Cara Mengelola Gaji Dua Digit - Memiliki gaji dua digit, bisa dibilang lumayan besar. Namun hal ini juga akan berbanding lurus dengan sejumlah kebutuhan lainnya yang juga tak kalah besar jumlahnya, inilah yang kerap menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang gagal dalam mengelola keuangan mereka, meskipun jumlah gaji mereka terbilang cukup besar.
Cara Mengelola Gaji Dua Digit
Cara Mengelola Gaji Dua Digit

Lalu bagaimana dengan Anda, apakah sudah mengelola dan mengalokasikan gaji dengan tepat sasaran?

Pada dasarnya sebagian besar orang memang tidak memiliki kemampuan yang baik untuk mengatur keuangan mereka, terutama yang tidak terbiasa dengan anggaran keuangan. Ada banyak orang yang sama sekali tidak memiliki aturan yang jelas di dalam menjalankan keuangan mereka, bahkan meski mereka telah berumah tangga dan memiliki tanggungan.

Jika terus berlangsung seperti ini, maka bisa dipastikan keuangan akan kerap mengalami kendala dan juga berbagai masalah lainnya di masa yang akan datang, terutama jika anak-anak telah mulai besar dan membutuhkan banyak biaya. Untuk itu, mulailah mengelola gaji dua digit sejak sekarang, agar keuangan bisa berjalan baik dan berbagai rencana keuangan bisa tercapai dengan baik di masa yang akan datang.

1. Susun Anggaran yang Tepat Sejak Awal


Keuangan wajib dijalankan dengan anggaran yang jelas, ini adalah poin pertama yang harus selalu diterapkan di dalam sistem keuangan. Sebuah anggaran keuangan yang tepat, akan membantu untuk bisa mencukupi semua kebutuhan, memenuhi semua kewajiban, dan bahkan mencapai berbagai tujuan keuangan di masa yang akan datang. Begitu penting manfaat yang akan diberikan sebuah anggaran, itulah mengapa Anda wajib memilikinya di dalam keuangan sejak awal.

Susunlah sebuah anggaran yang paling tepat dan masuk akal. Artinya, anggaran ini bisa memenuhi semua kebutuhan dan juga kewajiban Anda, serta berbagai hal penting lainnya yang akan dicapai di dalam keuangan tersebut. Tidak perlu berlebihan, namun anggaran ini tetap harus efektif, bisa berjalan dengan baik dan membuat kehidupan menjadi lebih nyaman tanpa masalah keuangan, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Anggaran bukan hanya untuk direncanakan saja, namun pastikan juga menjalankannya dengan baik di dalam keuangan sendiri.

2. Alokasikan Gaji dengan Porsi yang Tepat


Anda gajian dan memiliki berbagai tagihan bulanan? Hal seperti ini juga dialami oleh hampir semua orang yang bekerja dan memiliki penghasilan, di mana sebagian besar gaji mereka akan habis untuk menutupi biaya dan tagihan bulanan saja. Untuk itu, sangat penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam mengalokasikan gaji ke pos-pos yang paling tepat dan tentunya dalam porsi yang juga tepat.

Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya, termasuk sejumlah kebutuhan pokok yang memang wajib dan mau tidak mau harus dipenuhi. Berbagai kebutuhan inilah yang harus dikenali dengan baik sejak awal, agar tahu kebutuhan mana saja yang akan menjadi prioritas di dalam keuangan, sehingga bisa mengalokasikan gaji dengan tepat sasaran.

3. Sisihkan Tabungan Begitu Gaji Dicairkan

Tabungan adalah yang harus dimiliki di dalam anggaran keuangan, setidaknya jumlahnya minimal sebesar 10% dari gaji bulanan. Jangan ditunda, sebab pengadaan tabungan ini akan sangat penting dan memiliki banyak sekali manfaat di masa yang akan datang.

Selalu sisihkan untuk dana tabungan, segera setelah gaji dicairkan. Jika terus melakukan ini dengan disiplin, maka Anda bisa terbantu dan menjadi lebih mudah dalam mencapai berbagai tujuan keuangan di masa yang akan datang.

4. Dahulukan Semua Kebutuhan Pokok dan Tagihan Tetap


Setelah tabungan, maka kebutuhan pokok dan berbagai tagihan tetap lainnya adalah hal yang harus dipenuhi setiap kali gajian. Lakukan hal ini sesuai dengan anggaran keuangan yang telah disusun sebelumnya, sehingga Anda tidak akan melupakan berbagai tagihan dan juga kebutuhan pokok yang harus dibayarkan tersebut.

Jika bisa memenuhi semua hal ini dengan baik sejak awal, maka kebutuhan dan tagihan selama sebulan penuh akan teratasi dengan baik. Anda tidak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga akhir bulan nanti, sehingga keuangan akan tetap aman dan bisa fokus pada hal lainnya yang lebih penting di dalam kehidupan.

5. Jangan Lupa Berinvestasi

Berapapun jumlah gaji yang diterima, investasi adalah hal yang sangat penting dan wajib untuk diadakan di dalam keuangan. Investasi ini akan membantu untuk mencapai berbagai tujuan keuangan, termasuk mengamankan keuangan di masa yang akan datang.

Selalu sisihkan dana investasi setiap bulannya dan segera lakukan kegiatan investasi pada instrumen yang dianggap paling tepat. Jangan lupa untuk selalu memperhitungkan risiko di dalam setiap investasi, agar Anda bisa mengatasinya dan mengelolanya dengan baik.

6. Lunasi Semua Utang

Jika memiliki utang, maka lakukan pelunasan dengan segera, agar keuangan tidak terbebani dengan hal tersebut. Jumlahkan semua utang, mulai yang terkecil hingga yang jumlahnya paling besar. Mulailah mencicil dan melunasinya satu persatu, sehingga utang-utang ini bisa dihapuskan dari pos pengeluaran dengan segera.

7. Miliki Dana Darurat


Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat sejak sekarang, terutama jika ternyata Anda telah memiliki tanggungan. Dana darurat ini sangat penting, sebab dana inilah yang bisa diandalkan jika sewaktu-waktu kehilangan penghasilan bulanan seperti akibat PHK. Setidaknya, siapkan dana darurat sebesar 6-12 kali biaya bulanan.

8. Beli Asuransi


Hal yang sangat penting dan tidak bisa dilupakan di dalam keuangan adalah asuransi. Pengadaan asuransi ini wajib untuk dilakukan, terutama jika Anda telah menikah dan memiliki tanggungan. Anda tentu tidak ingin direpotkan dengan sejumlah biaya kesehatan dan juga risiko keuangan keluarga di masa yang akan datang, bukan?

Perhitungkan Setiap Uang yang Dikeluarkan

Meski punya gaji dua digit, tidak ada jaminan bahwa gaji tersebut bisa mencukupi semua kebutuhan dengan baik, terutama jika Anda memiliki riwayat keuangan yang buruk. Mulailah menata dan mengelola keuangan dengan efektif, sehingga gaji tersebut bisa memenuhi kebutuhan dan juga tujuan keuangan di masa yang akan datang. Lakukan semua hal ini dengan perhitungan dan anggaran yang tepat.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: