Dengan Cara Ini Kita Bisa Tidur dengan Nyenyak Di Pesawat - Bepergian terkadang membuat kita lelah, apalagi apabila dilakukan dalam perjalanan jauh satau dengan frekuensi yang sering. Dalam kondisi duduk dan keterbatasan ruang gerak terkadang bepergian memaksa kita untuk sulit istirahat.
Dengan Cara Ini Kita Bisa Tidur dengan Nyenyak Di Pesawat
Dengan Cara Ini Kita Bisa Tidur dengan Nyenyak Di Pesawat 

Begitu juga ketika kamu yang akan berangkat mudik Lebaran, dimana kamu dan banyak orang lainnya juga ikut berangkat untuk mudik secara bersama-sama. Tentu kenyamanan kamu akan semakin sulit dan susah untuk menikmati perjalanan mudik sehingga akan mudah lelah dan stres selama perjalanan.

Salah model transportasi umum yang banyak digunakan untuk transportasi selain kereta dan bus adalah pesawat. Sama dengan menggunakan transportasi umum lainnya mendapatkan kursi yang kurang nyaman membuat kita akan lebih sulit istirahat dan tidur di pesawat. Padahal istirahat atau tidur dalam perjalanan dapat menghemat energi dan juga dapat mengurangi kelelahan dalam perjalanan.

Relaksasi Dalam Istirahat

Kunci dalam sebuah perjalanan agar kita dapat beristirahat adalah relaks. Bagaimana kita dapat melakukan gerakan relaks dalam perjalanan. Dengan posisi yang kurang relaks maka tubuh akan kesulitan untuk melakukan peregangan dan susah untuk tidur. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sebelum dan atau ketika berada di pesawat agar dapat membuat tubuh kita menjadi relaks.

1. Hindari Perut Kosong


Kondisi perut kosong akan sangat mengganggu ketika kita sedang dalam perjalanan, namun sebaliknya kondisi perut yang penuh atau terlalu kenyang juga dapat mengganggu dalam perjalanan. Lalu bagaimana seharusnya kondisi perut kita yang seharusnya. Tidak kosong atau terisi secukupnya adalah jawaban untuk modal kita ketika dalam pesawat.

Tekanan yang tinggi di pesawat akan memicu hormon yang ada di tubuh kita. Selain itu kita juga tidak perlu lagi menunggu menu makanan yang disajikan di dalam pesawat. Apabila penerbangan kita mendekati waktu makan, suatu misal makan malam atau makan siang. Maka sebaiknya kita memajukan jadwal makan kita sehingga pada saat di dalam pesawat kita dapat menikmati penerbangan dengan kondisi perut yang sudah terisi.

2. Bawa Penutup Mata atau Makser


Bagi sebagian orang menutup mata pada saat tidur adalah hal yang sangat urgent. Namun ada juga yang tidak nyaman dengan kain bantu tersebut. Kita dapat menggunakan penutup mata atau masker.

Untuk menghindari atau mengurangi cahaya yang masuk kedalam mata, dengan menghindari cahaya masuk kedalam mata akan membantu kita untuk cepat tertidur. Gunakan juga masker, biasanya kita akan membiarkan mulut kita tebuka apabila kita tertidur dalam kondisi duduk. Masker akan sangat membantu menutup mulut dan terkadang juga menghindari tenggorokan kita terasa kering.

3. Gunakan Bantal Leher

Alat ini juga akan sangat membantu Anda dalam perjalanan Anda. Bantal leher akan membantu posisi kepala dan membantu kita melakukan relaksasi. Dalam pesawat, biasanya pesawat dengan kursi economy class akan membuat kita sulit untuk bergerak karena ruang gerak yang lumayan sempit.

Ditambah lagi dengan sandaran kepala yang terbatas sekali untuk didorong ke arah belakang. Hal ini akan membuat kita kesulitan untuk melakukan relaksasi, akan tetapi bantal leher akan membantu kita untuk melakukan relaksasi. bantal leher juga bisa membantu posisi kepala agar tidak terjatuh kesamping kanan atau kiri sehingga menjaga posisi kepala.

4. Membawa Sesuatu Dari Rumah


Untuk menambah suasana agar tampak seperti rumah dan nyaman cobalah membawa barang dari rumah. Bawalah barang kesayangan kita yang mudah untuk kita bawa seperti contoh boneka kecil untuk kita yang wanita. Hal ini dapat membuat suasana menjadi sedikit nyaman walaupun kita berada di atas pesawat. Membawa benda-benda kesayangan atau benda yang membuat rasa nyaman yang kita miliki membantu untuk mengurangi rasa was-was dan gelisah.

5. Mendengarkan Instrumental

Satu lagi hal yang dapat membuat kita rileks dalam penerbangan kita. Mendengarkan musik adalah salah satu cara agar kita bisa merasa rileks. Pilih music instrumental sebagai pilihan untuk teman dalam perjalanan Anda. Mengapa musik instrumental, musik yang hanya menyajikan alunan musik tanpa vokal didalamnya akan membantu otak kita untuk beristirahat dibandingkan dengan musik dengan vokal.

Kecenderungan otak kita untuk mencerna vocal yang kita dengar akan ebih banyak daripada hanya mendengar aluanan musik, sehingga otak akan cenderung rileks dan berhenti bekerja mengelolah suara yang masuk ke telinga apabila kita hanya mendengar aluanan musik saja. Hindari volume suara yang terlalu keras karena suara yang keras akan menggangu otak untuk beristirahat. Nyalakan perangkat headset dengan posisi suara yang lirih, dan pilih jenis instrumental yang pelan (slow music).

Kualitas dalam Beristirahat

Dalam beristirahat kita membutuhkan kualitas yang baik walaupun waktu yang kita miliki hanya sedikit. Tidur berkualitas alias tidur nyenyak dengan waktu sedikit akan sangat berguna daripada tidur dengan waktu yang panjang akan tetapi tidak nyenyak. Karena tubuh akan benar-benar rileks dan meregang daripada tidur dalam waktu lama akan tetapi tidak nyenyak yang dapat mengakibatkan sebagian anggota tubuh kita tegang saat kondisi tidur.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: