Inilah Segudang Manfaat Jamu yang Perlu Anda Ketahui - Bagaimana kabar Anda hari ini? Sehat atau malah sedang sakit? Pergantian musim dari musim panas ke musim hujan atau sebaliknya biasanya banyak yang mengeluh sakit ya.

Sebenarnya ini karena daya tahan tubuh kita menjadi lemah saat perubahan cuaca secara drastis. Bersyukurlah untuk Anda yang sedang sehat, bagi Anda yang sedang sakit sebaiknya rajin berolahraga, penuhi asupan bergizi seimbang untuk tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, Anda juga bisa rutin meminum jamu untuk mengobati dan menghindari dari terkena beberapa penyakit.

Jamu adalah tanaman tradisional yang biasa dimanfaatkan sebagai obat dan juga rempah masakan. Hingga saat ini pun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memperbolehkan adanya pengobatan menggunakan obat tradisional dengan syarat sudah teruji secara klinis.

Selain itu, berdasarkan Data Penelitian Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas menunjukkan bahwa di tahun 2013, 60% dari penduduk Indonesia dengan rentang usia 15 tahun ke atas sudah pernah mengkonsumsi jamu. Hasilnya, 95% dari semua yang mengkonsumsi jamu telah merasakan manfaatnya sendiri.

Anda tertarik mencobanya? Coba Anda pelajari lagi manfaat jamu agar Anda bisa mengetahui lebih lanjut betapa berkhasiatnya tanaman herbal yang tumbuh di tanah Indonesia kita ini.

1.Kunyit


Kunyit merupakan rimpang yang sangat multifungsi. Selain bisa dimanfaatkan sebagai obat juga bisa untuk menambah cita rasa masakan. Warnanya yang kuning membuat masakan menjadi lebih berwarna. Manfaatnya bagi kesehatan adalah mampu membantu Anda menyembuhkan penyakit osteoarthritis dan juga penyakit kolesterol tinggi.

Mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu juga berkhasiat untuk mengobati penyakit kuning, radang gusi, diabetes, radang mata, penyakit Alzheimer, dan masih banyak lagi.

2. Jahe

Meskipun rasanya sedikit pedas, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda lhoh. Jadi jangan abaikan jahe dalam kehidupan Anda ya. Aromanya yang sangat menyegarkan mampu mengurangi rasa mual ibu hamil di pagi hari. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah kehangatan saat meminum air jahe.

Mengobati radang sendi, perut kembung, dan juga nyeri saat menstruasi. Meskipun ada dua jenis jahe, jahe biasa dan jahe merah namun keduanya sama-sama memiliki khasiat yang luar biasa. Keduanya bisa dijadikan jamu untuk kesehatan.

3. Kencur

Pernah makan seblak? Pedasnya bukan main? Anda tahu tidak kenapa di seblak tersebut pasti ada kencur? Karena kencur hakikatnya mampu menetralisir rasa pedas agar tidak membuat perut Anda mulas. Selain itu juga melegakan perut kembung dan membuat masakan Anda semakin harum dengan aroma yang khas.

4. Temulawak

Temulawak bisa Anda manfaatkan sebagai antibakteri karena kandungan xantorrhizol nya selain itu juga bisa untuk antiradang, antioksidan, mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, paling ampuh untuk melancarkan peredaran darah. Untuk anak yang tidak mau makan, bisa gunakan temulawak agar meningkatkan nafsu makan anak. Gangguan lain yang bisa diatasi temulawak antaranya sakit kandung empedu, masalah lambung, hati, dan banyak lagi.

5. Jamu Kunyit Asam

Kunyit yang sudah dicampur asam akan memiliki kandungan penawar racun dan menetralisir racun yang mengendap di dalam tubuh. Membuangnya dalam bentuk urin dan keringat. Jamu kunyit asam juga mampu mengatasi pegal-pegal akibat kerja berat atau kecapekan.

Kandungan Vitamin C nya juga mampu membuat kulit Anda lebih cerah dan semakin sehat. Selain rasanya enak, ternyata kaya akan manfaat juga ya.

6. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung, dan rasa mual. Hampir sama seperti temulawak, jamu beras kencur juga mampu meningkatkan nafsu makan Anda lho.

Jadi untuk ibu yang bingung anaknya susah diajak makan, coba ikhtiar menggunakan beras kencur ini agar anak mau makan. Namun, harus sabar dan rutin ya.

7. Jamu Brotowali


Meskipun rasanya cukup pahit, namun ternyata banyak manfaatnya lho. Kandungan alkaloid barberin dan columbinanya mampu membunuh bakteri. Fakta sebenarnya rasa pahit yang didapat dari zat palmatin, kolulin, harsa, glikosida, dan juga zat pati inilah yang merangsang sistem pernafasan agar bisa bekerja dengan baik. Mengejutkan bukan?

8. Jamu Cabe Puyang

Bagaimana dengan jamu yang satu ini? Mungkin beberapa orang masih asing dengan jamu cabe puyang ya. Namun, Anda harus tahu bahwa jamu ini justru memiliki manfaat yang tidak kalah fantastis dari jamu-jamu lainnya. Jamu jenis ini mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh dan juga mampu mengatasi sakit gigi. 

Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda melihat dengan mata yang terbuka tentu Anda bisa merasa bahwa begitu banyak alam memberikan kita obat herbal yang bisa kita manfaatkan dengan cuma-cuma.

Bahkan terkadang kita tidak menyadarinya. Jadi mulai sekarang kenali obat tradisional yang ada agar Anda tidak bergantung pada obat-obatan yang memiliki kandungan kimia.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: