Rekan Kerja Diangkat Menjadi Atasan? Beginilah Cara Untuk Menyikapinya - Ketika masuk ke dalam sebuah perusahaan dan mulai bekerja, tentunya setiap karyawan menginginkan adanya jenjang karier yang cemerlang kedepannya. Entah itu kenaikan gaji maupun kenaikan jabatan. Setelah bertahun-tahun bekerja dan menikmati pekerjaan yang Anda jalani, nyatanya belum ada kabar tentang masa depan karier meskipun saat ini Anda terbilang sebagai karyawan yang cukup berpengalaman.
Rekan Kerja Diangkat Menjadi Atasan
Rekan Kerja Diangkat Menjadi Atasan

Namun suatu ketika, atasan memberikan pengumuman entah melalui email ataupun melalui rapat besar jika salah satu rekan kerja Anda di promosikan menjadi leader (manager). Teman yang mungkin tadinya memiliki awal yang sama seperti Anda kini diangkat menjadi atasan. Tentunya hampir setiap orang pernah mengalami hal ini.

Perubahan posisi atau jabatan memang dapat menimbulkan gejolak di lingkungan kantor dan tentunya menimbulkan perasaan aneh dalam diri. Lalu bagaimana menyikapinya? Sedangkan Anda harus bersikap profesional di dalam kantor. Mungkin tips-tips di bawah ini dapat membantu Anda menyikapi rekan kerja yang naik posisi menjadi atasan.

1. Cobalah Menghilangkan Rasa Cemburu


Salah satu hal yang mungkin langsung dipikirkan saat rekan kerja menjadi atasan adalah perasaan cemburu. Rasa cemburu memang otomatis akan muncul ketika melihat teman-teman yang tadinya sama-sama berjuang dari nol kini diangkat menjadi atasan Anda. meskipun Anda merasa tidak tertarik dengan jabatan, namun tentunya ada rasa berat yang muncul dari dalam hati.

Namun dibandingkan memikirkan rasa cemburu, mengapa tidak menjadikan hal tersebut sebagai motivasi. Anda bisa mencontoh kerja dari teman Anda sehingga dirinya mendapatkan promosi jabatan. Cemburu memang reaksi yang natural, namun tetap harus mengendalikan diri. Jangan sampai muncul keinginan untuk menjegal rekan kerja sendiri.

2. Ketahui Jika Hubungan Pasti Akan Berubah

Beberapa orang merasa jika pertemanan akan berakhir saat rekan kerja menjadi atasan, terutama jika rekan kerja tersebut adalah teman dan sahabat yang sama-sama menghabiskan banyak susah dan senang bersama. Tentunya perasaan seperti itu akan muncul dari dalam diri Anda.

Yang perlu Anda ketahui adalah hubungan atau relasi tersebut tentunya akan berubah, namun bukan berarti jika pertemanan yang dibentuk akan hancur begitu saja. Tetaplah saling bersikap profesional dan menghormati satu sama lainnya meskipun teman sudah menjadi atasan. Bahkan sikap seperti ini perlu juga ditanamkan kepada siapapun saat di kantor.

3. Menjaga Jarak Saat Di Kantor


Meskipun berteman dekat sekalipun, ketika teman menjadi atasan usahakan untuk menjaga jarak saat berada di kantor. Jangan karena teman adalah atasan, Anda bisa bertindak seenaknya bahkan menganggap santai setiap pekerjaan. Tentunya hal ini akan tidak adil dirasakan untuk rekan-rekan kerja lainnya. Buang jauh-jauh pemikiran jika segalanya terasa lebih mudah saat atasan adalah teman sendiri. Anda harus tetap memandang teman sebagai atasan saat di kantor dan ketika di luar kantor bisa bersikap seperti biasanya kepada sahabat.

4. Jangan Terlalu Menganggap Personal


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda harus tetap bersikap profesional di dalam kantor meskipun atasan adalah rekan kerja sendiri. Ketika teman Anda memberikan kritik dan saran mengenai pekerjaan yang Anda lakukan, maka jangan langsung menganggapnya sebagai sebuah hal yang personal. Malah jadikan hal tersebut sebagai sebuah kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi yang lebih baik di dalam pekerjaan.

Jika memang merasa keberatan, maka akan lebih baik untuk mendiskusikan di tempat yang tertutup. Jangan membahasnya di depan hadapan rekan kerja yang lainnya. Namun tetap gunakan alasan yang profesional saat membahas hal tersebut, jangan mencampur adukan masalah pribadi dengan kantor yang malah membuat kesan yang kurang profesional.

Tetap Bekerja Secara Profesional dan Berikan yang Terbaik

Kondisi apapun yang Anda alami selama di kantor, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak bekerja secara profesional. Meskipun kondisinya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, namun tetap berikan yang terbaik untuk pekerjaan dan jangan sampai mengecewakan atasan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: