6 Pilihan Karir/Pekerjaan Terbaik untuk Kamu Pecinta Olahraga - Siapa yang tidak senang dengan situasi dimana karir dan hobi berada dijalur yang sama. Tentu akan sangat menyenangkan untuk bekerja dan dibayar dengan melakukan kegiatan yang paling disukai. Jaman sekarang segala jenis hobi bisa tidak hanya ampuh untuk buang stress tapi juga mencari pundi-pundi uang bahkan berpeluang mendapatkan popularitas.


Bekerja di bidang olahraga tidak harus selalu milik para calon atlit profesional atau para pengamat atau komentator olahraga yang sudah sering mondar-mandir di berbagai acara olahraga di televisi. Kamu yang cuman penikmat dan penggemar juga bisa memanfaatkan hobi kamu sebagai job baru yang bisa menghasilkan juga.

Ini dia beberapa contoh pekerjaan dibidang olahraga yang bisa dilakukan untuk kamu para penggemar dan penikmat acara olahraga:

1. Vlogger/Youtuber Olahraga


Buatlah video bertema olahraga dengan berbagai tema dan dipenuhi dengan berbagai kegiatan menyenangkan terkait dengan jenis olahraga yang kamu senangi. Contohnya jika kamu pecinta olahraga sepak bola, jangan hanya membuat video monoton seperti menjadi ala-ala komentator olahraga ketika menonton pertandingan lewat tv atau streaming online.

Tapi cobalah merekam segala proses yang harus dilakukan ketika ingin benar-benar datang langsung menonton pertandingan sepak bola, seperti dimana harus membeli tiketnya, spot tempat duduk dimana yang paling nyaman, bagaimana cara mencari tahu jadwal pertandingan dari klub sepakbola kesayangan.

Edit dan kemas sekreatif mungkin, perbanyak ilmu vlogging kamu dengan banyak membaca artikel bagaimana cara menaikkan ranks konten, cara mempromosikan video dan lain sebagainya. Namun yang paling penting adalah jangan hanya sekedar membuat konten yang menghibur tapi juga informatif dan edukatif.

2. Instruktur Olahraga

Jika ingin ketahap yang lebih profesional lagi, cobalah mendaftar menjadi instruktur olahraga. Menjadi instruktur olahraga kamu diwajibkan untuk melakukan beberapa tahap uji coba sebelum akhirnya bisa secara profesional memulai karir kamu sebagai seorang instruktur olahraga.

Seorang instruktur tentu memiliki tanggung jawab yang besar terhadap orang-orang yang dibimbingannya. Menjadi seorang instruktur olahraga kamu tidak hanya menjadi mentor tapi juga konselor untuk orang-orang yang kamu pimpin dalam mendapatkan pola, jenis dan gerakan olahraga apa yang tepat.

Misalnya jika kamu menjadi instruktur olahraga jenis olahraga senam. Kamu harus bisa memberikan tips kepada orang-orang yang mengikuti kelas olahraga kamu tentang gerakan senam apa yang tepat untuk mengecilkan lengan atau menghilangkan sakit leher dan hal lainnya.

3. Terapis Fisik (Fisioterapi)

Jika kamu adalah lulusan jurusan Fisioterapi dan merupakan pecinta dan penggemar olahraga pada saat yang sama. Kenapa tidak mencoba untuk menjadi seorang terapis fisik para atlit. Keuntungan dari job ini tentu saja kamu bisa nonton pertandingan secara gratis, bisa dekat dengan atlit favorit bahkan kamu bisa mendapatkan banyak ilmu tentang kerja anatomi dan ortopedi lebih baik karena bekerja langsung dengan para atlit yang memiliki aktivitas fisik yang tinggi.

4. Fotografer Olahraga

Menjadi fotografer olahraga bisa dikatakan menjadi pekerjaan yang sangat bergengsi untuk para penggemar dan pecinta olahraga. Bagian paling menyenangkan dari menjadi fotografer olahraga adalah kamu berkesempatan travelling kemana-mana baik luar atau dalam negeri sesuai secara gratis, baik jika kamu fotografer tetap yang bekerja di naungan perusahaan tertentu atau freelancer.

Selain travelling gratis, keuntungan lain menjadi fotografer olahraga adalah kamu bisa menjalin jaringan profesional dengan banyak orang kompeten lainnya di bidang olahraga. Dengan semakin banyak kamu memiliki relasi yang baik semakin mudah untuk kamu memanfaatkan fasilitas olahraga dalam menjalankan pekerjaan kamu sehingga kualitas dokumentasi kamu pun semakin baik.

5. Jurnalis Bidang Olahraga

Sekarang menjadi seorang Jurnalis di bidang olahraga tidak lah sulit, kamu tidak harus lulusan khusus jurnalis atau komunikasi untuk bisa menekuni profesi ini. Menjadi pecinta sejati olahraga merupakan syarat yang cukup untuk bisa jadi seorang jurnalis bidang olahraga. Urusan menulis dengan baik semua bisa dipelajari dari internet. Tapi kalo passion?

Keuntungan menjadi jurnalis dibidang olahraga adalah kamu bisa ikut menonton banyak pertandingan dan event olahraga secara gratis dimanapun. Kamu pun bisa menuangkan banyak pendapat kamu mengenai berbagai hal tentang berbagai kejadian menarik yang kamu alami selama mengikuti berbagai acara olahraga.

6. Sport Event Planner/Coordinator


Menjadi seorang koordinator acara olahraga kamu akan bertemu dengan banyak perwakilan tim hingga atlet mulai dari proses awal sampai akhir acara. Pekerjaan seorang koordinator di acara olahraga termasuk mengatur akomodasi para atlit dan perwakilan klub atau organisasinya, membuat jadwal acara, mempersiapkan keamanan, venue, mengakomodir media, tim medis hingga mengurus segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan acara.

Lowongan untuk menjadi bagian dari koordinator event olahraga biasanya bisa banyak kamu temukan di berbagai situs yang khusus mencari freelancer atau kebanyakan istilah yang dipakai ‘pay volunteer’ karena biasanya acara-acara olahraga khususnya acara olahraga yang bertingkat nasional dan internasional membutuhkan banyak orang yang terlibat dari ratusan hingga ribuan.

Pilih yang Sesuai dengan Passion Kamu

Pilih jenis pekerjaan dari hal yang kamu senangi yang paling sesuai dengan kepribadian kamu. Semakin cocok pekerjaan yang dipilih dengan kepribadian kamu makan akan semakin baik hasilnya karena siapa yang akan setengah-setengah mengerjakan hal yang paling disenangi, menghasilkan pula.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: