Tipe-Tipe Mengasuh Anak, Mana yang Anda Terapkan? - Dalam mengasuh anak, tentunya orang tua akan menerapkan pola-pola pengasuhan anak yang terbaik agar tumbuh kembang anak juga selalu menjadi yang terbaik. Sebenarnya, ada beberapa tipe pengasuhan anak yang bisa diterapkan para orang tua.

Menurut penelitian, setidaknya terdapat tujuh tipe pengasuhan yang umum diterapkan para orang tua. Tentu saja setiap pola kepengasuhan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi Anda para orang tua, tipe-tipe pengasuhan anak ini mungkin bisa Anda pelajari dan terapkan pada anak-anak.

1. Helicopter Parenting

Tipe pengasuhan anak ini merujuk pada kondisi orang tua yang selalu berada di sekitar anak, layaknya helicopter. Orang tua dengan tipe ini selalu berusaha untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak ada masalah apa pun yang terjadi pada anak mereka.

Meskipun hal ini membuat orang tua dapat mengendalikan segalanya, menerapkan model ini pada anak-anak bisa jadi membuat anak akan terlalu bergantung kepada orang tua. Sederhananya, secara tidak langsung, orang tua seperti memanjakan anak-anaknya.

2. Lawnmower Parenting

Yang dimaksud dengan Lawnmower adalah orang tua yang selalu siaga untuk memangkas segala permasalahan yang dihadapi anak-anaknya. Keuntungan yang didapatkan hanya dalam jangka waktu yang pendek dan kurang baik jika diterapkan hingga dewasa.

Hal ini karena secara tidak langsung akan membuat anak menjadi kurang kreatif dan mengalami kesulitan saat menghadapi kegagalan.

3. Permissive Parenting

Dalam model permissive parenting, orang tua memiliki sikap yang cenderung permisif, memperbolehkan anak-anaknya untuk melakukan apa pun yang diinginkannya. Hal ini tentu saja membuat anak terdorong untuk lebih kreatif dan mandiri serta tidak terlalu bergantung pada orang tua.

Namun, pola ini memiliki kekurangan karena menyebabkan anak sering kali bermasalah terkait dengan pemberlakuan aturan yang terstrukrur seperti yang ada di sekolah.

4. Neglectful Parenting

Orang tua dengan tipe neglectful parenting cenderung mengabaikan anak-anaknya. Jarang sekali memberikan perhatian, bahkan tidak memberikan batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar anak.

Kelebihannya, mungkin saja anak dapat tumbuh dan tidak bergantung pada pola ini. Namun, kekurangannya adalah adanya risiko yang membuat anak bisa saja terkena dampak dari pengaruh pergaulan yang buruk.

5. Authoritative Parenting

Model pengasuhan secara authoritative parenting memang memperlihatkan sikap orang tua yang hangat dan menyayangi. Namun, juga memiliki peraturan yang ketat bagi anak-anaknya. Anak yang tumbuh dalam pola pengasuhan seperti ini akan tumbuh baik seperti yang memang diharapkan.

Namun, terkadang anak akan mengalami kebingungan tersendiri mengenai sikap orang tuanya yang seakan memiliki dua sisi yang berbeda.

6. Authoritarian Parenting

Sikap orang tua dalam pola authoritarian parenting memang cenderung otoriter. Sering kali memberikan banyak aturan dan batasan kepada anak, tapi tidak menjelaskan alasan yang ada di baliknya.

Anak dituntut untuk mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan. Karena itu, tak heran akan membuat anak tumbuh menjadi sosok yang sangat disiplin. Sayangnya, mungkin saja suatu saat anak bisa menjadi orang yang memberontak karena merasa jenuh menghadapi pola pengasuhan yang mirip dengan militer.

7. Intentional Parenting

Dalam intentional parenting, orang tua memang benar-benar hadir, baik itu dalam pengasuhan maupun pendidikan anak-anaknya. Dengan begitu, orang tua selalu mengetahui kondisi anak-anaknya, tapi tidak lupa untuk tetap menerapkan batasan.

Kedekatan orang tua dengan anak juga sangat kuat melalui pola pengasuhan ini. Selain itu, pola intentional parenting juga akan membantu untuk membangun kesadaran moral yang tinggi pada anak-anak.

Pelajari Kelebihan dan Kekurangannya

Tentunya setiap orang tua menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi orang yang baik dan bertanggung jawab dalam kehidupannya. Untuk itulah, penting peranan orang tua dalam menerapkan pola pengasuhan yang tepat.

Sebelum berperan menjadi orang tua, akan lebih baik untuk mendiskusikan mengenai pola pengasuhan yang mana yang akan diterapkan pada anak-anaknya kelak. Selain itu, pelajari kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi Anda dan pasangan ke depannya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: