Mau Jadi Pengusaha Muda? Ini Bisnis yang Cocok untuk Remaja - Memulai bisnis di usia muda menjadi hal yang sangat menarik dan patut untuk dicoba. Bayangkan, di usia yang masih remaja, kamu memiliki sebuah bisnis dan juga penghasilan sendiri.

Tak heran jika belakangan ini ada banyak remaja yang memulai bisnis pertama mereka sejak masih muda. Kamu tertarik untuk memulai bisnis di usiamu yang masih remaja?

Jika kamu berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dan merasa lebih siap untuk terjun ke dunia bisnis itu sendiri.

Pilihlah jenis bisnis yang kamu kenal dan pahami dengan baik. Jika bisnis dimulai dengan persiapan dan juga perencanaan yang matang sejak awal, maka kamu akan bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan hasil maksimal.

Awali kesuksesanmu sejak masih muda. Berikut ide bisnis yang cocok untuk remaja yang bisa dijadikan sebagai pilihan:

1. Berjualan Kue Kering atau Camilan


Remaja dan camilan, ini menjadi dua hal yang akan sulit dipisahkan. Kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai ide bisnismu, apalagi jika ternyata kamu memiliki kemampuan yang baik dalam membuat kue kering dan camilan lainnya yang banyak disukai orang.

Pilihlah jenis kue kering atau camilan yang unik, enak, dan tidak membosankan. Sehingga kamu bisa memasarkannya dengan mudah dan tidak memiliki banyak saingan untuk jenis camilan yang sama. Jika ditekuni dengan serius, bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

2. Membuat Handycraft


Kamu punya kemampuan yang baik dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan? Atau, kamu mungkin bisa melihat dengan baik apa saja kerajinan tangan yang menarik dan bisa dijual dengan mudah? Jika iya, maka bisnis handycraft ini akan sangat cocok buat kamu.

Kamu bisa menuangkan semua kreatifitas di dalam produk-produk yang kamu ciptakan. Sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai produk handycraft yang unik dan menarik. Semakin unik sebuah produk, maka tentu akan semakin mudah untuk mendapatkan pasar, bukan?

3. Menjadi Blogger


Menjadi blogger juga bisa dijadikan sebagai pilihan bisnis di usia kamu yang masih remaja. Di luar sana, ada banyak remaja yang sukses dan bisa mendatangkan banyak uang dengan cara yang satu ini. Tak salah jika jenis usaha ini sangat layak untuk dicoba kaum.

Pilih topik tertentu yang menarik yang akan kamu jadikan isi blog tersebut. Sehingga orang akan tertarik dan rajin berkunjung ke blog kamu. Melalui blog yang kamu miliki, kamu pun bisa mendapatkan penghasilan lewat iklan yang terpasang di sana, tentunya jika jumlah pengunjung blog kamu cukup banyak.

4. Pengisi Acara

Bagi kamu yang memiliki kemampuan baik dalam menyanyi, maka bisnis yang satu ini sangat layak untuk dipilih. Kamu bisa menjadi pengisi acara untuk pesta ataupun berbagai acara lainnya yang diselenggarakan orang di sekitar lingkungan kamu.

Bukan hanya menyanyi saja, bisnis ini juga bisa dijalankan jika kamu memiliki berbagai talenta lainnya dengan membuat sebuah acara menjadi lebih seru dan menarik, seperti stand-up komedi, menari, dan lainnya.

5. Menjadi Freelancer

Pilihan bisnis sebagai seorang freelancer, akan sangat tepat bagi kamu yang memiliki keterampilan khusus di bidang tertantu. Ada banyak jenis keterampilan yang dapat kamu jadikan sebagai modal bisnis dan bisa mendatangkan pendapatan dengan cara menjadi freelancer.

Anda bisa menjadi programmer, admin sosial media, admin toko online, dan lainnya. Semua ini bisa kamu lakukan dari jarak jauh alias tidak harus berada di lokasi tertentu secara rutin. Kamu hanya membutuhkan keahlian dan juga layanan internet.

6. Usaha Bidang Fotografer


Menjadi seorang fotografer juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Terutama jika kamu memang memiliki kemampuan yang baik dalam membidik foto dan mencari tema tertentu yang menarik dan unik.

Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis ini akan cukup besar, sebab jasa fotografer memang tidak bisa dikatakan murah. Jika ingin lebih simpel dan mudah dalam mendapatkan pesanan, kamu bisa bergabung dengan Event Organiser (EO) tertentu yang biasanya memiliki banyak proyek dan kerap membutuhkan tambahan jasa fotografer.

Namun jika ingin berbisnis mandiri, kamu bisa saja menwarkan jasa kamu secara online. Kamu bisa memanfaatkan sosial media kamu semaksimal mungkin, atau bahkan melakukan promosi dari mulut ke mulut.

7. Layanan Penitipan Hewan Peliharaan


Bisnis ini hanya akan cocok buat kamu yang suka dengan binatang peliharaan saja. Sebab tidak semua orang akan menyukai binatang peliharaan. Atau, meskipun suka, tidak semua jenis binatang akan disukai, bukan?

Jika membuka bisnis penitipan hewan peliharaan, pastikan kamu juga memiliki kemampuan yang baik dalam merawat dan menjaga mereka. Sehingga kamu tidak akan kebingungan dan kerepotan sendiri nantinya. Sebab, ada beberapa jenis hewan peliharaan mungkin akan membutuhkan perlakuan khusus.

8. Membuka Toko Online


Ini jenis bisnis yang sudah sangat banyak dijalankan oleh remaja seperti kamu, namun tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai bahan pertimbangan. Sebab bisnis online masih saja menjanjikan hingga sekarang. Pilih produk yang tepat dan bisa dijual dengan mudah, agar bisnis online kamu berjalan dengan baik dan lancar.

Tips Memulai Bisnis agar Berjalan Lancar


Untuk memulai bisnis, kamu tetap harus merencanakan semuanya dengan matang sejak awal. Ini sangat penting, sebab bisnis yang dijalankan tanpa sebuah rencana yang baik tentu akan sulit berkembang.

Agar nantinya bisnismu dapat berjalan dengan baik, berikut tips yang harus diperhatikan:

1. Punya visi dan misi yang jelas sejak awal

Tidak perlu menjalankan sebuah sistem yang rumit dan sulit, upayakanlah untuk memulai bisnis yang simpel dan mudah untuk kamu jalankan. Meskipun demikian, kamu tetap harus memiliki visi dan misi yang jelas terkait dengan bisnis tersebut.

Ini penting agar ke depannya kamu bisa menjalankannya dengan terarah. Visi dan misi ini akan sangat membantu kamu untuk selalu berada pada tujuan yang jelas, bahkan ketika kamu nanti mengalami masa-masa yang sulit di dalam bisnis tersebut.

2. Pilih bisnis yang sesuai dengan minat kamu

Jangan rencanakan sebuah bisnis yang tidak kamu kenal dan pahami dengan baik, karena akan menyulitkan kamu di masa yang akan datang. Bisnis tidaklah selalu berjalan dengan baik dan lancar, sebab ada banyak rintangan dan juga kendala yang mungkin akan ditemui saat menjalankannya. Lalu, siapkah kamu untuk menghadapi semua itu?

Akan sangat berat untuk mengatasi masalah yang tidak kamu pahami dengan baik, terutama pada bidang yang berbeda dengan minat kamu. Berbeda halnya jika kamu menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat, maka kamu akan memiliki kesiapan mental yang maksimal dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi di dalam bisnis tersebut.

3. Pahami risiko yang bisa saja terjadi

Semua bisnis memiliki risiko, dalam skala kecil atau terbesar sekalipun. Pastikan kamu mengenal bisnis yang kamu pilih dan memahami dengan baik berbagai risiko yang terdapat di dalamnya. Hal ini akan sangat membantu dan membuat kamu lebih siap dan mampu menghadapi berbagai risiko tersebut di masa yang akan datang, jika sewaktu-waktu terjadi di dalam bisnismu.

4. Rencanakan dan jalankan usaha dengan tekun

Menyusun rencana bisnis yang baik dan matang ini sangat penting, sehingga semua kegiatan kamu akan bisa berjalan dengan sistem kerja yang jelas. Untuk merencanakan bisnis, pastikan kamu memahami semua hal. Jangan lupa untuk membuat sebuah rencana yang masuk akal dan tidak muluk-muluk, agar kamu bisa menjalankannya dengan baik ke depannya. Dan yang terpenting adalah jalankan rencana bisnis Anda ini dengan tekun.

5. Dapatkan relasi yang dapat mendukung perkembangan bisnismu

Bisnis tidak akan bisa berjalan dan berkembang pesat, jika kamu tidak berupaya untuk mengembangkannya dengan maksimal. Untuk berkembang, kamu akan membutuhkan relasi yang cukup luas, di mana kamu dapat menggunakan kekuatan mereka untuk membangun bisnis kamu menjadi lebih berkembang. Upayakan memiliki jaringan dan relasi yang kuat sejak awal, agar bisnis tersebut dapat berkembang dengan maksimal.

6. Bangun brand dan ciptakan daya jual yang tinggi

Kamu juga akan menghadapi banyak saingan di dalam memulai bisnis yang baru, bahkan tingkat persaingan dalam bidang bisnis tertentu akan sangat ketat. Maka, penting bagi kamu membangun sebuah brand terlebih dahulu, sehingga memiliki daya jual yang baik di tengah-tengah ketatnya persaingan bisnis tersebut. Produk yang sama mungkin akan banyak di pasaran, namun hanya produk dengan brand terbaik saja yang akan selalu menguasai pasar tersebut, bukan?

7. Maksimalkan pemasaran dan promosi

Untuk mendatangkan keuntungan, maka wajib memaksimalkan pemasaran produk kamu hingga titik tertinggi. Semakin tinggi angka penjualan, akan semakin besar pula jumlah keuntungan yang bisa didapatkan.

Untuk mendukung hal ini, kamu juga akan membutuhkan berbagai langkah promosi yang tepat. Jika kegiatan promosi berjalan dengan baik, maka hal ini dapat memberikan efek yang positif bagi angka penjualan produk tersebut, dan memperoleh pendapatan yang luar biasa.

8. Lakukan evaluasi secara berkala

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi bisnis secara berkala, sehingga berbagai hal yang perlu diperbaiki dapat terlihat dengan jelas. Dengan melakukan evaluasi, maka kamu bisa membuat bisnis tersebut menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Pilih Ide Bisnis yang Menarik dan Jadilah Pengusaha Muda Sukses

Memulai bisnis di usia yang sangat muda, akan memberikan kamu kesempatan untuk bisa sukses lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Kenali dan pilih jenis bisnis yang kamu kenal dan pahami dengan baik sejak awal, sehingga kamu bisa menjalankannya dengan lebih mudah dan terarah. Pilih ide bisnis yang menarik buatmu dan jadilah pengusaha muda yang sukses.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: