5 Cara ini Bikin Bebas Utang Meski Gaji Minim - Memiliki utang menjadi salah satu masalah keuangan yang bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya, orang dengan pendapatan yang pas-pasan lebih rentan untuk berutang dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan harian ataupun untuk keperluan yang lainnya.

Menghilangkan godaan untuk mengajukan pinjaman ketika pendapatan yang diterima tidak mencukupi memang tidak mudah. Ditambah lagi dengan naiknya harga kebutuhan sehari-hari serta banyaknya tagihan rutin yang wajib dibayar disaat gaji tidak berkembang.

Meski masih memiliki penghasilan yang bisa dibilang pas-pasan, pengelolaan keuangan yang baik tentu bisa membuat seseorang bisa terbebas dari risiko memiliki utang. Sebagai panduan, berikut Cermati.com berikan beberapa cara efektif agar terhindar dari utang meski memiliki pendapatan kecil yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Anggarkan Pengeluaran Seminimal Mungkin


Dengan kondisi pemasukan yang mungkin masih belum memadai, cara termudah agar sirkulasi keuangan tetap terkontrol adalah dengan menekan pengeluaran. Hal ini bisa dilakukan agar Anda tidak perlu berutang untuk memenuhi segala kebutuhan pokok. Ketika membuat anggaran, perhitungkan dengan baik segala keperluan yang dibutuhkan agar pengeluaran bisa menjadi sepadat mungkin. Saat jumlah pengeluaran menjadi semakin kecil, kondisi keuangan dapat terkontrol.

2. Berhemat


Mengelola keuangan sesuai dengan anggaran yang telah dibuat juga perlu diimbangi dengan kebiasaan untuk berhemat agar hidup bisa terhindar dari utang. Jika sering makan di luar, mulai biasakan untuk memasak sendiri dan bawa bekal saat bekerja. Menyiapkan bekal sendiri tentu jauh lebih murah daripada harus membeli makanan dari luar. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih produktif ketika di rumah.

Meski harus berhemat dan menekan jumlah pengeluaran, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan gizi secara lengkap dengan memilih bahan makanan yang menyehatkan, misalnya untuk memenuhi kebutuhan protein, pilih telur ataupun tempe sebagai lauk dan hanya membeli makanan kesukaan sesekali saja.

Mengganti beberapa kebiasaan di waktu luang juga bisa menjadi salah satu cara untuk hemat. Ketika sedang santai, Anda mungkin terbiasa untuk mengisi waktu dengan melakukan hal-hal seperti menjelajah internet. Kegiatan seperti menonton video di YouTube dan juga bermain game online perlu dikurangi jika Anda berniat untuk memulai hidup hemat. Lebih baik ganti kebiasaan buruk tersebut dengan kegiatan positif lainnya seperti berolahraga atau kegiatan lainnya yang membutuhkan modal minim.

3. Mulai Berinvestasi

Menghindari berutang di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan cara berinvestasi sejak dini. Karena investasi merupakan bentuk lain dari menabung, maka saat menjalankannya, Anda bisa menyiapkan kondisi keuangan di masa depan. Zaman sekarang ini juga ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih dengan modal yang minim.

Selain berfungsi untuk menyimpan uang, melalui investasi juga dapat membuat dana tersebut menjadi berkembang alias memberikan Anda keuntungan yang banyak. Meski ada kemungkinan mengalami kegagalan, dengan memilih instrumen yang cocok, tingkat keberhasilan saat berinvestasi akan menjadi semakin tinggi.

Jika ingin mulai berinvestasi, jangan memaksakan diri untuk menggunakan sebagian besar gaji, apalagi hingga membuat beberapa keperluan harian menjadi tidak terpenuhi. Cukup sisihkan sekitar 10% dari total gaji untuk diinvestasikan.

4. Cermat Sebelum Membeli

Ketika menginginkan barang yang bukan prioritas dalam kehidupan sehari-hari, Anda harus lebih cermat sebelum memutuskan untuk membelinya. Terlebih lagi jika barang tersebut dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

Buatlah pertimbangan yang matang terlebih dahulu mulai dari tingkat kebutuhan, harga, hingga manfaat jangka panjang dari barang yang Anda inginkan. Cara ini bisa membantu pengeluaran menjadi lebih bijak dan menghindarkan diri dari keinginan belanja hanya karena lapar mata.

5. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Pemakaian kartu kredit yang praktis, tidak jarang akan membuat seseorang menjadi lebih konsumtif. Meski belum memegang uang yang cukup untuk membeli sebuah barang, seseorang bisa mendapatkannya dengan menggunakan fasilitas kartu kredit dan tinggal membayar tagihannya kemudian hari.

Penggunaan kartu kredit yang tidak terencana seperti selalu mengandalkannya untuk memenuhi setiap keinginan tentu memicu gaya hidup yang boros dan pasti akan merugikan diri sendiri. Jika sudah tiba saatnya untuk membayar tagihan dan belum memiliki uang yang cukup, satu-satunya opsi yang harus dilakukan adalah dengan berutang.

Agar terhindar dari utang yang diakibatkan dari penggunaan kartu kredit yang berlebihan, usahakan untuk selalu membayar belanjaan dengan uang cash dan tentunya selalu pastikan jika ingin membeli sesuatu tabunglah terlebih dulu sejak jauh-jauh hari.

Kelola Keuangan dengan Penuh Tanggung Jawab

Dengan pendapatan yang minim, mengelola keuangan dengan penuh tanggung jawab menjadi kunci penting agar finansial tidak mengalami kendala. Menekan jumlah anggaran, menjalani gaya hidup hemat, serta menentukan langkah yang tepat dalam menjaga kestabilan keuangan adalah upaya yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari utang.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: