Tips Mudah Adaptasi di Universitas untuk Mahasiswa Baru - Selamat untuk kamu yang sudah berhasil masuk kampus impian. Kamu yang sebentar lagi akan memasuki dunia perkuliahan tentu harus siap beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang baru. Sebagai anak kampus baru, tentu kamu akan mengalami beberapa kesulitan untuk bisa menyesuaikan diri kamu dengan dunia kampus yang benar-benar berbeda.

Salah satu kesulitan yang akan kamu hadapi adalah membangun sifat mandiri kamu. Saat di sekolah mungkin kamu masih banyak dibantu oleh orang tua dan guru. Tapi di dunia perkuliahan semua harus kamu lakukan sendiri, untuk itu bisa beradaptasi dan bisa membangun hubungan pertemanan yang baik dengan teman-teman kampus yang baru akan sangat membantu kamu selama kuliah.

Tentu akan sulit bersosialisasi dengan teman baru jika kamu saja sulit atau tidak mau menyesuaikan diri kamu dengan sistem dan lingkungan kampus kamu yang baru. Untuk itu, ini dia beberapa tips mudah yang bisa mempermudah kamu yang baru jadi mahasiswa untuk beradaptasi di kampus baru.

1. Membuka Diri dengan Orang-Orang Baru

Bagaimana kamu bisa mendapat teman baru, jika kamu saja selalu tertutup dan bersikap defensive ketika di dekati. Memiliki teman selama kuliah adalah hal yang sangat penting, karena akan ada banyak tugas yang harus dikerjakan sebagai tim atau kelompok. Jadi bagi yang selama ini memiliki kepribadian agak tertutup cobalah untuk lebih membuka diri untuk kenyamanan masa kuliah kamu sendiri.

2. Cari Tahu Informasi Sebanyak-Banyaknya Tentang Fakultas atau Jurusan yang Kamu Pilih


Agar kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika mencoba membiasakan diri kamu, tentu bekali diri kamu terlebih dahulu dengan informasi dasar tentang fakultas dan jurusan pilihan kamu. Seperti mencari tahu seperti apa lingkungan gedung fakultas kamu, seperti apa sistem pembelajarannya, karena biasanya setiap fakultas atau jurusan di sebuah universitas memiliki sistem yang agak berbeda baik dari sisi administrasi atau belajarnya.

3. Tidak Malu untuk Bertanya Mengenai Berbagai Informasi Seputar Universitas kepada Senior di Kampus

Malu bertanya sesat di jalan

Senior di kampus itu tidak semenyeramkan dengan yang sering kamu lihat di film-film atau sinetron Indonesia. Banyak kok senior-senior yang sebenarnya tidak masalah untuk membantu atau bahkan direpotkan oleh para juniornya.

Jadi, kubur dalam-dalam gambaran senior galak di kepala kamu, karena siapa lagi yang bisa memberikan kamu informasi tentang universitas atau fakultas selengkap senior kamu yang memang sudah memiliki pengalaman. Jangan malu bertanya dan meminta tolong kepada senior kamu demi kenyamanan masa kuliah kamu.

4. Ikut Klub Fakultas atau UKM Universitas


Dengan mengikuti sebuah organisasi di kampus kamu, baik itu dalam bentuk klub khusus fakultas atau ukm universitas kamu bisa mendapatkan ilmu tambahan yang belum tentu kamu dapat di kelas mata kuliah kamu, ditambah lagi jika klub atau ukm itu ada kaitannya dengan jurusan pilihan kamu, kamu akan lebih mudah lagi mengerjakan tugas-tugas kuliah, karena kamu punya akses yang lebih banyak dari pengalaman kamu melakukan kegiatan klub atau ukm.

Manfaatkan Masa Kuliah untuk Memaksimalkan Potensi Terbesar Kamu

Nikmati masa kuliah kamu semaksimal mungkin, tidak seperti saat kamu masih dimasa sekolah, ketika menjadi mahasiswa, universitas akan menyediakan lebih banyak fasilitas dan ruang untuk meningkatkan potensi dan bakat kamu. Akan sayang sekali jika kamu tidak memanfaatkannya, karena hal itu akan sangat membantu dalam karir kamu nanti setelah lulus kuliah.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: