Cara Tepat Memanfaatkan Musim Liburan untuk Meraih Keuntungan Besar - Bisnis musiman ternyata bisa memberikan keuntungan yang jauh lebih besar daripada bisnis yang hanya dilakukan pada hari biasa. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan masyarakat yang cenderung mengalami peningkatan dari hari biasanya. Nah, mengelola bisnis di musim liburan juga bisa dikatakan susah-susah gampang layaknya mengelola bisnis pada umumnya.

Ini dia tips bagaimana mengelola bisnis di hari libur dan memanfaatkan hari libur untuk menambah keuntungan usaha:

1. Tetap Berikan Harga Normal


Jangan pernah menganggap memberikan harga yang lebih rendah dari biasanya kepada pelanggan akan memberikan keuntungan bagi Anda ternyata bisa saja melakukan hal sebaliknya kepada penjualan. Untuk itu cobalah untuk tetap memberikan harga normal seperti hari biasa pada umumnya.

2. Berikan Diskon Sewajarnya

Ketika berkeinginan untuk memberikan diskon di musim liburan pada pelanggan, berikan diskon jangan berlebihan. Berilah diskon sewajarnya karena jika Anda mencoba untuk memberikan diskon yang terbilang besar bisa menjadi risiko dan bisa juga menjadi kerugian. Hal yang bisa Anda lakukan yang tak kalah jauh menarik dari sekedar diskon adalah dengan menawarkan bonus pada pelanggan setia di musim liburan seperti contohnya voucher belanja, hadiah khusus dan sebagainya.

3. Manfaatkan Pelanggan Lama


Keberadaan pelanggan adalah hal terpenting dalam dunia bisnis, karena dengan adanya mereka maka bisnis kita bisa bertahan dan berkembang. Memiliki banyak pelanggan merupakan impian setiap pemilik bisnis.

Menemukan pelanggan baru adalah sebuah tantangan penting tetapi kita sebagai pemilik bisnis yang baik, jangan pernah hanya berfokus dalam mencari pelanggan baru tetapi melupakan pelanggan lama. Karena tanpa pelanggan lama yang sudah setia dengan produk bisnis Anda, bisa jadi bisnis hancur sejak pertama kali Anda buka.

Anda bisa memanfaatkan pelanggan lama ini dengan mempromosikan atau merekomendasikan produk di musim liburan melalui media sosial atau bisa juga dari mulut ke mulut. Jangan lupa untuk memberikan voucher belanja atau souvenir kepada mereka yang sudah membantu Anda.

4. Berikan Kemudahan dalam Membeli


Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memberikan kemudahan dalam membeli. Jadi, ketika memutuskan untuk menjual produk Anda di musim liburan, cobalah untuk mencari strategi tepat untuk memudahkan pelanggan dalam membeli produk Anda. Selalu berikan kemudahan bagi mereka untuk mendapatkan produk baik melalui offline atau online.

Misalnya, jika hanya menjual produk secara offline yang berarti produk dijual di toko, maka tentukanlah tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan baik secara langsung ataupun pemesanan melalui telepon.

Selain itu jika menjual produk melalui online, cobalah untuk memanfaatkan kehadiran media sosial yang bisnis Anda miliki sendiri atau juga bisa menggunakan berbagai platform aplikasi khusus menjual berbagai produk secara online. Apalagi sekarang sudah banyak sekali marketplace menjamur di jejaring internet. Oleh karena itu, manfaatkan segala kesempatan yang Anda punya agar bisnis Anda tetap berkembang.

5. Monitor Laba dan Rugi

Selain itu, jangan lupa untuk memonito laba dan rugi yang Anda peroleh dari bisnis. Karena biasanya di musim liburan ini, para pebisnis cenderung lupa untung memikirkan adanya rugi yang bisa saja didapat, bahkan mereka hanya memikirkan untung dan untung saja tanpa merasa tertantang akan adanya rugi di kemudian hari.

Untuk itu, cobalah untuk menghitung tidak hanya laba saja tetapi juga rugi dari penjualan produk. Dengan begitu, Anda akan tahu dan bisa menentukan harga yang tepat untuk ditawarkan kepada konsumen sekaligus juga strategi yang pas untuk diterapkan di bisnis musim liburan tersebut.

Ayo Tentukan Bisnis Apa yang Menarik untuk Dicoba di Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak pengusaha yang memanfaatkan momen ini untuk menjual produk musiman. Hal ini dilakukan mereka karena dianggap bisa memberikan keuntungan yang lebih besar meski hanya dijalankan dalam waktu yang singkat.

Ada banyak bisnis yang bisa dicoba di musim liburan akhir tahun, untuk itu tentukanlah di jauh hari bisnis apa yang dianggap mampu untuk digeluti.

Misalnya, bisnis parcel, bisnis kue kering, bisnis kembang api atau terompet, bisnis aksesoris, bisnis pakaian, dan juga bisnis katering. Nah, sebelum memulai bisnis musiman seperti ini, cobalah membuat rencana bisnis dengan matang dari sekarang agar ketika musim liburan tiba Anda sudah siap meluncurkan bisnis yang diinginkan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: