Hal Penting dalam Menjalankan Bisnis Kuliner Warung Tenda - Saat ini, bisnis kuliner memang sedang sangat menjanjikan. Apalagi jika bisnis tersebut didirikan di tempat yang strategis dimana banyak orang yang melewatinya. Salah satu tempat strategis untuk mendirikan bisnis kuliner adalah di kawasan tempat tinggal mahasiswa. Kesibukannya dalam kuliah membuat mahasiswa tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanannya sendiri sehingga lebih memilih untuk makan di luar.
Hal Penting dalam Menjalankan Bisnis Kuliner Warung Tenda
Hal Penting dalam Menjalankan Bisnis Kuliner Warung Tenda 

Bisnis kuliner tidak hanya yang setara dengan restoran. Anda bisa mendirikan bisnis kuliner dengan perlengkapan tenda sebagai salah satu peralatan warung Anda. Meskipun tampilannya terlihat sangat sederhana, akan tetapi banyak orang yang lebih memilih makan di warung tenda.

Ada banyak pertimbangan masyarakat untuk memilihnya dan itulah yang seharusnya menjadi kekuatan. Ini dia apa saja hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis kuliner warung tenda.

1. Jualah Makanan dan Minuman yang Disukai Masyarakat

Pahami keinginan masyarakat mengenai makanan dan minuman. Jualah hidangan yang sedang digemari oleh masyarakat di sekitar Anda. Jangan terpaku pada persaingan dengan restoran-restoran di depan warung yang menjual beragam hidangan yang sangat beragam. Fokuskanlah kepada kesukaan dan selera masyarakat.

2. Tetapkan Harga yang Masuk Akal

Banyak penjual yang tidak paham dalam menetapkan harga untuk sesuatu yang ditawarannya kepada masyarakat. Selain mempertimbangkan hal yang dijual, dalam menentukan harga, Anda juga harus mempertimbangkan keadaan ekonomi rata-rata masyarakat di sekitar. Jangan terfokus pada pencapaian keuntungan yang besar di akhir periode. Kepuasan konsumen haruslah menjadi prioritas utama.

3. Tingkatkan Kualitas

Pastikan bahwa kualitas bahan, peralatan dan kebersihan warung terjamin. Siapapun tidak akan merasa nyaman makan di tempat yang kotor atau makan makanan yang dimasak dengan perlengkapan yang kotor.

Meskipun Anda menawarkan makanan tersebut dengan harga yang rendah, Anda juga harus menghargai masyarakat yang berperan sebagai konsumen.

4. Perhitungkan Jumlah Masakan yang Dimasak Per Hari

Saat menjalankan bisnis kuliner warung tenda, Anda harus menetapkan berapa banyak makanan dan minuman yang harus dijual per harinya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menetapkan biaya belanja bahan mentah per harinya.

Jangan sampai banyak makanan dan minuman yang terpaksa dibuang karena sudah tidak layak dikonsumsi untuk keesokan harinya. Tidak mungkin Anda memaksakan diri untuk menjual sesuatu yang tidak layak dijual karena dapat membahayakan kesehatan pelanggan.

5. Kesan Pertama yang Menarik

Harus diakui bahwa kesan pertama sering sekali mempengaruhi keputusan final seseorang akan sesuatu. Oleh karena itu, buatlah kesan pertama yang menarik perihal warung tenda Anda kepada masyarakat di sekitar warung tenda.

Anda tidak harus melakukan hal besar untuk membuat kesan pertama yang menarik kepada masyarakat. Anda bisa melakukannya dengan menjaga warung agar tetap bersih dan teratur. Dengan begitu, masyarakat bisa percaya bahwa makanan dan minuman yang dijual adalah higenis.

6. Kepuasan Pelanggan adalah Prioritas

Usahakan untuk membuat semua pelanggan yang datang ke warung tenda merasa puas dengan sajian dan pelayanan yang diberikan. Pelanggan biasanya sangat sering secara tidak langsung mempromosikan sesuatu yang mereka sukai kepada kerabat-kerabat mereka.

Oleh karena itu, usahakanlah agar mereka puas telah menikmati layanan Anda. Hindari melakukan sesuatu yang membuat mereka merasa dirugikan karena akan berdampak buruk pada reputasi warung tenda.

7. Hitung Untung dan Rugi dengan Tepat

Jangan lupa untuk tetap memantau keuangan warung tenda setiap harinya. Buatlah catatan yang berisikan rincian pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan per periodenya. Hal ini dapat digunakan sebagai cerminan akan penjualan warung tenda tiap periode sehingga di periode selanjutnya bisa mengolahnya dengan lebih bijaksana.

Pelanggan Layak Mandapatkan Kepuasan

Usahakan untuk selalu memperhatikan keinginan pelanggan. Keinginan yang terpenuhi itulah yang diartikan sebagai kepuasan bagi pelanggan. Jangan terfokus pada keuntungan yang tinggi, fokuslah pada kepuasan pelanggan yang tinggi. Semakin puas pelanggan maka semakin baik reputasi warung tenda Anda.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: