7 Obat Paling Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi - Seperti pepatah mengatakan “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Kalau ditelaah, pepatah ini memang ada benarnya. Kalau gigi sakit, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Jangankan mengonsumsi makanan, minum saja pun terasa nyeri karena pembuluh darah yang ada di dalam gigi berdenyut-denyut ketika terkontaminasi dengan apapun.
7 Obat Paling Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi
7 Obat Paling Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi

Selain itu, seseorang yang sakit gigi memiliki tingkat emosional yang tinggi. Maka jangan heran kalau orang yang sakit gigi lebih sering marah tiba-tiba jika diganggu dengan keributan. Jika gigi sudah terasa sakit, berikut terdapat beberapa obat ampuh yang bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi.

1. Mengompres Gigi


Pembengkakan pada gusi bisa menyebabkan sakit gigi. Agar pembengkakan tidak bertambah parah, kompreslah pipi di area yang sakit sampai rasa sakit berangsur-angsur hilang. Caranya cukup mudah, celupkan sapu tangan ke dalam air es, lalu kompres bagian pipi. Bisa juga dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain, lalu ditekan-tekan secara perlahan ke bagian pipi yang sakit.

2. Berkumur dengan Air Garam


Obat penghilang sakit gigi berikutnya adalah air garam. Kandungan disinfektan yang terdapat pada air garam sangat bagus untuk menghilangkan rasa nyeri. Selain itu, kuman dan sisa-sisa makanan pun dapat terangkat dengan sendirinya bila Anda berkumur dengan air garam.

Cara membuat air kumur garam sangat gampang. Ambil air hangat secukupnya, lalu tambahkan ½ sendok teh garam dapur. Aduk sampai garam benar-benar larut, lalu berkumurlah. Lakukan setiap hari sesudah makan.

3. Berkumur dengan Hidrogen Peroksida


Sakit gigi bisa disebabkan karena aktivitas kotoran dan kuman yang ada di gigi. Kebiasaan tidak menggosok gigi setelah makan akan memicu tumbuh kembang bakteri tersebut. Namun, Anda bisa mengusir bakteri dengan larutan hidrogen peroksida. Sudah terbukti kalau berkumur dengan larutan hidrogen peroksida dapat mengatasi rasa sakit dan mencegah peradangan di gigi.

Masukkan 2 sendok hidrogen peroksida ke dalam 270 ml air hangat. Aduk sampai merata, lalu berkumurlah. Hindari untuk mengoleskan hidrogen peroksida tanpa tambahan air karena akan merusak bagian gigi dan gusi Anda.

4. Minum Air Rebusan Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari yang biasanya digunakan sebagai campuran ke bahan makanan juga mujarab untuk mengobati sakit gigi. Kali ini bijinya tidak dikunyah begitu saja, tapi direbus dan dimasukkan ke dalam air secukupnya. Air rebusan yang sudah mendidih disaring terlebih dahulu, lalu air rebusan biji bunga matahari dapat diminum setiap hari untuk meredakan sakit gigi secara perlahan.

5. Mengunyah Daun Jambu


Daun jambu dikenal memiliki kandungan anti-mikroba yang baik untuk membunuh kuman-kuman yang ada di gigi manusia. Itulah kenapa daun jambu banyak dijadikan sebagai obat sakit gigi. Berbeda dengan bahan yang lainnya, daun jambu tidak butuh diolah untuk meredakan sakit gigi. Cukup dengan mengambil beberapa lembar daun jambu, lalu dikunyah sampai lumat. Setelah beberapa saat, rasa nyeri pada gigi pun akan terasa hilang dan kondisi jauh lebih baik bila dibandingkan sebelumnya.

6. Minum Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih memang sangat berkhasiat bagi gigi manusia. Selain dapat menguatkan gigi, daun sirih juga sering digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit gigi. Kandungan batlephenol yang terdapat pada daun sirih akan membunuh seluruh kuman dan bakteri yang hidup di gigi, sehingga gigi tetap sehat dan pastinya tidak sakit lagi.

7. Mengonsumsi Antibiotik

Obat paling praktis dan efisien untuk menghilangkan sakit gigi adalah antibiotik. Antibiotik dapat membunuh kuman dan bakteri di gigi, serta ampuh untuk menghilangkan tonjolan di sekitar pipi akibat pembengkakan pada gusi. Tapi ingat, antibiotik yang dibeli harus sesuai dengan dosis yang diberikan dokter. Perhatikan juga tanggal expired antibiotik tersebut agar tidak membahayakan gigi dan diri sendiri.

Kunjungi Dokter Bila Tak Kunjung Sembuh

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang terlalu manis dan jarang menyikat gigi setelah makan bisa memicu terjadinya sakit gigi. Untungnya, sakit gigi dapat diatasi dengan obat-obatan tradisional dan antibiotik sehingga rasa sakitnya dapat berkurang dengan sendirinya. Namun, bila sakit gigi tidak sembuh dalam waktu lama, lebih baik kunjungi dokter gigi untuk mendapat pengobatan lebih efektif dan efisien.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: