Dear Fresh Graduate, 7 Profesi ini Jadi Idaman Generasi Milenial - Bagaimana hasil sidang skripsimu, sudah dinyatakan lulus kan? Yeaayy, selamat buat kamu yang sudah lulus dan resmi menyandang gelar sarjana, akhirnya sudah tidak ada beban pelajaran yang menumpuk lagi.

Namun kamu jangan bersenang hati dulu, sebab selesainya kuliah bukanlah akhir dari segalanya. Justru ini adalah awal kamu memulai kehidupan yang baru dimana harus mengatur hidupmu dengan baik hingga mencari pekerjaan.

Nah, menyoal pekerjaan ini sering kali menjadi perdebatan dalam diri para fresh graduate. Hal ini dikarenakan sebagian dari mereka yang merupakan masih kalangan milenial tidak sabar membangun karier dalam berprofesi. Misalnya saja, baru beberapa bulan bekerja tapi sudah memiliki pemikiran kalau pekerjaan yang ditekuninya tidak sesuai atau tidak ada kemajuan.

Adapaun profesi yang diidam-idamkan milenial, yaitu bisa memberikan penghasilan yang cukup tinggi untuk memenuhi gaya hidupnya, tapi mereka juga sangat mempertimbangkan beban pekerjaan tersebut. Bila beban pekerjaannya cukup tinggi dan tidak sesuai dengan keinginan atau passion, tentunya tidak akan lama bertahan.

Jika kamu adalah milenial yang baru saja lulus kuliah dan sedang mencari profesi idaman, berikut terdapat tujuh profesi yang bisa kamu dicoba.

1. Web Developer


Web Developer merupakan seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Tugas profesi ini menjadi penghubung dari seluruh sumber daya yang dibutuhkan ketika pembuatan website sedang berlangsung, antara lain database, mengatur domain, tampilan web dan lainnya.

Profesi ini tentunya tidak akan membuat beban pekerjaan menjadi berat kalau pada dasarnya kamu telah memiliki pengetahuan dasar mengenai web developer. Apalagi profesi ini juga memiliki penghasilan yang lumayan. Dikutip dari myjobstreet.jobstreet.co.id, penghasilan fresh graduate untuk web developer mulai dari Rp3,5 juta-Rp4 juta. Bila keahlian semakin bertambah, maka kemungkinan besar bisa memperoleh gaji hingga Rp13 juta.

2. Software Engineer

Software Engineer menjadi salah satu pekerjaan IT yang juga memiliki penghasilan tinggi. Menurut data yang diperoleh dari myjobstreet.jobstreet.co.id gaji staff software engineer adalah Rp5 juta-Rp7 juta. Sementara bagi yang sudah profesional bisa mencapai belasan juta rupiah.

Profesi ini menugaskan seseorang untuk melakukan semua aktivitas yang bersangkutan dengan engineering (analisa, rekayasa, spesifikasi, implementasi dan validasi. Rangkaian tugas ini demi mencapai tujuan yaitu menghasilkan sebuah produk berupa perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah pada berbagai bidang.

3. Perbankan

Orang dulu memiliki pandangan kalau anaknya harus kerja di bank, sebab ini menjadi tanda kalau kerja di bank artinya orang sukses. Pandangan yang seperti ini tentunya masih berlaku di zaman sekarang, lho!

Tak sedikit fresh graduate yang memiiki keinginan untuk bekerja di bank, baik itu menjadi teller hingga analis perbankan yang tugasnya menganalisa, merencanakan dan mengevaluasi sistem yang dijalankan. Selain lebih terlihat mengagumkan, sebagai pekerja bank di Indonesia juga memiliki gaji yang lumayan. Menurut sepulsa.com gaji fresh graduate di bank berkisar antara Rp3,5 juta – Rp 7,5 juta tergantung dari posisinya.

4. Desainer Grafis


Tak heran dengan perkembangan perusahaan yang mulai masuk ke dunia digital maka disinilah desainer grafis mengambil perannya. Profesi yang juga disebut sebagai perancang grafis ini memiliki tugas untuk membuat sebuah ilustrasi, tipografis, fotografi atau grafis motion yang dibutuhkan perusahaan untuk menunjang tampilan di website atau media sosial yang digunakan.

Sebagai desainer grafis tentunya harus pandai dalam menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk atau klien dalam bentuk desain yang menarik. Untuk itu, kreativitas tinggi sangat penting dipertimbangkan, mengingat semakin tinggi keahlian yang kamu miliki maka akan semakin besar juga gaji yang kamu dapatkan. Data yang diperoleh dari myjobstreet.jobstreet.co.id gaji fresh graduate untuk desainer grafis mulai dari Rp3 juta-Rp3,5 juta, sedangkan bagi yang sudah profsional bisa mencapai Rp7 juta.

5. Blogger, Selebgram dan Youtuber


Sekarang ini, blogger, selebgram dan youtuber sudah menjadi sebuah profesi idaman banyak orang, apalagi milenial. bagaimana tidak? Kegiatan ketiganya ini hampir terbilang sama, yaitu mempromosikan produk yang dijual klien. Adapun perbedaannya, yaitu hanya dalam penyajiannya saja, blogger dalam bentuk tulisan, selebgram berupa foto/video singkat dan youtuber berupa video dengan durasi panjang.

Beberapa bisnis seperti kuliner, destinasi wisata, perhotelan, fashion, kosmetik dan lainnya memanfaatkan jasa mereka untuk mempromosikan bisnisnya. Dengan ulasan yang menarik itulah bisa menarik perhatian khalayak yang melihatnya, sehingga bisa menggugah hati ingin mengunjungi atau membeli produk yang dijual. Maka sekarang ini banyak bermunculan fashion dan beauty blogger atau vlogger (youtuber) dan masih banyak lagi.

Jangan salah, walau hanya mengulas produk saja, harga jasa ketiga profesi ini sangat beragam, yaitu mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per ulasan tergantung dari kreativitas yang dimiliki. Belum lagi penghasilan dari adsanse atau iklan yang terpasang di bloggnya dan youtubenya.

6. Dagang Online


Sekarang ini untuk memulai dagang baju, kosmetik, hijab dan sebagainya tidak perlu lagi membutuhkan modal untuk menyewa tempat yang nantinya dijadikan toko. Sebab, kebanyakan orang sudah lebih suka membeli suatu barang lewat online, baik itu dari media sosial (Facebook dan Instagram) atau e-commerce (Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya).

Tak perlu khawatir tidak ada modal untuk membeli stok barang, kamu bisa memulainya jadi dropshiper terlebih dahulu yang sama sekali tidak butuh modal. Setelah uang terkumpul, barulah kamu bisa membeli stok barang. Banyaknya pembeli tentunya juga akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Jangan heran kalau sekarang ini toko online lebih maju ketimbang toko offline.

7. Bisnis Kuliner

Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan menjamurnya bisnis kuliner terutama kafe-kafe di Indonesia yang menghidangkan makanan dari tradisional hingga makanan yang dikreasikan dan berbagai macam minuman mulai dari jus hingga kopi.

Ya, melihat industri makanan dan minuman yang enggak akan ada habisnya ini, sebaiknya tak ada salahnya untuk mencoba bagi kamu yang tertarik di bisnis kuliner. Siapa tahu bisnis kuliner ini bisa membawa kamu menjadi jutawan muda.

Untuk membangun bisnis ini memang membutuhkan banyak modal, namun jangalah kamu jadikan sebagai hambatan. Banyak cara untuk mendapatkan modal tersebut, bisa melalui pinjaman orang tua atau pinjaman online p2p lending.

Pilih Profesi yang Tepat sesuai Passion!

Menentukan sebuah profesi memang tak semudah membalikan telapak tangan. Jurusan yang diambil semasa kuliah belum tentu menjadi profesi yang sesuai dengan passion. Bila hingga saat ini masih bingung, kamu bisa menentukan profesi berdasarkan hobi atau kegiatan yang paling kamu sukai, seperti menulis, traveling, make up, komputer dan sebagainya. Profesi berdasarkan passion tentunya akan membuat kamu nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga pintu kesuksesan bisa digapai dengan mudah.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: