Atur Keuangan Anda dengan 6 Kiat Ini, Dijamin Sukses - Menyusun keuangan  pribadi pada dasarnya sulit, asal ada komitmen yang kuat untuk melakukan hal tersebut. Cara Anda mengatur keuangan akan berdampak pada kondisi finansial Anda ke depan. Tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka menengah dan panjang.

Menyusun atau mengelola keuangan pribadi tetap harus cermat antara pemasukan dan pengeluaran. Berikut beberapa kiat sederhana yang bisa Anda tempuh untuk mengatur keuangan pribadi, antara lain:

1. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencatat pemasukan dan mengeluarkan setiap bulan. Dengan pendapatan per bulan sekian, Anda dapat membuat biaya belanja untuk kebutuhan rumah, biaya makan dan transportasi, kebutuhan pembelian sehari-hari, pengeluaran atau investasi, dan biaya hang out . Dengan melakukan langkah ini, Anda bisa mengendalikan. Jangan sampai besar pasak dari tiang, nana membuat Anda harus berutang.

2.  Prioritaskan Kebutuhan

Mengatur keuangan pribadi harus mengutamakan kebutuhan di atas keinginan. Anda harus benar-benar teliti membedakan apa yang menjadi kebutuhan yang harus dikeluarkan dengan apa yang hanya menjadi keinginan saja. Jadi cerdaslah memilah hal itu. Kalau hanya ingin lakukan saja, biasanya lebih bersifat konsumtif.

3. Investasi untuk Masa Depan


Sebelumnya, Anda harus memikirkan dan menata masa depan keuangan Anda. Penting bagi Anda yang sudah memiliki lingkaran untuk menabung dan berinvestasi di instrumen apapun, seperti emas, reksadana, deposito, dana pensiun, atau lainnya. Pilih investasi yang tepat untuk jangka menengah dan panjang memungkinkan lebih maksimal.

Tabungan atau investasi ini akan membantu Anda di masa mendatang, misalnya untuk persiapan menikah, DP rumah, pendidikan, hingga menjamin hari tua. Jadi persiapkan sebaik mungkin, jangan tergoda menghamburkan uang hanya untuk memetik sesaat.

4.  Hidup Hemat dan Sederhana

Mengatur keuangan pribadi tentu akan terasa mudah jika Anda mau mengesampingkan rasa gengsi dalam diri. Untuk mapan secara finansial di masa depan, Anda bisa mengurangi atau melepas gaya hidup hedon, dan mulai hidup sederhana sesuai kantong. Hidup sederhana dan hemat bukan berarti pelit. Akan tetapi, menetapkan batas-batas atau standar dalam menjalankan keseharian. Misalnya, mulai menggunakan transportasi umum, bek bekal dan botol minuman dari rumah.

5.  Bayar Tagihan Tepat Waktu

Setiap bulannya, pasti memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah tagihan. Mulai dari sewa rumah, tagihan listrik, udara, kartu kredit , dan lainnya. Bayar tagihan tepat waktu, jangan sampai telat untuk terhindar dari denda atau utang yang semakin menumpuk.

6.  “Tumbuhkan” Uang

Cara cerdas lain untuk mengatur keuangan pribadi adalah dengan “menumbuhkan” uang. Artinya, tidak dengan menanamnya di dalam tanah, tapi dengan menambah jumlah pemasukan. Bisa dengan kerja sampingan atau berinvestasi Walau hasil imbal. Jika Anda cukup banyak, sedangkan gaji pas-pasan, Anda bisa menggunakan pekerjaan lain yang menghasilkan. Contohnya menjadi penulis lepas, fotografer, online jualan, dan sebagainya.

Disiplin dan Konsisten

Pengaturan keuangan pribadi kerap menjadi masalah karena gengsi, pola pikir yang salah, hingga adat boros. Dengan mengatur keuangan, kondisi finansial Anda akan jauh lebih baik dari yang telah dilakukan. Ingat, masa depan Anda sendiri yang menentukan, bukan orang lain. Jadi jangan biarkan orang lain menyetir atau masa depan Anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: