Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah - Jika Anda  bekerja sebagai karyawan perusahaan, tentu setiap hari kerja harus menghadapi berbagai rintangan sebelum sampai ke kantor, misalnya kemacetan. Selain itu ketika pulang ke rumah dan dihadapi lagi oleh kemacetan di jalan, pastinya Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu di perjalanan pulang. Ditambah lagi, ketika sudah tiba di rumah dari kantor, tentu Anda akan merasa sangat lelah dengan begitu waktu pulang biasanya memutuskan untuk langsung beristirahat.
Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah
Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah

Tentu hal ini akan mengurangi waktu untuk bersenang-senang dengan keluarga. Nah, dengan kerja di rumah bisa menjadi salah satu pilihan terbaik jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Memang ketika membahas sebuah pekerjaan tentu akan ada keuntungan dan kerugian. Ini dia beberapa kerugian yang akan Anda dapatkan jika memilih untuk bekerja di rumah sekaligus solusinya, antara lain:

Kerugian Bekerja di Rumah

1. Kurangnya Pergaulan


Biasanya ketika banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di rumah, Anda akan dihadapkan oleh sebuah kendala yaitu kurangnya pergaulan. Mengapa demikian? Karena biasanya Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu bersosialisasi melalui media sosial dan internet dan membuat Anda jarang berkomunikasi langsung dengan orang di sekitar rumah karena sibuk dengan pekerjaan.

2. Susah Fokus


Ketika tujuan  bekerja di rumah adalah untuk menghindari terhabisnya banyak waktu di perjalanan menuju kantor dan juga perjalanan pulang ke rumah. Memang hal tersebut  bisa menjadi salah satu alasan memilih bekerja di rumah. Tetapi, ternyata ada kerugian yang akan Anda dapatkan ketika bekerja di rumah, yaitu susah untuk fokus.

Hal ini disebabkan adanya gangguan yang sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi. Gangguan ini datang dari orang-orang yang juga tinggal bersama seperti, anak-anak dan suami.  Tentu, Anda akan susah untuk menolak ajakan mereka jika ingin melakukan beberapa aktivitas bersama seperti saat anak mengajak bermain atau membantunya mengerjakan PR.

Solusi Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah


Nah, untuk  mengatasi kerugian yang akan didapatkan jika memilih untuk bekerja di rumah adalah dengan membicarakan secara langsung dengan anggota keluarga yang tinggal serumah dengan Anda, juga jangan lupa memberikan kejelasan pada mereka untuk tidak mengganggu ketika sedang bekerja. Selain itu ada beberapa cara lain agar kegiatan bekerja di rumah menjadi lebih kondusif dan tenang.


1. Memiliki Ruang Kerja Sendiri


Anda bisa mengatasi ini dengan membuat sebuah ruangan sendiri khusus untuk bekerja sebagai pemisah Anda dengan anggota keluarga.Dengan adanya ruangan kerja sendiri, bisa menjadikan sebagai penanda jam bekerja. Jadi, jika sedang berada di dalam ruang kerja, tentu anggota keluarga akan segan untuk mengganggu jam kerja sampai keluar dari ruangan tersebut.

2. Dekor Kamar atau Ruangan Bekerja dengan Hal yang Disukai


Memang ketika bekerja di  rumah, rasa bosan dan malas akan lebih mudah datang. Oleh sebab itu, buatlah suasana ruangan kerja semenarik dan senyaman mungkin agar tidak merasa jenuh di dalamnya. Tidak hanya itu, bekerja di rumah juga dibutuhkan kedisiplinan dari dalam diri Anda untuk menyelesaikan tugas pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

3. Mengatur Jam Istirahat dan Makan Siang seperti Saat Bekerja di Kantor


Jangan mudah terlena dengan istirahat yang panjang seperti tidur atau makan selama pekerjaan belum selesai. Ya, memang Anda juga membutuhkan istirahat pada jam-jam tertentu guna menyegarkan kembali tubuh dan pikiran, namun jangan sampai hal ini malah membuat pekerjaan menjadi tertunda.

4. Tetap Luangkan Waktu untuk Bersama Keluarga


Selain itu, jangan sampai  bekerja di rumah ini membuat Anda susah untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar rumah. Sempatkanlah, waktu senggang untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar lingkungan rumah, seperti tetangga. Hal ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi  kejenuhan di dalam rumah. Anda bisa mengikuti acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh tetangga seperti arisan atau acara-acara lainnnya.

Peran Keluarga Menjadi Penting Ketika Bekerja di Rumah

Beberapa kerugian di atas beserta solusi yang akan Anda hadapi ketika memilih untuk bekerja di rumah memang cukup banyak. Untuk itu, jika ingin pekerjaan di  rumah cepat beres maka cobalah untuk menerapkan solusi tersebut. Peran Anda dalam kesuksesan pekerjaan tersebut memang penting, namun orang lain juga berperan penting seperti pengertian dari keluarga dan orang sekitar lingkungan juga tak kalah penting. Karena kalau mereka sudah tahu tentang kesibukan dari pekerjaan, tentu Anda tidak akan merasa terganggu akan kehadiran mereka,  karena mereka sudah mengerti kapan waktunya bersantai dengan Anda dan kapan sibuk bekerja.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: