Ikuti Langkah Berikut Agar Tidak Mudah Stress - Beban atau permasalahan hidup memang tidak akan pernah berhenti menghampiri kita. Permasalahan akan selalu menjadi hal yang menemani hidup kita. Pernah ada sebuah jargon di era tahun 1990-an dengan foto bergambar anak bayi lucu dan tulisan yang menyertainya dalam Bahasa Inggris “No, Problem” memang benar, jargon tersebut menunjukkan bahwa anak bayilah yang tidak memiliki masalah. Sedangkan orang dewasa akan sangat sarat dengan permasalahan.
Ikuti Langkah Berikut Agar Tidak Mudah Stress

Mengatur Permasalahan

Untuk membuat masalah menjadi hal yang bukan satu-satunya beban dalam hidup, diperlakukan manajemen untuk mengaturnya. Mengatur dalam hal ini adalah menjadikan permasalahan adalah sesuatu yang perlu dibuat sebuah skala dalam menghadapinya. Dan membuat tingkatan agar permasalahan itu dapat diselesaikan secara bertahap.

Sebuah contoh, permasalahan yang besar akan kita tempatkan pada skala prioritas dalam menyelesaikannya, dan permasalahan yang lebih kecil akan menjadi prioritas kedua untuk menyelesaikannya, dan begitu seterusnya.

Kita akan membuat sebuah keputusan dalam menyelesaikan masalah dan bagaimana menangani masalah itu. Ada beberapa hal yang bisa kita gunakan sebagai referensi agar dapat menjadikan permasalahan menjadi hal yang dapat diselesaikan.

1. Mengatur Nafas


Mengalami stress tidak bisa diselesaikan dengan emosi. Menyelesaikan stress bisa diselesaikan dengan cara yang tenang dan pikiran yang rileks. Salah satu metode yang juga terbukti dapat mengurangi tekanan dalam menghadapi stress adalah dengan mencoba mengatur nafas kita dan melakukan konsentrasi pada pikiran kita.

Pola ini banyak digunakan oleh agama budha dalam hal melakukan pendekatan dengan Tuhan. Cara ini juga dapat di implementasikan kedalam sebuah aktivitas meditasi. Dengan pemusatan pikiran dan menjernihkan pikiran kita, dengan cara berdiam diri dan mengatur nafas kita keluar dan masuk.

2. Mengetahui Apa Penyebab Stress

Langkah selanjutnya juga bisa dengan mencari tahu apa sebenarnya ujung dari pangkal permasalahan yang dapat membuat kita menjadi stress. Kita harus dapat berusaha mengenali apa saja hal yang dapat menjadikan kita menjadi stress. Suatu misal, kita terlalu banyak pekerjaan dan tekanan target dari pekerjaan kita. Atau juga kita sedang menghadapi permasalah finansial yang sedang melilit kita.

Dari berbagai macam masalah tadi cobalah untuk mencari porsi yang cukup besar menyita waktu kita. Disitulah kita dapat melakukan identifikasi dari hal-hal yang membuat kita menjadi stress. Setelah mengetahuinya kita akan melakukan langkah penyelesaian masalah.

Semisal, kita terlalu banyak tuntutan dan target kerja, maka sudah barang tentu kita akan menjadi bertambah stress apabila belum menyelesaikan pekerjaan itu. Jadi fokus dan selesaikan pekerjaan tersebut. Untuk selanjutnya carilah hal-hal yang dapat membuat anda menjadi rileks setelah menyelesaikan pekerjaan tersebut.

3. Suplemen Vitamin yang Cukup


Dengan tingkat stress yang tinggi, akan memicu tubuh kita untuk melakukan aktivitas yang lebih dibandingkan biasanya. Terutama otak kita akan bekerja lebih keras. Maka tidak jarang ketika sedang mengalami stress yang cukup tinggi maka banyak sebagian orang mengalami migraine atau sakit kepala bahkan juga tidak jarang merasakan mual-mual.

Maka dari itu diperlukan suplemen vitamin yang cukup agar dapat menyeimbangkan kondisi tubuh. Dan terhindar dari berbagai macam gejala penyakit. Dalam sebuah penelitian kesehatan ditemukan bahwa salah satu pemicu sel kanker dalam tubuh adalah stress yang berlebihan.

4. Istirahat yang Cukup


Cobalah membuat hidup kita lebih nyaman dalam menghadapi stress. Cobalah untuk beristirahat yang cukup agar tubuh kita juga mempunyai banyak waktu untuk beristirahat. Dengan melakukan istirahat yang cukup maka akan membuat kita akan lebih siap dalam menghadapi dan mencari solusi sebuah permasalahan yang dapat mengakibatkan stress.

5. Buat Prioritas dalam Penyelesaiannya

Terakhir adalah membuat sebuah skala prioritas. Stress dapat menyerang kita kapan saja. Dan lebih bahayanya lagi, stress dapat menyerang kita dengan waktu yang bersamaan. Permasalahan yang begitu banyak akan membuat pikiran dan tubuh kita menjadi lelah.

Misalkan saja kita menghadapi deadline dalam perusahaan yang harus selesai pada waktunya sedangkan materi atau pekerjaan kita masih belum siap untuk diselesaikan, ditambah lagi masalah finansial atau juga bisa saja dalam waktu yang bersamaan anggota keluarga kita sedang dalam kondisi sakit. Kondisi seperti inilah yang dapat memicu stress dan membuat kita lebih cepat emosi.

Untuk mengatasinya, cobalah membuat sebuah skala prioritas dan membuat penyelesaian dalam skala tersebut. Mana yang dapat kita selesaikan terlebih dahulu, selesaikanlah dan mana yang bisa ditunda, maka buatlah menjadi skala berikutnya. Aturlah dengan baik energi dan pikiran kita pada satu permasalahan. Karena dengan cara ini akan dapat mengurangi stress yang kita hadapi.

Stress Sumber Penyakit

Perlu kita ketahui bahwa stress adalah sumber dari berbagai penyakit. Mulai dari penyakit psikologis sampai dengan penyakit yang berhubungan dengan kesehatan. Dengan semakin tingginya manusia mengalami stress maka semakin tinggi juga resiko orang tersebut menderita berbagai macam penyakit. Maka dari itu kendalikan stress Anda dan cobalah lebih tenang dalam menghadapinya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: