Sehat Enggak Harus Mahal, Rasakan Manfaat Dahsyat Gowes Sepeda - Bagi para penggemarnya, selain bikin badan sehat, bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan, hati pun menjadi riang. Kalau kamu perhatikan orang yang mengayuh pedal di jalanan, ekspresi wajahnya terlihat bahagia, seolah hidup tanpa beban. Contoh sederhananya bebas dari kemacetan yang setiap hari membuat stres para pengendara motor dan mobil.
Sehat Enggak Harus Mahal, Rasakan Manfaat Dahsyat Gowes Sepeda
Sehat Enggak Harus Mahal, Rasakan Manfaat Dahsyat Gowes Sepeda

Bersepeda saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat, di samping olahraga lari. Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD) yang jatuh setiap akhir pekan dimanfaatkan banyak pengendara sepeda maupun komunitas sepeda untuk berkumpul menyalurkan hobi mereka atau sebagai ajang silaturahim.

Apalagi kini di Jakarta dan beberapa kota lain sudah ada jalur khusus sepeda. Jadi tidak bakal diganggu lagi pengendara motor dan mobil. Jika tidak suka dengan keramaian, kamu bisa gowes sepeda seorang diri. Lebih bebas, nggenjot sepeda ke manapun tidak ada yang mengusik. Waktunya pun bisa kamu sesuaikan, mau pagi hari, sore, atau malam hari, masing-masing memiliki sensasi tersendiri.

Olahraga ini seperti menular. Beberapa tahun lalu hanya segelintir orang, tapi dewasa ini jumlah pengendara sepeda semakin banyak. “Bike to Work” bukan lagi sebatas slogan, melainkan sudah diimplementasikan. Harapannya virus gowes makin menyebar, sehingga bersepeda dapat menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Dompet dan Tubuh


Sebetulnya kenapa sih bersepeda harus jadi gaya hidup kamu? Apa manfaat bersepeda bagi dompet dan kesehatan tubuh?

1. Hemat Uang


Sudah pasti bersepeda bisa menghemat pengeluaran kamu. Misalnya saja ongkos transportasi menggunakan Transjakarta PP rumah-kantor per hari Rp7.000. Dikali jumlah hari kerja 22 hari, maka kamu bisa hemat Rp154 ribu per bulan. Jika dihitung selama 1 tahun (12 bulan), maka jumlahnya Rp1,85 juta per bulan. Sementara kalau dengan bersepeda, gaji kamu bisa utuh.

2. Bebas Dari Macet


Kalau manfaat ini tidak usah ditanya lagi, gowes sepeda ke kantor lebih efisien karena tidak akan terjebak kemacetan. Dengan demikian, kesehatan mentalmu akan lebih terjaga karena tidak harus berkutat pada masalah kemacetan.

3. Mengurangi Stres dan Depresi


Biasanya seseorang mengayuh sepeda tidak terburu-buru alias santai. Bersepeda di pagi hari, bonusnya bisa menghirup udara segar, sehingga dapat mengurangi stres dan depresi, serta meningkatkan rasa bahagia. Bersepeda tidak monoton, karena kamu mengayuh pedalmu sambil melihat pemandangan beragam, seperti gedung pencakar langit. Syukur-syukur masih menjumpai danau atau pemancingan, area persawahan, sehingga dapat memperbaiki mood.

4. Menurunkan Berat Badan dan Mengencangkan Otot Paha


Gowes secara rutin dapat membakar kalori, lemak dalam tubuh, dan menurunkan berat badan. Tidak usah lama-lama, cukup 30 menit setiap hari. Karena berdasarkan studi, bersepeda dapat memberangus 5 kg lemak. Selain itu, menggenjot sepeda mampu mengencangkan otot paha. Jangan lupa pemanasan dulu ya sebelum gowes untuk menghindari nyeri pada betis dan paha setelah bersepeda nantinya

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes


Manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan memang dahsyat. Bersepeda secara teratur dapat melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker usus dan payudara, serta penyakit diabetes karena tubuh diajak untuk beraktivitas secara berkala.

Berapa Modal Olahraga Sepeda? 

Jangan uring-uringan dulu lihat deretan harga sepeda sampai ratusan juta rupiah. Ada kok sepeda yang banderolnya ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung kebutuhan dan kondisi dompet, mau pilih yang baru atau seken. Yang harganya murah, sedang-sedang saja, atau yang mahal.

Jenis-jenis sepeda yang sudah beredar di pasar Indonesia ada 7 macam, yakni sepeda gunung (MTB), sepeda balap, sepeda hybrid, sepeda BMX, sepeda lipat, sepeda fixie, dan sepeda ontel. Nah, tinggal pilih sesuai selera deh.

1. Kalau kamu pemula, cuma niat buat gowes sekedarnya atau bolak balik kantor, ditambah lagi kantong pas-pasan tapi ingin sepeda baru, kamu bisa memilih sepeda gunung. Pakai MTB bisa meredam guncangan jalan yang kurang mulus.

2. Rekomendasi sepeda baru MTB harga di bawah Rp2 juta, Polygon Monarch 2.0, United Avalanche XC 72, Pacific Revolt 3.0, dan Wimcycle Roadchamp 1.0.

3. Bila tidak begitu peduli sepeda bekas atau baru, kamu bisa membeli sepeda seken yang spesifikasinya lebih oke, namun harganya sama dengan yang baru. Tergantung seberapa pintar kamu nego si penjual sih.

4. Jika masih bingung, kamu bisa tanya ke keluarga, teman, atau komunitas pencinta sepeda. Kalau perlu jangan sungkan minta ditemani ke toko sepeda agar lebih jelas dan mendapatkan sepeda sesuai keinginan.

5. Disarankan membeli sepeda dengan merek yang sudah terbukti kualitasnya, seperti merek lokal Polygon, Wimcycle, dan United Bike. Brand-brand ini sudah dikenal apik para penggemar gowes.

Tempat Berburu Sepeda Baru dan Bekas

Sejak bersepeda naik daun, bisnis penjualan sepeda baru maupun seken semakin menjamur. Toko-toko konvensional kini merambah ke online. Pemilik toko membuka lapak online di marketplace supaya barang dagangannya cepat laku. Cara pembayarannya pun semakin mudah, bisa dengan tunai, gesek kartu kredit, maupun cicilan per bulan.

Mau berburu sepeda baru atau KW, kamu bisa mendatangi toko offline yang tersebar di wilayah Jakarta, di antaranya:

Rodalink
United Bike
Mentaribike
Pasar Rumput
Toko Sepeda Kita
Bikeone
Warfix
Happy MTB Toko
Sepeda98 Bike Shop
Masih banyak lainnya
Lapak online yang menjajakan sepeda:


  • Bukalapak.com
  • Lazada.com
  • OLX.com
  • Tokopedia.com
  • Rodalink.com
  • Unitedbike.com
  • Kedaisepeda.com
  • Sepedakita.com
  • Wow-onlinestore.com
  • Masih banyak lainnya.

Sehat Nomor Satu, Gaya Nomor Sekian
Kalau kata orang, pilihlah sesuatu yang membuatmu nyaman. Begitupun dengan sepeda karena akan dipakai setiap hari untuk gowes. Nyaman dalam artian sesuai dengan keinginan dan nyaman pula untuk kantong kamu. Jangan kebanyakan gaya.

Kalau cuma mau ikut-ikutan tren dan gengsi, kamu pasti tak segan-segan merogoh kocek dalam untuk membeli sepeda, meskipun harus berutang. Akan tetapi, jika didasari pada kebutuhan dan pertimbangan isi dompet, kamu akan menahan diri dari segala jurus rayuan pemilik toko untuk memboyong sepeda dengan harga mahal. Yang penting kan manfaat dan sensasinya, bukan harganya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: