Selain Restoran, 9 Bisnis Kuliner Alternatif ini Sangat Menguntungkan - Siapa yang tidak butuh makanan? Semua orang pastinya butuh makanan karena pada dasarnya makanan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Bukan hanya itu saja, banyaknya ragam makanan juga bisa membuat kita jadi ingin terus ingin mencoba makanan-makanan yang baru muncul.
Selain Restoran, 9 Bisnis Kuliner Alternatif ini Sangat Menguntungkan
Selain Restoran, 9 Bisnis Kuliner Alternatif ini Sangat Menguntungkan 

Oleh sebab itu, membuka bisnis di bidang kuliner adalah pilihan yang tepat karena dijamin tidak akan sepi pengunjung. Asalkan kuliner yang disuguhkan memiliki rasa yang enak dan harga terjangkau, pasti pelanggan tak sungkan mampir kembali untuk menikmati hidangan yang disajikan. Dengan begitu, secara otomatis omzet akan terus meningkat, sehingga jutaan rupiah pun bisa diraup jika sungguh-sungguh menjalaninya.

Lalu, apa yang Anda pikirkan jika mendengar bisnis kuliner? Pastinya kebanyakan orang memiliki jawaban yang sama, yaitu buka restoran atau kafe. Padahal bisnis kuliner tak sekedar resto atau kafe melulu. Banyak ragam alternatif bisnis lain yang bisa dicoba dan tentunya masih berhubungan erat dengan bidang kuliner. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Budi Daya Tanaman Hidroponik


Apakah budidaya tanaman hidroponik masih termasuk bisnis di bidang kuliner? Jawabannya adalah iya, karena sayuran dan buah-buahan hidroponik dianggap lebih sehat, sehingga diminati banyak orang yang sangat menjaga kesehatannya dan memperhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsinya.

Dilihat dari banyaknya peminat tanaman dengan media air tersebut, kini banyak juga resto, kafe atau rumah makan yang menghidangkan makanan dan minuman dari olahan bahan-bahan organik.

Dengan membuka bisnis budidaya tanaman hidroponik, Anda bisa menyuplai bahan-bahan sayuran dan buah ke banyak resto, atau kafe. Untuk melakukan budidaya tanaman hidroponik ini juga cukup ekonomis. Artinya, tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Anda bisa menanamnya di bagian teras rumah dengan alat yang sederhana sekalipun.

2. Jasa Kirim Makanan dan Jajanan


Padatnya mobilitas di kota-kota besar membuat masyarakatnya lebih suka sesuatu yang praktis, seperti halnya dalam membeli makanan dan jajanan saja. Mereka cenderung memilih untuk memesannya dibanding langsung datang ke lokasi.

Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka bisnis jasa kirim makanan dan jajanan. Hanya saja yang perlu Anda siapkan sejak awal adalah sistem baik, sehingga bisnis jasa kirim makanan dan jajanan ini bisa berjalan dengan lancar.

3. Menjadi Supplier Bahan Makanan dari Kebun Sendiri

Punya halaman yang luas di rumah? Atau malah punya kebun sendiri? Kenapa tidak dimanfaatkan untuk berkebun. Tak ada salahnya, manfaatkan kebun yang dimiliki untuk menanam aneka ragam tanaman yang digunakan sebagai bumbu dan bahan masakan. Misalnya, daun pandan, kangkung, kunyit, pisang, kelapa dan lain sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa menjadi supplier ke restoran-restoran atau hotel yang memang rutin membutuhkan aneka ragam bumbu dan bahan masakan tadi. Kalau sudah begitu lumayan loh untungnya.

4. Berjualan Selai

Selai juga bagian dari kuliner. Anda bisa membuka bisnis pembuatan selai sebagai alternatif bisnis kuliner yang pasaran. Cara membuatnya pun mudah dan bisa dilakukan di rumah. Dengan menyematkan label homemade pada selai buatan, Anda bisa menggunakannya sebagai nilai plus untuk menjualnya. Ini karena selai homemade dinilai lebih sehat karena tanpa bahan pengawet.

5. Buka Toko Roti


Selain makanan berat, Anda juga bisa membuka bisnis makanan ringan seperti roti. Tak usah menjual roti-roti yang ribet dalam pembuatannya. Cukup menjual roti-roti simple dengan aneka rasa yang menarik pelanggan, Anda akan mendatangkan laba yang lumayan dalam membuka toko roti.

6. Terima Jasa Buat Kue

Membuka jasa kustom kue juga bisa dijadikan alternatif dalam bisnis kuliner. Jasa ini sangat laku di pasaran untuk orang-orang yang ingin memesan kue ulang tahun sebagai hadiah orang terkasih. Oleh sebab itu, mulailah belajar membuat desain kue sekreatif mungkin agar banyak orang tertarik. Tapi jangan lupa untuk mengutamakan rasanya ya.

7. Jasa Katering

Bila Anda memiliki keahlian membuat masakan rumahan yang enak, kenapa tidak mencoba buka jasa katering saja? Jasa katering ini memiliki keuntung yang tidak main-main. Apalagi kalau jasa katering Anda sudah cukup terkenal akan rasa dan harganya yang terjangkau.

Dengan jasa katering, Anda bisa menargetkan ke acara-acara yang besar seperti pernikahan, pengajian, dan sebagainya. Bahkan, Anda juga bisa menawarkan ke berbagai perusahaan.

8. Buka Gerai Es Krim

Siapa yang tidak suka es krim? Mulai dari anak-anak sampai dewasa sangat suka dengan es krim. Makan es krim dipercaya dapat membuat suasana hati gembira. Selain itu, es krim juga mengandung susu dan aneka rasa buah yang tentu bermanfaat untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, buka toko es krim bisa jadi pilihan bisnis yang masih linier di bidang kuliner. Terlebih, sekarang banyak toko es krim kekinian yang menyuguhkan berbagai macam rasa dengan topping yang banyak macamnya juga.

9. Ternak Sapi

Kenapa ternak sapi masuk dalam ranah bisnis kuliner? Karena sapi banyak yang bisa dimanfaatkan, selain dagingnya, susunya juga bisa diolah ke berbagai macam hidangan makanan dan minuman.

Daging dan susu ini bisa dijual langsung atau di-supply ke pelaku-pelaku bisnis di bidang kuliner yang memang membutuhkan daging dan susu sebagai bahan utama dalam pembuatan hidangannya.

Percaya Pada Usaha Sendiri

Itulah bisnis-bisnis alternatif di bidang kuliner yang dapat dicoba selain buka restoran dan kafe. Bisnis-bisnis yang masih berkaitan erat dengan kuliner ini pastinya akan sangat membuahkan hasil yang besar, jika sungguh-sungguh menjalaninya. Jadi bisnis kuliner mana yang menarik hati Anda?

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: