Tips Atasi Sifat Impulsif Belanja ‘Online’ - Kemajuan yang terjadi dalam dunia teknologi informasi telah membawa banyak perubahan di dalam kehidupan kita, salah satunya ketika berbelanja.
Tips Atasi Sifat Impulsif Belanja ‘Online’
Tips Atasi Sifat Impulsif Belanja ‘Online’

Jika bertahun-tahun lalu belanja masih identik dengan mall atau supermarket konvensional, maka sekarang kegiatan yang satu ini telah berubah dan lebih banyak dilakukan secara online. Tidak hanya mudah, belanja online juga memungkinkan kita menghemat banyak waktu dan juga tenaga, karena tidak harus pergi ke luar rumah.

Kita tidak lagi direpotkan dengan menentang banyak barang belanjaan, karena dengan belanja online semua barang yang dipesan langsung datang ke rumah. Mudah dan nyaman, bukan?

Namun dari semua kemudahan tersebut, bagaimana soal dananya? Apakah sudah terencana dengan baik di dalam keuangan kita?

Selalu Perhatikan Kondisi Keuangan

Tak dipungkiri, jika fenomena belanja online kerap membuat sebagian orang kalap, tidak bisa mengontrol keinginan belanja mereka. Ada banyak toko online yang bisa dikunjungi kapan saja dan di mana saja, sehingga dengan mudah menemukan barang-barang yang dibutuhkan atau sebaliknya.

Hal ini tentu saja menimbulkan sifat impulsif, di mana kita justru sering berbelanja tanpa rencana dan menghabiskan sejumlah uang untuk berbagai barang yang pada dasarnya belum tentu dibutuhkan.

Perilaku belanja yang spontan ini biasanya akan terjadi dengan cepat, penuh gairah, dan terasa menyenangkan tanpa adanya pertimbangan yang matang.

Beragam produk akan segera pindah ke keranjang belanja dan beberapa hari kemudian tiba di rumah. Lalu, setelahnya kita menyesal pembelanjaan ini atau bahkan kerap tidak menyadarinya, meskipun telah memboroskan sejumlah anggaran yang tidak begitu penting untuk diadakan di dalam keuangan.

Atasi dengan Cara yang Tepat

Sifat impulsive saat belanja online bisa saja menjadi masalah serius di dalam keuangan, terutama jika kita tak lagi mampu mengerem keinginan belanja tersebut dengan baik.

Pada awalnya hal ini mungkin akan terasa menyenangkan dan tanpa disadari di dalam kehidupan kita, sehingga bisa saja menjadi sebuah kebiasaan buruk yang tumbuh dan sulit untuk dihilangkan.

Jika tidak diatasi dengan langkah yang tepat, maka sifat seperti ini akan mengganggu keuangan dan dapat menimbulkan berbagai masalah di dalam kehidupan kita secara keseluruhan.

Untuk itu, simak beberapa cara yang tepat untuk mengatasi sifat impulsif belanja online berikut ini, agar keuangan tidak jebol karenanya:

1. Rencanakan dan Anggarkan Dana dengan Tepat

Merencanakan kegiatan belanja dengan baik adalah langkah yang sangat tepat untuk mengatasi sifat impulsif ketika belanja online. Apapun yang akan kita beli, tentu saja hal ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan.

Jangan sampai kita membeli berbagai barang di luar kemampuan keuangan kita, bahkan meski barang-barang tersebut kita butuhkan. Sangat penting untuk selalu menghitung dan memiliki anggaran belanja yang jelas, sehingga berbagai pengeluaran yang timbul akibat kegiatan belanja online tetap bisa dipertanggungjawabkan di dalam keuangan.

Belanja di luar anggaran bisa saja menjadi musibah di dalam keuangan, terutama jika berbagai barang yang dibeli bukan barang yang benar-benar dibutuhkan. Sangat penting untuk selalu memiliki anggaran belanja yang jelas di dalam keuangan dan juga menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan demikian, kegiatan belanja online bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan kita.

2. Buat dan Patuhi Daftar Belanja

Daftar belanja menjadi salah satu cara untuk menghindari berbagai pembelanjaan yang tidak perlu. Mengunjungi situs belanja tanpa rencana dan juga daftar belanja, bisa saja membuat kita mengalami “kecelakaan”, di mana kita membeli berbagai barang tanpa rencana dan juga pertimbangan yang matang. Sangat penting untuk menghindari hal seperti ini, sebab bisa menimbulkan pemborosan keuangan.

Selalu luangkan waktu untuk membuat daftar belanja, sehingga kita bisa menuliskannya dengan tenang dan leluasa tanpa terburu-buru. Bukan hanya menghemat banyak waktu, namun cara ini juga bisa menghemat banyak uang serta menghindari berbagai pembelanjaan yang tidak perlu.

Bukan hanya dibuat saja, namun pastikan untuk selalu mematuhi daftar belanja ini dengan disiplin, sehingga tidak ada pembelanjaan yang terjadi di luar rencana.

3. Hindari Godaan Diskon

Diskon serta beragam penawaran khusus lainnya merupakan godaan terberat ketika sedang berbelanja online. Hal ini juga bisa menjadi penyebab sifat impulsif ketika berbelanja. Penting untuk memahami dengan baik tujuan awal ketika berbelanja, sehingga berbagai macam godaan seperti ini tidak akan menjadi masalah lagi bagi kita.

Tidak perlu mengunjungi semua toko online dan mencari berbagai macam penawaran menarik di sana. Sebab jika tidak kuat menahan godaan diskon, maka hal ini justru bisa saja membuat kita terpancing untuk berbelanja dengan kalap tanpa mempertimbangkan kebutuhan awal.

Jangan mudah tergoda diskon, terutama untuk berbagai barang yang sebenarnya tidak begitu kita perlukan.

4. Cari Kegiatan yang Menarik dan Lebih Bermanfaat

Meski berbagai situs belanja bisa kita kunjungi kapan saja dan di mana saja, bukan berarti kita harus selalu mendatanganinya setiap kali ada kesempatan. Hindari hal iseng seperti ini, karena bisa menjadi penyebab timbulnya pembelanjaan di luar rencana.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah melakukan berbagai hal lain yang lebih menyenangkan. Sehingga perhatian kita tersita dan tidak hanya fokus pada urusan belanja online saja.

Mengalihkan perhatian pada berbagai kegiatan menarik dan lebih bermanfaat, akan menghindarkan kita dari godaan belanja online, maka pilihlah kegiatan apa saja yang sesuai keinginan, apakah itu olahraga, membuat kerajinan tangan, belajar bahasa asing, dan masih banyak lagi.

5. Miliki Komitmen yang Kuat

Apapun langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi sifat impulsif berbelanja online, sangat penting bagi kita untuk memiliki komitmen yang kuat sejak awal. Pada dasarnya kebiasaan belanja seperti ini bukanlah hal yang mudah untuk diatasi, sehingga dibutuhkan komitmen dan juga niat yang kuat untuk berubah serta menghindarinya dengan tepat.

Lebih Bijak Saat Berbelanja

Sikap impulsif berbelanja online bisa saja menjadi kebiasaan buruk yang menguras banyak uang tentunya. Hindari hal ini dengan langkah yang tepat, agar berbagai masalah keuangan tidak muncul di kemudian hari. Bersikap bijaklah saat berbelanja, maka akan menghindarkan Anda dari masalah yang satu ini.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: