Menabung Rp1 Juta Per Bulan Tak Lagi Mustahil, Ikuti 6 Cara Ini! - Bagi Anda yang sudah bekerja tentunya sudah memiliki gaji setiap bulannya, kan? Tapi sayangnya, kebanyakan masyarakat terutama kalangan muda lebih fokus memanfaatkan gajinya hanya untuk memenuhi tren gaya hidupnya saja dan ini sangat identik dengan hidup yang boros.

Padahal di samping berbagai kebiasaan dan gaya hidup yang dijalani ada hal penting yang sering kali membuat banyak orang lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatannya demi menata masa depan.

Mapan secara finansial di masa depan tentunya menjadi impian banyak orang. Untuk mewujudkannya, salah satu cara yang bisa ditempuh ialah dengan menabung. Pernahkah Anda berpikir menabung Rp1 juta per bulan itu mungkin?

Mengingat berbagai tuntutan kebutuhan setiap harinya, pasti dipikiran terlintas menabung dengan jumlah yang tak sedikit tersebut adalah mustahil. Namun, dengan mengikuti 6 cara di bawah ini, menabung Rp1 juta tidak lagi terasa mustahil.

1. Manfaatkan Transportasi Umum


Mengubah kebiasaan membawa kendaraan pribadi dengan beralih ke transportasi umum memang akan terasa sulit. Namun, pikirkanlah nominal yang akan dikeluarkan saat menggunakan kendaraan pribadi tidaklah sedikit, mulai dari bensin, uang tol, biaya parkir, belum lagi kalau adanya kerusakan mesin yang tidak bisa diduga. Terlebih lagi, jika menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih menggoda Anda untuk singgah ke berbagai tempat sebelum sampai di tujuan. Hal ini akan memakan biaya lain lebih banyak.

Nah, transportasi umum bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung keinginan menabung Rp1 juta per bulan tercapai. Jika sebelumnya  memiliki kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi saat berpergian, tak ada salahnya mulai dari sekarang mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Selain lebih hemat, Anda juga berkontribusi mengurangi polusi udara yang tentunya baik bagi lingkungan.

2. Bawa Bekal

Kebiasaan makan siang di luar tentunya memakan biaya yang jauh lebih besar, terlebih lagi jika Anda tak mampu menolak ajakan teman atau kerabat untuk makan di tempat yang mahal.

Mulailah dengan membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah ke kantor atau ketika ingin bepergian. Hal ini akan jauh mengurangi pengeluaran setiap harinya. Selain itu, makanan yang dimasak sendiri tentunya lebih terjamin rasa dan kesehatannya.

3. Prioritaskan Belanja Kebutuhan

Menabung dengan nominal yang ditetapkan dari awal tentunya akan menuntut Anda untuk hidup teratur dalam mengelola keuangan dan penggunaannya. Langkah awal yang penting diterapkan ialah, mengendalikan setiap keinginan yang sebenarnya tidak menjadi prioritas.

Sebaiknya, prioritaskanlah apa yang menjadi kebutuhan dan keperluan yang benar-benar harus dipenuhi. Terutama, saat berbelanja bulanan, akan lebih baik jika membuat daftar belanja terlebih dahulu dari rumah untuk menghindari membelanjakan barang-barang yang kurang penting. Dengan kiat ini, tujuan menabung akan lebih cepat tercapai.

4. Kurangi Hangout

Kebiasaan hangout  bersama saudara, teman memang tidaklah salah. Namun, akan merugikan diri sendiri jika kegiatan ini dilakukan terlalu sering. Tidak harus mengorbankan pergaulan, namun cobalah untuk lebih cerdas saat hangout. Anda bisa memilih tempat hangout yang kira-kira tidak mengeluarkan biaya besar atau cara lainnya dengan mengurangi intensitas hangout.

Tujuannya agar Anda terbiasa untuk tidak boros dan keinginan menabung Rp1 juta bisa tercapai. Membawa botol minum ataupun makan ringan dahulu sebelum pergi hangout juga menjadi pilihan cerdas guna mengurangi pengeluaran saat berkumpul bersama teman.

5. Sisihkan di Awal


Jika biasanya kebanyakan orang menyisihkan uang untuk ditabung di akhir bulan, maka mulai sekarang cobalah untuk menyisihkan uang tabungan di awal gajian. Sebaiknya langsung pisahkan Rp1 juta setelah menerima gaji, kemudian sisa gaji yang masih ada diatur dengan baik. Dengan begitu rencana menabung bisa lebih terarah.

Menyisihkan uang tabungan di awal tentunya menjadikan pengelolaan keuangan lebih terkendali. Anda pun akan menjadi penuh pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengeluarkan uang Anda. Cara ini juga bisa mengantisipasi gaji habis sebelum waktunya.

6. Pisahkan Rekening

Lakukan pemisahan rekening antara rekening tabungan dengan rekening yang dikhususkan untuk kebutuhan transaksi. Sebaiknya, rekening tabungan Anda atur bersama pihak bank agar tidak menggunakan ATM untuk menghindari penarikan tunai yang bisa saja menggagalkan rencana menabung rutin setiap bulannya.

Konsisten dan Jangan Gengsi

Menabung menjadi pilihan yang sangat mudah dilakukan dan tentunya dengan menabung bisa merajut masa depan yang lebih baik dan mapan secara finansial. Memanglah saat mengawalinya tidak mudah dijalaninya, namun juga tidak mustahil bila dilakukan dengan konsisten dan menyampingkan rasa gengsi untuk tidak lagi mengikuti gaya hidup yang berlebihan yang sudah pasti membuat keuangan menjadi boros. Buang rasas gengsi untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang banyak membebankan keuangan Anda. Ingatlah, menabung yang Anda lakukan adalah demi masa depan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: