9 Jenis Makanan yang Berbahaya bagi Penderita Asam Urat - Rasa nyeri yang terdapat di bagian persendian ada kalanya disebabkan karena benturan benda keras, tapi kebanyakan rasa nyeri pada sendi disebabkan karena penyakit asam urat. Kandungan purin yang menumpuk menyebabkan otot menjadi kaku dan pegal, sehingga sering menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.
9 Jenis Makanan yang Berbahaya bagi Penderita Asam Urat
9 Jenis Makanan yang Berbahaya bagi Penderita Asam Urat 

Penyakit asam urat timbul karena asupan makanan yang salah. Jika asupan makanan tidak dijaga, penderita asam urat akan mengalami gangguan ginjal yang dapat berujung pada kematian. Sebelum berakibat fatal, ubah asupan makanan dengan menghindari jenis makanan berikut.

Penderita Asam Urat


1. Daging


Siapapun rasanya tidak bisa menahan selera kalau disuguhkan dengan hidangan daging lezat. Tapi, kamu harus tahu kalau penderita asam urat tidak boleh makan daging karena daging mengandung purin dan kolesterol yang tinggi. Kalau ingin makan daging, sebaiknya batasi tingkat konsumsi dan buanglah lemak yang menempel pada daging tersebut. Daging juga tidak boleh dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang, melainkan harus direbus.

2. Durian


Bau buah durian memang sangat menggiurkan, tapi kandungan kolesterol yang terlalu tinggi membuat penderita asam urat berpikir tujuh kali saat ingin memakannya. Selain kolesterol, durian juga mengandung ethanol, ethyl, dan senyawa sulfur yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kalau ingin makan durian, makanlah satu atau dua biji saja. Lalu, minum air putih yang banyak agar lemak yang terdapat pada durian bisa dinetralisir dan dibuang melalui urin.

3. Sayur Bayam


Sayur bayam sangat bagus untuk membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak. Tapi, sayur bayam tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sayur bayam terkenal memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga dipercaya dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

4. Es Krim


Saat terik matahari membakar tubuh, es krim adalah alternatif yang baik untuk meredakan panas tersebut. Es krim juga baik bagi tubuh karena terbuat dari susu yang notabenenya bagus untuk tubuh. Akan tetapi, kandungan susu yang terdapat pada es krim mengandung lemak yang lumayan tinggi sehingga es krim tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

5. Seafood


Rasa seafood yang lezat sudah pasti menambah nafsu makan, apalagi kalau dicampur dengan paprika, tomat, dan sayur-sayuran hijau yang segar. Meskipun seafood mengandung protein dan Omega 3 yang tinggi. Namun, seafood mengandung kolesterol tinggi yang tidak baik bagi penderita asam urat. Oleh sebab itu, penderita asam urat harus bisa menahan selera jika menghadiri jamuan makan malam dengan lauk-pauk berbahan dasar seafood.

6. Masakan Bersantan


Menambah santan pada makanan akan membuat cita rasa makanan semakin nikmat. Namun, orang yang menderita asam urat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bersantan. Sebab, makanan bersantan mengandung lemak yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

7. Jamur


Jamur sering dijadikan snack atau campuran untuk sayur-mayur. Kandungan vitamin A, B-6, B-12, zat besi, kalium dan serat yang terdapat pada jamur dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh menjadi sehat. Di balik kandungan zat sehat di atas, ternyata jamur mengandung purin yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, apalagi dalam jumlah yang banyak.

8. Kacang-Kacangan


Olahan kacang-kacangan sangat baik dijadikan menu diet sehari-hari. Kandungan lemak yang terdapat pada kacang-kacangan juga menyehatkan tubuh, begitu juga dengan kandungan kalsium, vitamin C, K, E, dan vitamin B nya. Namun, mengkonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan jumlah purin di dalam tubuh yang berakibat negatif bagi penderita asam urat.

9. Makanan Olahan


Makanan yang diolah dengan cara dipanggang, dibakar, dan digoreng kelihatan lezat bagi orang yang tidak menderita asam urat. Namun, makanan olahan ini menjadi musuh berat bagi penderita asam urat. Sebab, kandungan purin dan air yang terdapat pada makanan olahan sangat tidak seimbang.

Padahal, tubuh manusia membutuhkan air yang banyak untuk menetralisir makanan yang sudah dikonsumsi. Sehingga lemak, kolesterol, dan racun lainnya yang ada di dalam tubuh dapat dibakar dan dikeluarkan melalui keringat ataupun urin.

Lebih Cermat Memilih Makanan

Orang yang menderita penyakit asam urat memiliki pantangan yang cukup banyak, khususnya makanan. Itulah sebabnya kenapa penderita asam urat harus lebih cermat dalam memilih makanan supaya kadar asam urat dalam tubuh tetap netral, sehingga nyeri pada sendi pun tidak terlalu sering dirasakan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: