Cara Cerdas Atur Keuangan Bagi yang Doyan Belanja -  Bagi beberapa orang, berbelanja mungkin menjadi hobi tersendiri. Berkeliling mall dan melihat banyak barang-barang menarik memang bisa melepaskan rasa lelah dan stres.
Cara Cerdas Atur Keuangan Bagi yang Doyan Belanja
Cara Cerdas Atur Keuangan Bagi yang Doyan Belanja

Saat berbelanja, rasanya begitu menyenangkan. Bahkan, di saat stres, obat yang dirasa paling mujarab adalah belanja. Hal ini tentu wajar saja. Tapi menjadi bukan hal wajar ketika kebiasaan ini berubah menjadi sebuah hobi alias doyan belanja.

Tentu saja itu membuat Anda menjadi boros hingga mengganggu kondisi keuangan. Bisa-bisa, uang Anda habis terkuras hanya untuk berbelanja saja, memuaskan keinginan membelanjakan uang secara cuma-cuma tanpa perhitungan itu.

Tapi, bukan berarti bila Anda doyan atau hobi belanja ini tidak bisa dilanjutkan. Anda masih tetap bisa berbelanja namun tidak akan mengganggu keuangan Anda dengan cara yang tepat. Berikut cara cerdas mengelola keuangan bagi Anda yang doyan belanja, yakni:


1. Berapa Pendapatan Anda?


Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum Anda memenuhi hasrat berbelanja adalah seberapa besar pendapatan yang rutin Anda terima setiap bulannya. Ini penting, sebab jumlah pemasukan setiap bulannya itu menjadi dasar dari hobi belanja Anda itu.

Jika pendapatan Anda pas-pasan, jangan memaksakan diri memenuhi hobi belanja itu. Berbelanja pada barang-barang yang memang sudah menjadi kebutuhan utama untuk setiap bulannya. Anda harus mengontrol keinginan berbelanja itu agar keuangan stabil.

2. Siapkan Uang Belanja yang Realistis


Nah, satu hal lagi yang juga tak kalah penting adalah menganggarkan uang untuk belanja. Pastikan anggaran untuk menyalurkan hobi belanja ini sebisa mungkin dengan jumlah yang masuk akal. Di sinilah pentingnya membuat daftar belanja barang apa saja yang akan dibeli.

Pastikan anggaran untuk belanja ini benar-benar digunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok terlebih dahulu. Sedangkan untuk barang-barang kebutuhan tambahan atau lainnya, bisa dipenuhi setelah barang-barang kebutuhan utama terbeli.

3. Fokus pada Tempat Belanja yang Akan Dituju

Pernahkah Anda di pertengahan perjalanan tiba-tiba berubah pikiran dengan mampir ke sebuah toko tertentu, padahal rencana awal adalah akan membeli kebutuhan pokok di tempat yang sudah ditetapkan sebelumnya. Nah, inilah awal rencana belanja yang sudah diatur sebelumnya jadi berantakan.

Karena kegiatan berbelanja Anda menjadi tidak terkontrol dan biasanya membengkakkan bujet belanja dari yang direncanakan. Untuk itu, setiap pergi berbelanja, usahakan untuk fokus pada tempat atau toko yang Anda tuju. Jangan lagi tergoda untuk mampir hingga membeli barang yang tidak dibutuhkan. Berbelanjalah sesuai daftar belanja Anda.

4. Rajinlah Membandingkan Harga

Cara cerdas mengatur keuangan agar tetap stabil namun bisa menyalurkan hobi belanja lainnya adalah dengan rajin membandingkan harga produk-produk yang akan dibeli antara toko satu dengan lainnya. Bahkan, tak perlu bingung, Anda pun juga bisa membandingkan harga secara online di berbagai e-commerce yang ada.

Cari pusat perbelanjaan yang menawarkan harga lebih murah. Ditambah lagi bila ada produk-produk yang promo atau diskon. Makin menguntungkan, bukan?

Kendati produk-produk tersebut merupakan barang yang sama, namun karena tempat yang berbeda, menyebabkan harga barangnya juga berbeda satu sama lainnya. Sehingga jelilah saat membandingkan harga dari beberapa tempat belanja.

5. Jangan Malas Mencari Produk-Produk Promo


Bagi Anda yang doyan belanja, tentunya bukan hal yang membosankan untuk berlama-lama di dalam supermarket atau sekedar berselancar di toko online. Nah, ini bisa Anda manfaatkan untuk bisa menemukan produk-produk yang mungkin saja sedang dibutuhkan dan ternyata sedang promo.

Selain memanjakan mata dengan melihat-lihat produk-produk itu, pada saat mencari produk-produk promo tersebut tentunya Anda akan dihadapkan banyak pilihan, dan pada akhirnya Anda akan menemukan banyak produk yang bagus dengan harga lebih terjangkau daripada harga normal seperti biasanya.

6. Jangan Lupa Buat Jadwal Belanja


Membuat jadwal kapan Anda harus pergi berbelanja ini penting. Sebab, jika tidak ada jadwal belanja, dan Anda bisa pergi belanja sesuka hati kapan saja, maka yang terjadi adalah tergoda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan semakin besar pula.

Semakin sering Anda datang ke supermarket atau toko perbelanjaan, semakin besar pula Anda menemukan dan melihat produk-produk lain atau produk baru. Sehingga keinginan untuk mencoba membelinya pun semakin tinggi

7. Jangan Berlebih, Bawa Uang Secukupnya

Biasanya pemborosan uang belanja terjadi ketika kita membawa uang lebih dari yang dibutuhkan saat berbelanja. Karena merasa masih memiliki banyak uang, maka tanpa disadari akan membuat Anda terus menerus ingin mengeluarkan uang tersebut.

Jadi, jangan memaksakan diri membawa uang berlebihan jika tidak ingin uang Anda habis begitu saja dengan sia-sia. Pastikan membawa uang dalam jumlah yang memang sesuai dengan kebutuhan saja, sehingga Anda tidak mudah tergiur untuk membeli barang lain di luar kebutuhan berbelanja. Kalaupun tergiur, Anda tetap tidak bisa beli barang itu karena persediaan uang tidak cukup. Dan ini membantu Anda berhemat, bukan?

8. Miliki Kartu 'Member' dan Unduh Aplikasinya
 Aplikasi Belanja
Unduh aplikasi toko/supermarket yang sering Anda kunjungi

Cara cerdas lain untuk memuaskan hobi belanja ini adalah dengan memiliki kartu keanggotaan serta mengunduh aplikasi dari toko perbelanjaan tersebut. Sebab, biasanya mereka selalu memberikan harga khusus untuk produk-produk tertentu bagi membernya.

Bahkan produk-produk yang ditawarkan dengan harga spesial kepada membernya ini tidak tanggung-tanggung jumlahnya. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa menemukan banyak sekali produk dengan harga khusus dengan memiliki kartu member tersebut.

9. Manfaatkan 'Stamp'


Tentu bukan hal asing bagi Anda soal promo yang diberikan penjual dengan cara pengumpulan stamp. Anda bisa memanfaatkannya dengan catatan tidak malas mengumpulkan stamp tersebut. Umumnya promo stamp ini diberlakukan dengan cara Anda akan mendapatkan 1 stamp setiap pembelian dan dikumpulkan hingga jumlah tertentu, katakanlah hingga 10 stamp, maka untuk pembelian ke-11 adalah gratis.

Jangan Asal Hobi Belanja, Pahami Kebutuhan dan Kondisi Finansial Anda

Hal terpenting bagi Anda yang hobi belanja adalah memastikan bahwa Anda mengetahui dengan baik kebutuhan serta kondisi finansial Anda. Jangan sampai menghabiskan uang hanya untuk sesuatu di luar dari kebutuhan utama Anda, terlebih lagi bila tidak sesuai dengan kondisi keuangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyalurkan hobi belanja Anda tapi keuangan tetap aman.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: