Kurangi Candu Digital dengan 6 Tips Berikut - Kehadiran teknologi tentu saja membawa manfaat yang sangat besar untuk kita. Ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi, kita pun seakan kian dimanjakan dalam melakukan berbagai hal. Mulai dari pekerjaan, bersosialisasi, transportasi, hingga mencari jodoh sekalipun, semuanya bisa dilakukan melalui ponsel kesayangan kamu.
Kurangi Candu Digital dengan 6 Tips Berikut
Kurangi Candu Digital dengan 6 Tips Berikut 

Akan tetapi, teknologi digital dengan segala kecanggihannya di satu sisi juga memiliki dampak negatif bagi kita. Oleh sebab itu, kiranya kamu juga jangan sampai menjadi seorang pecandu digital oleh sebab hal ini justru bisa jadi bumerang bagi kehidupan kamu. Nah, bagaimana kiat-kiat untuk menghindar dari yang namanya candu digital? Simak informasinya berikut ini:

1. Menon-Aktifkan Ponsel


Menon-aktifkan disini bisa dalam bentuk mematikan total ponsel kamu, atau hanya sekedar mematikan notifikasi pesan yang masuk. Nyatanya, meskipun mengaktifkan notifikasi di ponsel itu penting agar kamu tidak ketinggalan informasi maupun pesan penting, hal ini juga secara tidak langsung mengganggu konsentrasi kamu.

Menurut penelitian, notifikasi ponsel sebanyak lima kali yang kamu terima dalam waktu setengah jam mampu membuyarkan fokus kamu. Oleh sebab itu, baiknya lakukan tips ini utamanya di waktu-waktu primer dalam keseharian kamu, seperti saat sedang bekerja atau menyetir misalnya,

2. ‘Tinggalkan’ Ponsel saat Sedang Berinteraksi dengan Orang Lain

Hasil riset mengungkapkan, sekalipun kamu tidak melihat ponsel ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, layar ponsel yang menyala tetap berperan dalam membuat kualitas percakapan menjadi menurun.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwasanya hal ini disebabkan oleh karena fokus otak kita yang telah terbiasa cenderung ke ponsel, sehingga ketika sedang berbicara, kita tidak benar-benar larut ke dalam percakapan yang tengah berlangsung. Solusinya, jauhkan untuk sementara waktu ponsel kamu ketika sedang dalam percakapan langsung dengan orang sekitar.

3. Sejenak Tanpa Gadget


Tips ketiga, kamu bisa mencoba untuk menyisihkan beberapa saat tanpa menyentuh gadget kamu sedikitpun. Kalaupun menggunakan gadget diharuskan oleh karena tuntutan pekerjaan, kamu bisa mensiasatinya saat jam istirahat, atau ketika di perjalanan pulang. Terapkan cara ini secara konsisten, niscaya dampaknya akan terasa dalam waktu yang tidak begitu lama.

4. Kamar Jauh dari Benda Berbau Gadget

Selain sebagai alat komunikasi, terkadang kita juga menggunakan ponsel pintar kita sebagai alarm. Nah, disaat kita hendak tidur dan kemudian mengatur alarm untuk besok pagi, disitulah kita malah jadi tergoda untuk berselancar ria di dunia maya. Alhasil, kualitas tidur dan interaksi kamu dengan pasangan pun menjadi menurun.

kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti alarm ponsel dengan alarm dari jam digital saja guna menghindari godaan tersebut. Lebih lanjut, usahakan juga agar kamar kamu tidak diisi barang-barang elektronik semacam televisi yang juga berpotensi mengganggu akitivitas tidur kamu.

5. Alihkan dengan Membaca Buku


Buku disini ialah buku secara literal, artinya yang berbentuk fisik karena era zaman sekarang pun telah memungkinkan hadirnya buku dalam bentuk digital. Membaca novel, majalah, atau koran bisa kamu jadikan ‘pelarian’ agar kamu tidak melulu terpaku dengan ponsel kesayangan.

Lagipula, Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project dan Better Than Before mengatakan bahwa ada sebuah penelitian yang mengungkapkan jika membaca di atas kertas lebih memungkinkan otak kita untuk dapat mencerna informasi dengan selektif ketimbang membaca buku elektronik. Selain membaca, kamu juga bisa mengalihkan candu digital ini dengan cara menulis.

6. Ucapkan Selamat Tinggal kepada Sosial Media untuk Sementara Waktu

Media sosial menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kita menjadi kecanduan terhadap dunia digital. Hampir sebagian besar waktu kita dihabiskan untuk mengakses media sosial. Meskipun media sosial punya banyak manfaat bagi kita, utamanya dalam bersosialisasi, namun nyatanya hal ini juga berdampak pada produktivitas kita di dunia nyata.

Oleh karenanya, sama seperti poin ke-3, kamu bisa mencoba untuk mengatur waktu tanpa media sosial, semisal di jam kerja. Jika dirasa tetap sulit, lakukan cara yang sedikit ‘memaksa’ yakni dengan meng-uninstall sementara aplikasi media sosial kamu. Nanti, saat hendak pulang kerja, kamu bisa meng-installnya kembali.

Manfaatkan dengan Bijak dan Sesuai Kebutuhan

Dunia digital memang hadir untuk memberikan segala kemudahan dan hiburan di tengah penatnya aktivitas sehari-hari. Namun, jangan sampai berlebihan dalam menikmatinya karena tentu saja hal ini membawa dampak yang tidak baik untuk kamu. Selamat mencoba!

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: