Inilah 5 Hal Yang Membuat Kita Semakin Boros - Banyak yang tidak menyadari kalau kegiatan sehari hari membuat kita semakin boros. Pengeluaran yang dilakukan sehari hari terbukti menimbulkan dampak pemborosan paling banyak. Malah kita akan semakin terjerat oleh sifat pemborosan tersebut. Sangat sulit untuk mendisiplinkan diri dalam mengatur pengeluaran dan tetap menjaganya stabil. Penghematan adalah jalan keluar dari pemborosan tersebut.
Inilah 5 Hal Yang Membuat Kita Semakin Boros
Inilah 5 Hal Yang Membuat Kita Semakin Boros

Untuk membantu Anda dalam menjalankan strategi penghematan dan menghindari pemborosan, kami akan memberikan beberapa hal yang perlu dihindari guna menjaga pola keuangan tetap stabil dan tetap hemat. Dengan mengetahui 5 hal ini Anda pun dapat mempelajari dan mencoba untuk menghindari setiap hal tersebut.

1. Terlalu Banyak Berbelanja di Convenience Store

Sebagai bagian dari gaya hidup jaman sekarang, convenience store semakin menjamur dan mulai menunjukkan perkembangan. Hal ini terbukti dari banyaknya toko yang mulai eksis di berbagai sudut kota. Tentu saja hal ini membuat Anda semakin ingin berbelanja dan sulit untuk menahan hasrat tersebut. Biaya yang dikeluarkan pun akan lebih besar dibandingkan berbelanja di grosir / swalayan. Sekali dua kali tidak masalah, untuk sekedar merasakan berbelanja pada convenience store, tapi jika terus menerus menghabiskan uang pada convenience store maka pengeluaran keuangan akan sangat besar.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari terlalu sering berbelanja pada convenience store dan penuhi segala kebutuhan di grosir / swalayan yang menawarkan harga lebih ringan dan murah. Hal ini berguna untuk menjaga keuangan tetap stabil, hemat dan tidak boros dapat menjaga keuangan lebih mudah dan lebih gampang.

2. Tagihan Telepon dan Internet

Ini juga menjadi salah satu hal yang tidak disadari banyak orang dapat mengakibatkan pemborosan. Tagihan telepon atau internet membengkak dan semakin tinggi sementara Anda tidak dapat menutup pengeluaran tersebut. Itulah yang biasanya terjadi dan secara tidak sadar sudah melakukan pemborosan keuangan.

Solusi untuk masalah di atas, adalah dengan memilih paket internet sesuai kebutuhan dan sesuai pengeluaran yang ada. Jika tidak membutuhkan internet di rumah, lebih baik tak usah demi menghemat pengeluaran. Jika memang Anda sangat membutuhkannya barulah pilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan dan pas untuk dompet

3. Kebiasaan Membeli Soft Drink / Snack

Anda biasanya juga tidak menyadari dengan membeli soft drink atau snack terlalu banyak, pemborosan sudah dilakukan. Tak apa jika sesekali membelinya tapi jika terlalu sering, akan menimbulkan sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Kebiasaan tersebut pun berdampak pada keuangan semakin dikendalikan dan semakin banyak pengeluaran yang tidak perlu dilakukan. Kebiasaan membeli soft drink / snack perlu dihindari.

Tetap jagalah pengeluaran sesuai dengan kebutuhan, karena soft drinks atau snack itu bersifat kebutuhan yang tidak pokok. Anda tidak boleh terlalu sering membelinya, selain buruk untuk keuangan, kegiatan tersebut pun juga buruk untuk kesehatan.

4. Merokok

Ada satu hal yang tentunya sangatlah sering dilakukan tapi sulit untuk dihindari, yaitu adalah merokok. Membeli rokok tiap harinya tentu saja akan membuat Anda semakin sulit untuk menabung dan pengeluaran akan semakin banyak. Hal ini perlu dikurangi atau bahkan dihindari, karena harga rokok pun termasuk kedalam barang mahal jika rutin dibeli maka pengeluaran keuangan pun juga semakin sulit untuk dikendalikan. Memang jika sudah kecanduan rokok sulit untuk dihilangkan, tapi ingatlah jika merokok juga dapat mengganggu kesehatan.

5. Biaya Tambahan dari Bank yang Tidak Perlu

Hal ini sering terjadi ketika melakukan transaksi via ATM. Biasanya bank memberikan sebuah biaya tambahan sebesar 10 ribu – 15 ribu yang akan mengakibatkan deposit berkurang lebih banyak dibandingkan jumlah transfer yang dikeluarkan. Hal ini juga rutin dilakukan bagi sebagian orang dan tanpa disadari sudah menimbulkan sifat boros. Untuk bisa menghindari hal tersebut, lakukanlah transaksi tunai yang lebih praktis dan hemat. Anda dapat menghemat pengeluaran lebih banyak jika melakukan transaksi dengan sistem tunai dimana lebih terjamin pula keamanannya.

Kurangi Secara Perlahan

Pasti ada beberapa kebiasaan boros di atas yang pasti sulit jika langsung dihentikan sekaligus. Kurangi secara pelan-pelan dan bertahap. Jangan sampai Anda terlalu menyiksa diri sendiri. Kebiasaan hidup berhemat harus dimulai dari hati dan tanpa beban, jadi tidak perlu terburu-buru. Perlahan tapi pasti lebih efektif daripada cepat tapi hanya sementara.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: