7 Menu Masakan Indonesia dengan Harga Murah Namun Sehat - Berbeda dengan menu makanan western yang biasanya terbuat dari bahan-bahan alami, sehat, dan dimasak dengan cara direbus, dibakar, atau dipanggang. Makanan khas Indonesia adalah kebalikan dari makanan western, bisa dibilang tidak terlalu sehat karena biasanya diolah dengan cara digoreng. Menggorengnya pun memakai minyak yang sudah berapa kali dipakai untuk menggoreng.
7 Menu Masakan Indonesia dengan Harga Murah Namun Sehat
7 Menu Masakan Indonesia dengan Harga Murah Namun Sehat 

Tapi, jangan salah kaprah dulu. Tidak semua makanan Indonesia digoreng-goreng saja. Ada juga beberapa makanan yang dimasak dengan cara direbus dan dibakar. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

1. Steak Tempe


Berbeda dengan steak pada umumnya yang berbahan dasar daging. Kali ini, olahan steak nya akan menggunakan tempe sebagai bahan baku utama. Pertama-tama, tempe dikukus, ditumbuk, lalu disirami dengan bumbu khas Indonesia. Setelah itu, campurkan ke tepung terigu dan goreng sampai matang. Sajian menu seperti ini sangat mudah ditemui di warung makan yang ada di pinggir jalan. Soal rasa, tetap enak. Steak ini juga bergizi karena terbuat dari dari olahan tempe.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Korea yang Banyak Digilai Kpopers Indonesia

2. Nasi Goreng


Nasi goreng selalu jadi menu andalan di beberapa tempat makan, baik di warung, kafe, ataupun restoran. Tapi, tidak semua tempat makan memiliki cita rasa nasi goreng yang sama. Misalnya saja Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Warung nasi goreng yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi ya. Setiap hari pasti selalu ramai didatangi pengunjung. Wajar saja, cita rasa nasi gorengnya memang sangat khas. Apalagi dengan siraman potongan daging kambing di atasnya, membuat semua orang pasti ketagihan.

3. Pepes


Satu masakan khas Indonesia yang tidak boleh kelewatan adalah pepes. Makanan ini bisa ditemukan di banyak tempat. Tapi, satu warung pepes yang wajib dicoba adalah RM. Amper 2 yang ada di Jakarta. Disini, kamu bisa menikmati berbagai macam aneka pepes, baik pepes ikan teri, jeroan, tahu, sampai pepes ayam. Uniknya lagi, kedai pepes ini buka 24 jam penuh. Kamu yang sering kelaparan tengah malam cocok sekali kalau mau mampir ke sini.

4. Ayam Bakar

Olahan ayam goreng memang sangat menggoyang lidah, apalagi kalau dicampur dengan sambal cobek. Rasanya pasti mantap. Kalau ayam goreng melulu, pasti bosan. Bagaimana kalau ayam bakar? Aneka bumbu tradisional yang dioleskan ke dagingnya saat proses pembakaran menambah cita rasa ayam bakar.

Bukan hanya lezat dan gurih saja, ayam bakar juga bagus buat kamu yang sedang diet. Karena ayam ini sama sekali tidak menggunakan minyak. Nikmati bersama sambal korek atau sambal pedas manis supaya rasanya semakin nikmat.

5. Gado-Gado

Makanan yang satu ini sudah pasti dikenal oleh sejuta umat karena sering ditemukan di warung sarapan pagi. Satu porsi gado-gado biasanya berisi potongan lontong, aneka sayur, tempe, tahu dan telur rebus.

Supaya makin nikmat, gado-gado pun disiram dengan bumbu kacang dan ditaburi dengan kerupuk. Meskipun disajikan dengan sangat sederhana, tapi menu gado-gado selalu jadi menu favorit di pagi hari. Selain harganya murah, makanan ini juga sehat dan mengenyangkan.

6. Perkedel Kentang


Makan sup tanpa perkedel itu rasanya sedikit hampa karena perkedel sudah lama menjadi teman setia dari olahan sup apapun. Tanpa dicampur ke menu apapun, perkedel kentang tetap gurih saat dimakan. Apalagi kalau ditambah dengan saus cabai.

Masakan yang satu ini bisa kamu temukan dimana saja, khususnya di warung sarapan pagi. Harga satu buah perkedel kentang pun sangat murah. Jadi, jangan ragu kalau mau beli banyak.

7. Capcay

Satu masakan lagi sebelum menutup ulasan kali ini adalah capcay. Aneka sayur-mayur yang ditambahkan ke dalam kuah kaldu, lalu disiram dengan potongan daging sapi. Rasanya sangat nikmat! Selain nikmat, menu capcay juga sangat sehat karena didominasi oleh sayur-mayur. Kamu bisa membeli menu capcay di warung bakmi atau bisa juga berkreasi membuat menu capcay sendiri di rumah.

Masakan Indonesia Tetap di Hati

Meski bukan termasuk negara dengan olahan makanan yang sehat, tapi masakan khas Indonesia memiliki cita rasa yang sangat unik dan pastinya cocok di lidah. Meski aneka makanan western sudah bertebaran di Indonesia, tapi tetap saja, masakan Indonesia tetap jadi nomor satu di hati.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: