Patut Ditiru! Cara Nongkrong Anti Boros Anak Gaul di Era Modern - Nongkrong itu tidak murah, kita semua tahu hal itu. Jadi wajar jika kita menolak ajakan tersebut. Tapi, penolakan ini sering membuat kita merasa bersalah, baik bersalah kepada diri sendiri maupun orang lain. Tapi mau gimana lagi, kita tidak mungkin memaksakan diri jika anggaran untuk bulan ini sudah hampir habis.
Cara Nongkrong Anti Boros Anak Gaul di Era Modern
Cara Nongkrong Anti Boros Anak Gaul di Era Modern

Jika diamati dengan seksama, nongkrong tidak selalu identik dengan biaya besar. Kamu dan teman-temanmu bisa menerapkan tips nongkrong anti boros ala anak gaul berikut ini supaya lebih hemat.

1. Sisihkan 10% dari Penghasilan untuk Nongkrong

Agar pengeluaran untuk nongkrong tidak lebih besar dibandingkan biaya sehari-hari, sebaiknya anggarkan jumlah uang khusus untuk nongkrong. Jumlahnya tergantung tempat yang sering kamu kunjungi. Untuk normalnya sendiri, sebaiknya tidak lebih dari 10% dari total penghasilan per bulan.

Selanjutnya, kamu perlu lebih disiplin untuk mengelola jumlah yang dianggarkan. Perhitungkan anggaran dengan intensitas untuk nongkrong. Jika anggaran yang kamu sediakan Rp 340.000 untuk 4 kali nongkrong, itu berarti jumlah yang dihabiskan tidak lebih dari Rp 85 ribu untuk sekali nongkrong.

2. Sebelum Nongkrong, Jangan Lupa Isi Perut

Meski anggaran sudah ditetapkan dan dikelola sebaik mungkin, ada saat dimana kita bablas menggunakan uang. Kondisi ini disebabkan karena pemilihan tempat nongkrong yang terlalu berkelas.

Jika sudah mengetahui tempat nongkrong yang diunjuk teman-temanmu, lekaslah mencari tahu menu yang disediakan beserta harganya. Jika harganya terlalu mahal, kamu dapat melakukan antisipasi di awal dengan cara mengisi perut sebelum berangkat. Dengan demikian, tidak perlu memesan makanan berat lagi karena camilan dan satu cangkir minuman saja sudah cukup. 

3. Bawa Persediaan Air Putih Sendiri dari Rumah

Beberapa kafe mungkin melarang pengunjung membawa makanan atau minuman apapun dari luar. Jika kafe yang hendak kamu kunjungi membebaskan aturan ini, persiapkan air putih dan bawa saat pergi nanti.

Kalau kamu perhatikan, harga satu cangkir minuman yang dijual di kafe hampir sama dengan harga satu porsi makanan. Tapi dengan membawa air putih, kamu tidak perlu memesan minuman lagi sehingga pengeluaran semakin sedikit.

4. Gunakan Sosial Media untuk Mencari Info Promo

Sosial media yang biasa digunakan untuk berbagi, sekarang bisa kamu gunakan untuk mencari info mengenai promo-promo menarik yang ditawarkan oleh kafe-kafe tertentu. Promo ini dapat berupa voucher, cashback, maupun beli 1 gratis 1.

Meskipun promonya hanya berupa cashback sebesar 15%, cashback ini sudah bisa kamu simpan untuk membayar parkir atau mengisi bensin. Alhasil, pengeluaran pun jauh lebih hemat.

5. Pesan 2 – 3 Makanan, Lalu Sharing Bersama Teman

Semakin banyak jumlah orang yang nongkrong, semakin hemat. Dengan jumlah orang yang banyak, kamu dan temanmu tidak perlu memesan makanan satu per satu. Cukup pesan 2 – 3 makanan dengan porsi yang lumayan banyak, lalu sharing satu dengan yang lain.

Sharing makanan dapat mengurangi 30% dari jumlah yang harus dibayar. Bayangkan jika menerapkan cara ini setiap kali pergi nongkrong, pasti anggaran untuk nongkrong akan tersisa.

6. Memanfaatkan Tumpangan dari Teman, Lebih Hemat!

Jika ingin menghemat biaya, kamu bisa memanfaatkan tumpangan yang ditawarkan oleh temanmu saat pergi nongkrong nanti. Lumayan kan, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk beli bensin.

Tapi, jangan terlalu sering menumpang dengan yang lain ya, apalagi kalau jarak antara tempat tinggalmu dan temanmu itu lumayan jauh. Untuk membalas budi baik temanmu, sesekali kamu harus memberikan tumpangan jika hendak bepergian di lain kesempatan.

7. Menukarkan Poin Kartu Kredit dengan Voucher Makanan

Kartu kredit yang kamu gunakan untuk bertransaksi akan mendapat sejumlah poin. Nah, poin ini bisa kamu kumpulkan lalu ditukar dengan voucher makan jika jumlahnya sudah mencapai jumlah minimum penukaran voucher.

Sesuaikan penukaran voucher dengan nama tempat yang akan dikunjungi. Sebab, kebanyakan voucher makan tidak berlaku di semua tempat, melainkan berlaku di tempat tertentu saja

Jangan Terbawa Gaya Hidup Orang Lain

Dengan tips nongkrong anti boros di atas, kini kamu bisa menikmati kebersamaan bersama teman sesering mungkin tanpa dihantui bayang-bayang pengeluaran. Tapi satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu mengikuti gaya hidup orang lain. Ketika betul-betul tidak punya uang, lebih baik menolak ajakan tersebut demi keberlangsungan hidup di hari esok.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: