7 Manfaat Mengonsumsi Ikan dan Seafood Bagi Tubuh - Seafood dan ikan termasuk hidangan makanan yang sangat enak disantap saat sedang liburan di pantai, apalagi kalau ditambah dengan saus dan mayonaise, dijamin nagih. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengonsumsi seafood atau ikan karena faktor alergi. Padahal kedua bahan makanan ini memiliki kandungan protein, kalsium, dan Omega 3 yang baik untuk kesehatan.
7 Manfaat Mengonsumsi Ikan dan Seafood Bagi Tubuh
7 Manfaat Mengonsumsi Ikan dan Seafood Bagi Tubuh 

Hidangan seafood ataupun ikan cocok disajikan sebagai menu makanan sehat sehari-hari. Meskipun harganya lumayan mahal, tapi banyak manfaat yang bisa dirasakan.

1. Mencegah Depresi


Depresi bisa terjadi karena seseorang mengalami stres berat. Dengan mengonsumsi seafood secara rutin, depresi yang dirasakan bisa hilang secara perlahan. Kandungan asam amino dan Omega 3 yang terdapat pada seafood akan membantu otak untuk bekerja lebih tenang dan rileks.

2. Menyehatkan Kinerja Jantung


Seafood dan ikan kaya akan kandungan Omega 3, sangat bagus untuk kesehatan jantung manusia. Kandungan Omega 3 dalam seafood akan secara otomatis memecah kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam aliran darah. Sehingga aliran darah ke jantung lebih lancar.

3. Menurunkan Hipertensi


Seafood atau ikan tidak sama dengan daging sapi. Kandungan lemak di dalam seafood sangat rendah, sehingga baik dikonsumsi meskipun dalam jumlah yang besar. Aneka seafood seperti udang, kepiting, dan lobster juga memiliki kadar protein yang tinggi. Ditambah lagi kandungan Omega 3 yang ampuh memerangi kolesterol jahat dan dipercaya ampuh untuk menurunkan tingkat hipertensi seseorang.

4. Mencegah Mata Rabun di Usia Dini

Intensitas penggunaan kacamata di era millenial meningkat pesat dibandingkan 20 tahun yang lalu. Kondisi ini bisa dimaklumi karena tingginya aktivitas di depan layar smartphone ataupun komputer. Tapi dengan mengonsumsi seafood atau ikan salmon, besar kemungkinan mata minus atau rabun dapat sembuh secara perlahan.

Kandungan Omega 3 yang terdapat pada seafood dan ikan mampu memerangi pertumbuhan atau regenerasi sel-sel yang membuat mata menjadi rabun.

5. Memperlambat Proses Penuaan


Selain mengandung asam lemak Omega 3, seafood dan ikan juga kaya akan vitamin dan protein. Ketiga kandungan ini sangat baik untuk memerangi proses penuaan dini akibat penggunaan krim wajah yang tidak sesuai ataupun paparan sinar matahari di siang hari.

Seafood dan ikan juga memiliki kandungan kolagen yang sangat baik untuk membantu proses regerasi kulit, sehingga kulit tetap sehat dan terlihat muda dari usia seharusnya. Apabila kulit wajah mulai tidak kencang dan timbul keriput, perbanyak konsumsi seafood dan ikan untuk mengembalikan kecantikan kulit.

6. Mengatasi Jerawat


Remaja yang berada di masa akil balig atau pertumbuhan sering mengalami masalah di kulit, seperti jerawat. Daripada menggunakan krim-krim wajah untuk menghilangkan jerawat, lebih bagus perbanyak konsumsi seafood dan ikan-ikan segar. Kandungan kolagen dan protein yang terdapat pada seafood sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, seafood dan ikan juga mampu menstabilkan tingkat pH pada kulit. Sehingga produksi minyak berlebih pada kulit dapat dinetralisir dengan baik.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Aneka seafood dan ikan-ikanan, seperti ikan salmon ternyata sangat baik untuk menjaga sekaligus meningkatkan kinerja otak, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan mengonsumsi ikan salmon secara rutin, perkembangan otak anak pun jadi jauh lebih sempurna. Kandungan Omega 3 pada ikan salmon memiliki peran aktif dalam perkembangan sel otak anak.

Sayangnya, ikan salmon sedikit sulit ditemukan di Indonesia. Selain itu, harganya juga lumayan mahal sehingga sering menjadi bahan pertimbangan bagi ibu-ibu rumah tangga ketika ingin menjadikan salmon sebagai menu makanan bagi anggota keluarga.

Abaikan Rumor Jelek tentang Seafood

Ada banyak rumor jelek yang beredar tentang kandungan di dalam ikan dan seafood. Namun, rumor tersebut tidaklah benar. Nyatanya, seafood dan ikan masih tetap jadi bahan makanan terbaik yang sangat pas dihidangkan sebagai menu pelengkap gizi harian. Selain baik untuk kesehatan kulit dan mata, seafood dan ikan juga bagus untuk memerangi beberapa penyakit mematikan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: