Ini Dia Perbedaan antara Tahi Lalat Normal dengan yang Ciri-Ciri Kanker - Tahi lalat dimiliki oleh hampir semua orang. Bentuk dan ukuran tahi lalat biasanya akan berbeda pada masing-masing orang. Untuk kebanyakan orang, benda ini kerap dianggap sebagai tanda lahir, terutama jika terdapat pada area yang tertentu yang letaknya khas, seperti ujung hidung atau bahkan area sudut bibir.

Pada dasarnya tahi lalat ini adalah hasil pigmentasi warna pada kulit secara berkelompok, sehingga wajar saja jika seseorang bisa memiliki lebih dari satu tahi lalat pada tubuhnya.

Meski kebanyakan tahi lalat sudah terbawa sejak lahir, namun bisa saja tahi lalat ini justru tumbuh seiring dengan berlalunya waktu ketika seseorang dalam masa pertumbuhan hingga mencapai usia remaja.

Namun di dalam pertumbuhannya, tahi lalat ini bisa saja berubah menjadi sel kanker kulit (melanoma) yang sangat berbahaya. Hal ini tentu patut diwaspadai, mengingat kehadiran tahi lalat ini pada area tubuh bahkan kerap tidak disadari oleh pemiliknya. Lalu, bagaimana caranya membedakan tahi lalat dengan melanoma yang belakangan ini semakin banyak ditemukan?


Kenali Perbedaan Tahi Lalat dengan Melanoma dengan Baik

Untuk menjaga tubuh dari melanoma, sangat penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam membedakan tahi lalat yang normal dengan melanoma itu sendiri. Hal ini penting, terutama jika pada area tubuh terdapat tahi lalat yang tumbuh secara tiba-tiba. Meski tampak tidak begitu berbahaya, namun pastikan jenis tahi lalat ini dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan tahi lalat normal dengan melanoma:

1. Warna dasar


Pada dasarnya setiap orang bisa saja memiliki warna tahi lalat yang berbeda-beda, bahkan untuk beberapa tahi lalat yang terdapat pada tubuh satu orang. Namun secara garis besar, warna tahi lalat yang normal adalah seperti berikut: biru-keabuan (Mongolian spot), keunguan (hemangioma), kecoklatan, noda kemerahan (salmon patches), atau bahkan hitam legam.

Biasanya orang yang memiliki rambut gelap ataupun warna kulit yang cenderung gelap, akan memiliki warna tahi lalat yang lebih gelap juga, jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki warna kulit serta rambut terang. Jika satu tahi lalat memiliki kombinasi warna, maka hal ini bisa saja menandakan adanya sel kanker di sana.

2. Bentuk dan jumlahnya


Tahi lalat yang normal pada umumnya berbentuk bulat sempurna atau bahkan oval dengan diameter kurang dari 6 milimeter saja. biasanya tahi lalat ini tumbuh menyatu dengan kulit, atau bahkan sedikit timbul ke permukaan kulit dan bisa saja memiliki beberapa helai rambut halus.

Ketika sudah dewasa, rata-rata orang akan memiliki tahi lalat sebanyak 10 atau lebih pada area tubuh mereka. Namun jika jumlah tahi lalat ini semakin banyak dan muncul secara tiba-tiba dengan bentuk yang tidak normal, maka akan sangat baik untuk segera memeriksakannya ke dokter.

3. Bagian tepi (pinggiran)


Tahi lalat yang normal juga biasanya akan memiliki warna yang sama pada keseluruhan bagiannya. Jika terdapat perbedaan warna antara bagian tengah dan bagian tepi tahi lalat, di mana bagian tepinya lebih pudar atau bahkan lebih pucat, maka hal ini bisa jadi pertanda tumbuhnya sel kanker di area tersebut.

4. Bentuk yang asimetris


Tidak harus selalu bulat sempurna, tahi lalat yang normal juga bisa saja memiliki bentuk lainnya, namun masih tetap asimetris antara satu sisi dengan sisi lainnya. Ketika tahi lalat memiliki bentuk yang tidak asimetris dan tumbuh lebih cepat pada salah satu bagian, maka hal ini bisa saja menjadi pertanda adanya pertumbuhan sel kanker yang perlu diwaspadai.

Cermati perubahan bentuk, warna, dan ukuran

Tahi lalat yang normal biasanya tidak lagi mengalami perubahan, terutama ketika seseorang sudah dewasa. Jika tahi lalat tiba-tiba mengalami perubahan bentuk, warna, ataupun ukuran, maka hal ini bisa saja menjadi pertanda adanya pertumbuhan kanker di area tersebut. Pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan secara rutin, dan segera hubungi dokter ketika tahi lalat mengalami salah satu atau bahkan beberapa perubahan di atas.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: