Susah BAB? Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Pencernaan Lebih Lancar - Pencernaan yang tidak lancar tentu akan menjadi beban pikiran. Bagaimana tidak, sisa makanan yang tidak segera dikeluarkan takutnya menumpuk di dalam tubuh dan menimbulkan penyakit yang serius di kemudian hari.
Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Pencernaan Lebih Lancar
Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Pencernaan Lebih Lancar

Agar pencernaan menjadi lebih lancar, ubahlah pola makan dan konsumsi lah makanan yang bagus untuk pencernaan seperti berikut:

1. Apel


Rasa apel yang manis membuat banyak orang tergiur untuk segera mencicipinya. Di balik rasa manis itu, apel juga mengandung folat, vitamin A, C, kalium, dan mineral yang bagus untuk melancarkan buang air besar. Mineral yang terkandung di dalam apel akan melancarkan proses pembuangan, sehingga apel bagus dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Selain itu, buah apel juga mengandung pectin yang dipercaya dapat menambah jumlah bakteri baik sehingga sisa-sisa makanan dapat segera diubah menjadi feces dan dikeluarkan dalam bentuk kotoran melalui saluran pencernaan.

2. Alpukat


Buah alpukat mengandung lemak tunggal yang tidak hanya bagus untuk proses diet, tapi kandungan seratnya juga bagus untuk melancarkan pencernaan. Jika sulit buang air besar, konsumsi lah satu buah alpukat dan tunggu selama satu atau dua jam. Setelah itu, Anda pun jadi kebelet buang air besar.

3. Pisang


Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, bagus untuk melancarkan pencernaan manusia. Kandungan serat ini nantinya akan merangsang usus untuk berkontraksi, sehingga bakteri baik yang ada di dalam pencernaan akan bekerja optimal untuk mengolah sisa-sisa makanan. Dengan demikian, usus pun menjadi bersih, pencernaan pun jadi lebih lancar kalau Anda rajin mengonsumsi pisang setiap hari.

4. Lemon

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah lemon mampu melancarkan pencernaan manusia. Sebab, vitamin C ini mampu memecah dan mengubah sisa-sisa makanan menjadi feces yang nantinya akan dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Minumlah perasan buah lemon setiap pagi sebelum sarapan agar sisa-sisa makanan kemarin dapat dikeluarkan, sehingga usus menjadi lebih bersih.

5. Asparagus

Asparagus atau yang akrab disapa rebung memiliki kandungan prebiotik yang tinggi. Di dalam prebiotik, terdapat kandungan serat yang jumlahnya dua kali lipat. Jadi, tidak heran kalau asparagus sering dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar.

Meskipun rasanya hambar dan sedikit masam, tapi asparagus bisa diolah menjadi menu makanan yang sangat enak. Caranya dengan mencampurkan asparagus dengan sayur sawi putih, lalu disiram dengan santan kelapa.

6. Air Kelapa

Air kelapa sangat cocok diminum untuk meredakan dahaga. Selain rasa airnya yang segar dan daging buahnya yang legit, ternyata air kelapa bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan elektrolit dalam air kelapa menjadi zat pelancar sembelit dan susah buang air besar. Kalau kondisi pencernaan tidak bisa diajak kompromi, minumlah satu gelas air kelapa muda dan tunggu sampai saluran pencernaan memberi aba-aba untuk mengeluarkan feces.

7. Teh Jahe


Rempah-rempah sekaligus bumbu dapur seperti jahe ternyata juga berkhasiat untuk melancarkan buang air besar. Teh jahe akan merangsang usus untuk bekerja lebih cepat saat mengelola makanan, sehingga sakit perut atau sembelit bisa segera teratasi dengan baik.

Selain bagus untuk pencernaan, teh jahe juga bagus untuk menghangatkan tubuh dan memperlebar pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir lebih leluasa ke seluruh bagian tubuh.

8. Bayam


Makanan pelancar buang air besar terakhir adalah sayur bayam yang sudah terkenal akan kandungan serat tinggi di setiap helai daunnya. Selain serat, ada juga kandungan magnesium dan mineral yang bagus untuk merangsang gerak usus besar. Sehingga usus besar mampu bekerja lebih aktif dan produktif untuk mengelola makanan yang sudah dikonsumsi.

Minum Air Putih yang Cukup

Selain mengonsumsi makanan di atas, imbangi juga dengan konsumsi air putih yang cukup. Sebab, air putih merupakan salah satu solusi terbaik untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, air putih juga bagus untuk membunuh racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan yang sudah dikonsumsi. Dengan demikian, kinerja saluran pencernaan jadi lebih lancar, tubuh pun akan tetap sehat karena terbebas dari toxic.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: