Lingkungan Kantor Kekang Kreativitasmu? Ini Dia 5 Solusinya - Menjadi seorang pekerja yang kreatif itu gampang-gampang susah. Namun, jika ada yang bilang kalau kreatif itu bawaan lahir, hal ini juga tidak benar adanya. Pada dasarnya semua manusia punya kreativitas, tinggal bagaimana mereka mau mengasah kreativitas itu agar benar-benar bekerja. Pun, kreativitas juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kita.
Lingkungan Kantor Kekang Kreativitasmu
Lingkungan Kantor Kekang Kreativitasmu

Lingkungan kantor misalnya. Sebagai tempat kita mencurahkan ide-ide, idealnya lingkungan kantor memiliki suasana yang nyaman agar kreativitas kita tak pernah padam, bahkan terus berkembang. Hal ini pun telah disadari oleh sejumlah perusahaan ternama seperti Google dan 9GAG.

Kendati begitu bagi yang kantornya tidak memiliki fasilitas seperti kantor-kantor tersebut tidak perlu berkecil hati. Kamu tetap bisa menumbuhkan kreativitasmu dengan melakukan beberapa hal. Nah, apa saja yang kiranya dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman? Simak informasinya berikut ini:

1. Menata Meja Kerja

Untuk menciptakan suasana kantor yang dapat memancing kreativitas, kamu bisa memulainya dari meja kerja sendiri. Ya, karena dari meja kerja inilah semuanya diproses, mulai  dari tahap perencanaan, hingga me-manifestasi ide-ide kita tersebut.

Buatlah meja kerja senyaman mungkin sesuai dengan karakter dan kepribadian. Bisa juga memasang foto keluarga, teman, atau pasangan tercinta sebagai mood booster. Kamu juga bisa memasang semacam mind map yang berisikan ide-ide yang hendak dieksekusi. Terakhir, tempel to-do list sebagai guide agar kamu senantiasa tahu apa yang harus dilakukan.

2. Mendekor Ruang Kerja


Setelah meja kerja, kini saatnya menata ruang kerja agar lebih berkesan ceria. Banyak yang bisa dilakukan untuk memeriahkan ruang kerja agar semakin membuat nyaman, seperti memasang wallpaper yang berisikan gambar-gambar kreatif atau quotes yang bisa memotivasi untuk selalu semangat dalam bekerja.

Dengan ini, dijamin otak bakal lebih fresh dan kreatif. Tapi, diskusikan terlebih dahulu ya dengan atasan. Sampaikan juga alasan yang jelas mengapa kamu ingin mendekorasi ruangan kerjamu. Jika alasannya untuk meningkatkan produktivitas, harusnya atasan setuju-setuju saja dengan hal ini.

3. Membuat Area Hijau


Nampaknya semua setuju kalau ruang hijau itu sanggup untuk membuat hati, pikiran, dan jasmani menjadi lebih rileks dan bahagia. Itu makanya, objek-objek wisata bertemakan alam tak pernah hilang pamornya di mata wisatawan. Nah, kamu juga bisa menerapkan ini di kantor.

Berikan unsur hijau di kantor dengan menaruh pot-pot tanaman di sudut-sudut ruangan kantor. Atau, bisa juga membuat terrarium. Keberadaan area hijau di kantor tentu saja akan membuat kita merasa senang sehingga memancing kreativitas.

4. Memasang Wewangian Aromaterapi


Nah, selanjutnya memasang wewangian di area kantor. Kamu bisa menggunakan wewangian aromaterapi seperti lavender, rose, vanilla, dan lainnya. Aromaterapi, sebagaimana kita ketahui memiliki manfaat untuk kesehatan.

Menghirup wewangian aromaterapi membuat tubuh menjadi rileks, otot-otot tidak tegang, dan mengusir stres sehingga kita pun selalu ceria dan bersemangat saat bekerja. Pilihlah jenis wewangian aromaterapi sesuai dengan kesukaan kamu karena tiap orang punya selera yang berbeda-beda.

5. Menggunakan Sticky Notes Beraneka Warna


Sticky notes sudah jadi seperti barang wajib di kantor. Salah satu alat tulis kantor ini memang sangat ideal untuk dijadikan medium menulis catatan pekerjaan. Namun, tumpukan sticky notes yang banyak kadang malah jadi mengganggu. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sticky notes dengan warna yang beragam.

Melihat warna-warni sticky notes di meja kerjamu tentu saja bisa menciptakan suasana hati ceria. Tapi jangan terlalu banyak juga warnanya karena hal ini justru malah bisa buat pusing. Selain catatan pekerjaan, kamu juga bisa menuliskan kata-kata motivasi pembangkit semangat lho…

Makin Nyaman Makin Kreatif

Bekerja di kantor yang memiliki lingkungan kerja yang nyaman tentu saja jadi dambaan setiap orang. Namun, tidak usah juga menyesali apa yang kamu dapat. Syukuri saja dan ingat, kamu masih beruntung sudah memiliki pekerjaan. Lagipula, sudah ada tips-tips di atas kok yang bisa dijadikan solusi. Tetap semangat dalam berkreasi!

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: