Ingin Tetap Terlihat Sehat dan Segar di Bulan Puasa - Selama berpuasa, kulit dan bibir rentan terkena masalah kekeringan karena kurangnya cairan. Tidak banyak kurangnya cairan yang seharusnya masuk di dalam tubuh, tetapi juga karena kurangnya asupan makan dan juga bisa disebabkan oleh pola makan ketika sahur dan berbuka yang salah.
Ingin Tetap Terlihat Sehat dan Segar di Bulan Puasa
Ingin Tetap Terlihat Sehat dan Segar di Bulan Puasa

Ditambah lagi jika jam tidur Anda kurang, tentu akan memengaruhi kondisi kulit. Jangan sampai pada saat puasa, Anda malas untuk menjaga kulit karena berbagai alasan.  Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengikuti tips berikut agar kulit tetap cantik dan segar saat berpuasa, mari simak tips berikut:

1. Aturlah Jadwal Tidur dengan Teratur dan Cukup


Mungkin ketika tidak berpuasa, menyepelekan waktu tidur adalah hal yang sering dilakukan. Begadang untuk mengerjakan tugas kuliah atau juga menonton film kesukaan sampai waktu tidur terlewatkan dengan sengaja. Namun, di bulan puasa, cobalah untuk mengatur jadwal tidur yang teratur.

Contohnya, jika Anda sering tidur di atas jam sebelas malam, tubuhmu akan mudah capai karena harus bangun sahur. Ditambah lagi harus bangun di pagi harinya untuk melakukan aktifitas seperti biasa. Untuk itu, aturlah waktu tidur sebaik mungkin kalau bisa sebelum jam 11 Anda sudah harus tidur, hal ini agar keesokan harinya tetap kuat dan tidak ngantuk untuk menjalani aktivitas seharian.

2. Perbanyak Makan Buah dan Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka


Jangan hanya makanan seperti goreng-gorengan yang Anda konsumsi ketika berbuka puasa atau sahur. Pastikan banyak mengkonsumsi buah-buahan segar guna memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air juga akan memberikan cairan lebih yang dibutuhkan tubuh.

Contoh buah yang bisa Anda konsumsi adalah semangka, stroberi, atau tomat. Dengan menjaga asupan buah ketika puasa tentu bisa membuat kulit tetap cantik. Selain itu, usahakan juga untuk selalu minum susu ketika sahur dan waktu berbuka puasa tiba.

3. Gunakan Pelembab Wajah, Bibir dan Tubuh

Bibir pecah-pecah, kulit wajah dan tubuh kering merupakan serta bibir masalah utama yang sering terjadi saat bulan puasa. Lagi-lagi hal ini dikarenakan adanya pengurangan cairan yang dibutuhkan tubuh, apalagi di siang hari saat lagi panas-panasnya. Untuk mengatasi hal ini, minumlah air mineral secukupnya pada saat sahur dan berbuka puasa.

Jangan lupa memakai pelembab wajah, pelembab bibir dan body lotion agar kulit tidak menjadi semakin kering. Dengan menggunakan pelembab, wajah dan bibir akan terus terjaga kelembabannya dan pastinya tidak kering. Jangan lupa setelah wudhu atau mandi, gunakan kembali pelembab tersebut agar kulit tetap terjaga.

4. Pulas Blusher di Pipi


Salah satu cara yang paling cepat untuk tampil cantik saat puasa adalah memulas blusher di tulang pipi karena terkadang wajah akan terlihat pucat saat puasa. Untuk memberikan rona segar pada wajah maka pulaslah blusher di tulang pipi. Jangan terlalu banyak, cukup aplikasikan tipis-tipis saja sampai ada rona cantik yang terlihat di pipi sehingga memberi warna segar tidak pucat pada wajah.

5. Pilih Alas Bedak yang Ringan


Jangan menggunakan alas bedak yang terlalu tebal karena selain menghalangi pori-pori wajah untuk bernapas, namun juga bisa mengakibatkan permukaan wajah terlihat retak. Untuk itu ada baiknya Anda menggunakan alas bedak dengan formula yang lebih ringan seperti  bb cream, cc cream, maupun cushion.

Nah, pemilihan alas bedak pun juga harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Misalnya, untuk kulit berminyak, sebaiknya memilih alas bedak yang menghasilkan kesan matte dan apabila kulit kering, sebaiknya menggunakan alas bedak yang menghasilkan kesan dewy di wajah.

6. Gunakan Tabir Surya


Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya ketika beraktifitas di dalam dan di luar ruangan. Hal ini karena, paparan sinar matahari dapat berdampak buruk pada wajah seperti memerah, flek hitam dan belang. Untuk itu, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF dan PA untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.


Puasa Baik untuk Kesehatan

Perlu diketahui bahwa puasa bisa membersihkan racun dari dalam tubuh atau yang disebut detoksifikasi. Racun yang mengendap di dalam tubuh akan dikeluarkan secara bertahap selama menjalankan ibadah puasa. Tentu, hal ini sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dari dalam karena sel-sel yang rusak dan mati beregenerasi secara alamiah menjadi baru kembali.

Ditambah lagi, puasa juga bisa mempercepat proses peremajaan sel tubuh serta memperbaiki fungsi hormon. Tidak hanya itu, seperti yang kita ketahui jika puasa bermanfaat untuk detoksifikasi racun. Tentunya, bisa membersihkan jerawat dari dalam karena regenerasi berjalan dengan baik sehingga bekas-bekas jerawat yang hadir di wajah bisa hilang lebih cepat dari biasanya.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: