Perawatan Kucing Mahal, Ini Cara Hemat yang Bisa Dilakukan - Mendengar suaranya yang lucu dan tingkah laku yang menggemaskan membuat banyak orang yang suka dengan hewan yang satu ini, yaitu kucing. Bagi sebagian orang memilih kucing sebagai salah satu hewan kesayangan yang dipelihara di rumah.
Perawatan Kucing Mahal, Ini Cara Hemat yang Bisa Dilakukan
Perawatan Kucing Mahal, Ini Cara Hemat yang Bisa Dilakukan 

Saat ini banyak jenis kucing yang dipelihara para pecinta kucing. Mulai dari kucing domestic hingga kucing yang berasal dari berbagai macam ras, kucing berbulu panjang hingga kucing yang tidak memiliki bulu, dan kucing berukuran besar hingga kucing berukuran kecil.

Semua orang setuju bahwa memelihara kucing tidaklah mudah. Walaupun hanya kucing peliharaan, namun kita sebagai pemilik jangan cuma hanya sekedar memberi makan saja. Kucing juga harus diberikan perawatan yang terbaik, seperti memberikan makanan yang sesuai dan bergizi, hingga memperhatikan kebersihannya. Dan itu semua butuh biaya yang sangat besar.

Perawatan Kucing

1. Makanan


Makanan merupakan poin utama dalam memelihara kucing. Jangan sembarangan dalam memberikan makanan, karena akan berdampak buruk pada kesehatan si meong. Tidak semua kucing suka atau cocok dengan makanan yang kita berikan.

Jika tidak cocok dengan makanannya, biasanya bulu si kucing akan menjadi rontok, nafsu makan berkurang hingga menyebabkan diare. Maka, pilihlah makanan yang tepat agar si meong tetap sehat dan kebutuhan nutrisinya juga terpenuhi.

Makanan pada kucing terbagi menjadi dua jenis, yaitu makanan basah atau wet food dan makanan kering atau dry food dengan berbagai macam merek. Tentunya setiap merek juga memiliki harga yang berbeda tergantung dari kelengkapan nutrisi dan ukuran kemasannya. Range harga pada wet food mulai dari Rp6.000 – Rp25.000 sedangkan dry food mulai dari Rp28.000 – Rp1.000.000.

2. Perlengkapan


Sebelum memelihara kucing, sebaiknya siapkan terlebih dahulu perlengkapan kucing yang wajib ada di rumah Anda. Mulai dari tempat tidur atau kandang, tempat makan dan minum, tempat pasir, pasir, sekop kecil. Anda bisa membeli perlengkapan tersebut di petshop dengan range harga Rp15.000 – Rp300.000.

3. Grooming


Grooming merupakan salah satu cara menjaga kebersihan tubuh kucing. Mulai dari memotong kuku, membersihkan telinga, merapihkan bulu hingga memandikan kucing. Bawalah kucing ke petshop yang menyediakan jasa memandikan kucing secara rutin. Biasanya setiap petshop akan memasang harga yang berbeda sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Berikut range harga grooming kucing.

Mandi biasa: Rp50.000 – Rp120.000

Mandi kutu: Rp75.000 – Rp150.000

Mandi Jamur: Rp75.000 – Rp150.000

Mandi Lengkap: Rp100.000 – Rp200.000

4. Vaksinasi


Pemberian vaksin kepada kucing sangat penting dan wajib dilakukan. Hal tersebut agar kucing terhindar dari berbagai macam penyakit dan yang menyerang. Vaksinasi kucing dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tricat, tetracat dan rabies. Setelah melakukan vaksinasi lengkap, sebaiknya lakukan juga vaksinasi secara berulang setiap setahun sekali. Berikut tahap vaksinasi pada kucing:

Tahap I Tricat
Vaksin ini diberikan pada saat kucing berusia 8-10 minggu. Fungsi vaksin ini bisa melindungi kucing dari bahaya penyakit Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, dan Feline Calicivirus. Harga vaksin tahap pertama mulai dari Rp80.000 – Rp200.000 tergantung pada jenis obat yang diberikan.

Tahap II Tetracat
Vaksin pada tahap dua ini fungsinya sama dengan vaksin sebelumnya, hanya saja ada satu tambahan yaitu melindungi dari virus Clamydia. Lakukan vaksin tahap dua ini saat kucing Anda berusia 12-14 minggu. Harganya mulai dari Rp170.000 – Rp200.000

Tahap III Rabies
Vaksin rabies dapat mengatasi kucing yang terkena dan menghindari rabies. Berikan vaksin rabies saat kucing Anda berusia 20 minggu. Harganya sekitar Rp 0.000 – Rp100.000

5. Vitamin

Jika Anda memelihara kucing, tentunya Anda akan memberikan yang terbaik dalam segala hal untuk kucing kesayangan Anda termasuk dalam pemberian vitamin. Vitamin sangat memberikan banyak manfaat, salah satunya menjaga kesehatan kucing Anda. Mulai dari nutrisi, menjaga nafsu makan, hingga membuat bulu menjadi bagus. Vitamin kucing ini memiliki berbagai macam merek dengan range harga Rp20.000 – Rp200.000.

6. Dokter Hewan


Jika Anda melihat kucing kesayangan sakit maka jangan menunda-nunda dibawa ke dokter atau klinik hewan agar segera mendapatkan perawatan yang terbaik. Setiap klinik mematok harga yang berbeda-beda tergantung dari harga jasa dokter, perawatan hingga obat-obatan yang dibutuhkan. Biasanya biaya berobat dibutuhkan dana mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Cara Murah Memelihara Kucing

Bagi pecinta kucing, mereka tidak peduli dengan jumlah uang yang dikeluarkan, yang terpenting adalah bisa memberikan yang terbaik untuk si meong.

Namun, bagi Anda yang memelihara kucing tapi hanya memiliki budget pas-pasan tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara menyiasati budget minim memelihara kucing, namun tetap memberikan yang terbaik.

1. Survey Harga

Tidak ada salahnya kalau Anda melakukan survey harga di berbagai petshop sekitar rumah. Mulai dari makanan, perlengkapan, hingga dokter hewan. Jika mendapatkan harga yang murah dengan kualitas yang baik kenapa tidak. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyiapkan budget besar.

2. Jadi Member di Petshop

Jangan pernah malu bertanya soal adanya member atau tidak di setiap petshop. Justru dengan bergabung menjadi member, Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan seperti potongan harga atau diskon, dan buy 1 get 1. Sehingga Anda bisa lebih hemat dalam pengeluaran kebutuhan si meong.

3. Berburu Voucher Promo

Biasanya pecinta kucing akan memanfaatkan voucher promo dalam pembelian makanan kucing. Anda bisa mencari voucher promo tersebut di internet atau bertanya langsung ke dokter hewan. Biasanya setiap dokter hewan memiliki voucher promo yang dikasih distributor makanan kucing. Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran kucing.

4. Beli Makanan Kiloan

Memang ada makanan kucing kiloan? Ada kok. Biasanya setiap petshop menyediakan makan kucing yang memang sengaja dikemas dalam bentuk repack ukuran 1kg dan harganya lebih murah. Tapi tidak semua merek makanan kucing bisa dikemas dalam kemasan, hanya merek tertentu saja.

5. Gunakan Kartu Kredit

Bagi sebagian pengguna setuju, selain sebagai alat pembayaran yang mudah digunakan, kartu kredit dapat memberikan banyak potongan harga serta diskon kepada para penggunanya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir saat memenuhi kebutuhan si meong. Tinggal gesek, dapat harga murah dan langsung bisa bawa belanjaan kebutuhan kucing kesayangan.

6. Vitamin Alami

Jika harga vitamin di petshop terlalu mahal, Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai vitamin si kucing. Soal kualitas, bahan alami sama halnya dengan vitamin kemasan pada umumnya, yaitu terbukti mampu menjaga kesehatan pada kucing. Vitamin alami yang biasa digunakan pecinta kucing adalah madu murni dan minyak ikan.

7. Grooming Sendiri
Luangkan waktu libur Anda untuk grooming kucing di rumah. Selain bisa mengisi waktu libur, Anda juga akan lebih hemat dalam pengeluaran budget perawatan si meong. Mulailah belajar grooming sendiri. Dari membersihkan telinga dengan kapas atau cotton bud dan baby oil, gunting kuku, merapihkan bulu, memandikan dan mengeringkan. Anda tinggal membeli perlengkapan grooming seperti shampoo kucing, handuk dan alat pengering atau hairdryer.

8. Cari Perlengkapan Murah

Jika perlengkapan kucing seperti tempat makan, minum dan litter box di petshop mahal, Anda bisa membelinya di toko plastik yang menawarkan harga jauh lebih murah. Selain itu, Anda juga bisa manfaatkan keranjang dan kain yang sudah tidak terpakai untuk tempat tidur si meong kesayang.

9. Jaga Kebersihan

Lingkungan yang kotor menjadi sumber berkumpulnya virus penyakit yang bisa menyerang kucing Anda kapan saja. Dengan begitu, Anda akan lebih sering membawa kucing Anda ke klinik hewan.

Maka mulailah rutin membersihkan lingkungan rumah seperti wilayah kucing bermain, kandang, tempat tidur, tempat makan, minum, litter box dan sebagainya. Jadi, akan membuat kucing Anda lebih nyaman dan tidak mudah terserang virus penyakit.

Rela Berkorban untuk si Kucing

Bagi pecinta kucing, tidak afdol rasanya jika tidak memelihara kucing di rumahnya. Bahkan, mereka rela mengorbankan sebagian hidupnya untuk si meong, seperti menghabiskan waktunya bermain atau jalan-jalan bersama kucing hingga merelakan penghasilannya dibagi dua demi kucingnya.

Sebagian orang yang memelihara kucing pasti akan memiliki kepuasan tersendiri jika sudah memberikan perhatian penuh ke kucing kesayangannya. Nah, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit disetiap transaksi saat ingin memenuhi semua kebutuhan si meong. Selain lebih praktis dalam penggunaannya, Anda juga bisa mendapatkan banyak potongan harga sehingga lebih hemat dalam pengeluaran keuangannya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: