknya jangan dibiarkan berlarut-larut. Cari akar permasalahannya dan segera selesaikan agar stres dapat berkurang, sehingga hidup Anda menjadi lebih bahagia.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: