Cara Sukses Bisnis Jual Barang Preloved - Kamu yang doyang belanja online, pasti sudah tidak asing lagi dong dengan istilan preloved? Preloved adalah nama untuk barang-barang yang pernah dipakai berpindah kepemilikan baik dengan dijual atau dikasih secara cuma-cuma.

Nah, para pelaku penjual dan belanja online menerapkan istilah ini untuk barang-barang bekas yang masih bagus dan baru beberapa kali dipakai dijual dengan harga yang lebih murah.

Bisnis menjual preloved ternyata sedang naik daun di Indonesia karena dinilai cocok dengan gaya hidup para generasi millenials saat ini.

Kebanyakan bisnis preloved ini bergelung pada penjualan barang bekas yang memiliki brand ternama, karena dinilai masih layak dijual kembali dengan harga yang tidak terlalu rendah baik itu pakaian, sepatu dan tas. Tapi sekarang bisnis ini semakin fleksibel tidak hanya pakaian saja, peralatan make up saja bisa dijadikan objek bisnis preloved.

Kamu yang ingin berbisnis online tapi bingung harus berbisnis apa dan memiliki kendala di modal, bisa menggeluti bisnis ini

Keuntungan Berbisnis Jual-Beli Barang Preloved

1. Modal Minim

Tidak butuh modal banyak untuk memulai bisnis, bahkan mungkin kamu sama sekali tidak membutuhkan modal sama sekali. Kamu hanya perlu mengumpulkan berbagai barang preloved kamu yang masih bagus kondisinya sebagai modal awal untuk dijual.

2. Tidak Ada Barang yang Terbuang dan Rusak secara Sia-Sia

Biasanya barang yang disimpan terlalu lama, baik dalam lemari atau digantung begitu saja, lama-lama akan rusak dan menjadi tidak layak lagi dipakai. Daripada rusak sia-sia padahal belinya dengan harga lumayan, kamu bisa tenang dengan menjualnya karena akan ada orang baru yang merawat, dan tentunya dapat uang tambahan.

3. Peminat Tinggi

Bisnis preloved dinilai cocok dengan gaya hidup para generasi millenials yang membeli barang secara implusif dan senang mengikuti tren sehingga rela mengeluarkan kocek tinggi untuk membeli barang-barang bermerk. Dengan kehadiran bisnis preloved ini, masalah gaya hidup mereka yang boros bisa sedikit teratasi.

Mereka bisa menjual barang-barang yang sudah tidak ingin lagi dipakai dan bisa mendapatkan barang-barang branded dengan harga murah adalah alasan kenapa bisnis preloved memiliki peminat tinggi dari kalangan generasi millenials.

4. Platform yang Banyak

Sekarang telah banyak website-website yang khusus menjadi lapak jual-beli barang preloved. Jadi kamu tidak usah bingung harus kemana kamu menjual dan memulai bisnis preloved kamu. Seperti carousell.com, prelo.co.id, belanjabekas.com dan masih banyak lagi. Ada juga situs e-commerce yang juga cocok jadi tempat jualan barang preloved kamu seperti tokopedia, shopee dan olx.com

Cukup tuliskan keyword ‘preloved’ maka semua situs yang menjual barang-barang akan muncul. Registrasi menjadi penjualnya pun tidak sulit dan memiliki banyak fasilitas yang memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan calon konsumen.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Preloved


1. Mulai dari Sosial Media Pribadi

Cobalah menjual barang preloved kamu dari akun sosial media pribadi sendiri. Rapihkan sosial media kamu dan pelan-pelan rubah menjadi sebuah katalog online untuk barang-barang preloved yang akan kamu jual. Berikan kualitas gambar yang bagus layaknya memfoto sebuah barang baru. Ingat hanya jual barang preloved yang masih bagus kondisinya.

2. Bekerja sama dengan teman atau keluarga untuk langkah awal

Kamu tidak mungkin terus-terusan menjual barang-barang pribadi kamu dalam menggeluti bisnis ini. Cobalah mengajak kerja sama teman-teman atau saudara kamu terutama yang memang doyan belanja dan memiliki banyak barang yang jarang dipakai. Bagi 2 keuntungan untuk setiap barang mereka yang berhasil kamu jual.

3. Aktif dalam Melakukan Promosi di Sosial Media

Sosial media adalah memang media yang paling tepat untuk mengawali bisnis jual-beli baragn preloved ini. Tidak hanya bisa untuk jadi lapak untuk jualan. Kamu juga bisa berpromosi sebanyak-banyaknya.

Pastikan kamu aktif dalam beraktivitas di akun jualan kamu, semakin kamu aktif dan konsisten dalam meng-updatenya semakin percaya para followers kamu terhadap akun dan barang dagangan mu.

Jika kamu sudah merubah lapak dagangmu ke website khusus jual-beli barang preloved. Kamu harus tetap mempromosikan barang-barang kamu melalui sosial media. Penting untuk terus membuat followers dan para konsumen setiamu update dengan barang-barang yang akan kamu jual.

4. Membuka Jasa Membantu Jual Barang Preloved

Jika followers sosial media kamu baik instagram, facebook dan twitter kamu sudah banyak, kenapa tidak buka jasa bantu jual barang preloved orang lain. Dengan membantu mereka kamu bisa mengatasi masalah kekurangan stok barang preloved untuk dijual dan tetap dapat keuntungan. Terapkan sistem bagi hasil yang adil antara kamu yang membantu menjual dengan si pemilik barang.

Utamakan Kejujuran dalam Berdagang

Untuk bisnis jual-beli barang preloved ini sangat penting jika kamu jujur atas kondisi barang yang kamu jual. Dan ketika konsumen menanyakan kondisi barang jawablah dan jelaskan sejujurnya baik dari berapa umur barang tersebut dan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh barang tersebut.

Namanya menjual barang bekas, pasti tidak ada yang sempurna tapi membangun kepercayaan antara kamu dan calon pembeli adalah kepentingan utama. Nah tidak usah berlama-lama lagi ayo cepat ubah barang-barang bekas kamu untuk jadi sumber uang tambahan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: