Kenali Dampak Buruk Cahaya Lampu Bagi Kesehatan Tubuh - Apakah Anda tipe orang yang suka tidur dengan lampu menyala? Atau justru tidak bisa tidur dengan keadaan yang terang benderang? Jika Anda adalah tipe orang yang suka tidur dengan lampu menyala, sebaiknya Anda harus tahu dampak buruk yang akan dihadapi di kemudian hari.

Bersyukurlah jika selama ini Anda tidur dengan lampu yang mati atau tidur dalam suasana gelap. Selain bisa lebih menghemat biaya listrik, juga lebih baik untuk kesehatan.

Meskipun ada beberapa jenis lampu yang baik untuk kesehatan seperti lampu berwarna biru terang di siang hari bisa menambah konsentrasi dan menenangkan pikiran. Namun, berbeda jika Anda nyalakan di malam hari, justru akan mengganggu kesehatan.

Menurut hasil penelitian para ahli, tidur di malam hari dengan lampu yang menyala bisa menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan seperti obesitas, depresi pikiran, bahkan parahnya lagi terkena kanker.

Tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi bukan? Jadi lebih baik mulailah membiasakan diri untuk tidur dengan suasana yang gelap atau setidaknya dengan intensitas cahaya yang minim sekali.

Yuk langsung saja kita simak apa saja dampak buruk cahaya lampu bagi kesehatan tubuh:

1. Terjadinya Obesitas atau Kegemukan


Banyak orang beranggapan bahwa obesitas terjadi karena terlalu banyak makan atau tidak pernah berolahraga. Namun, ternyata setelah diteliti faktor obesitas lainnya adalah disebabkan tidur dengan lampu yang menyala. Dampak dari cahaya lampu di malam hari saat tidur ini yang mengubah pola makan hingga Anda akan sulit mengontrol makan. Hal ini menyebabkan berat badan naik secara drastis.

2. Meningkatnya Depresi


Menurut hasil penelitian, tidur dengan lampu menyala akan menimbulkan perubahan fisiologis terhadap tubuh. Ini akan berakibat pada perubahan kondisi tertentu pada otak dan akhirnya menimbulkan depresi. Namun, untuk dampak yang ini masih terus diteliti oleh para ahlinya.

3. Mengganggu Sistem Reproduksi

Terkadang orang yang bekerja dengan pergantian shift lebih rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi. Kenapa? Karena biasanya orang yang memiliki bagian shift malam akan lebih banyak terkena cahaya lampu malam.

Ini tentunya tidak baik untuk kesehatan sistem reproduksi. Terutama jika Anda adalah wanita. Bekerja shift malam seperti inilah yang nantinya akan mengganggu siklus menstruasi. Selain itu juga waktu tidur akan mulai terganggu hingga Anda akan merasa lemas tidak segar saat bangun di pagi hari.

4. Tumbuhnya Sel Kanker


Cahaya lampu di malam hari juga bisa membangunkan sel-sel kanker. Inilah salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker prostat pada pria dan sel kanker payudara pada wanita. Oleh sebab itu Anda perlu berpikir ulang jika ingin tidur dengan lampu yang menyala di malam hari.

Tips Agar Tidur Lebih Aman dan Menyehatkan

Pastikan mematikan semua sumber cahaya satu jam sebelum jam tidur. Sumber cahaya bisa dari komputer, TV, ponsel, dan peralatan lainnya. Ini akan mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh sumber cahaya tersebut.
Jika sudah terbiasa menggunakan lampu tidur, sebaiknya pilihlah lampu tidur dengan warna yang sedikit lebih gelap atau redup seperti merah gelap, dipercaya memiliki efek yang paling rendah jika dibandingkan dengan warna lainnya.
Jika masih terpapar dengan cahaya dari luar kamar, Anda bisa menggunakan penutup mata sebagai penghalang cahaya yang masuk ke dalam mata.
Jangan sekali-sekali menyalakan lampu secara mendadak di malam hari saat terbangun di malam hari. Jika ingin minum air atau ke kamar mandi, Anda bisa menggunakan lampu dengan intensitas cahaya yang lebih redup.
Jika memang terpaksa bekerja di malam hari, sebaiknya istirahat secukupnya di siang hari agar badan tidak lemas saat bekerja. Lebih baik lagi saat istirahat siang hari, usahakan kamar dalam kondisi gelap. Jika masih ada cahaya yang masuk, Anda bisa gunakan penutup mata.
Penting bagi yang bekerja dengan pencahayaan yang terang di siang hari agar membantu mendapatkan tidur yang berkualitas di malam harinya.
Bagi yang takut dengan gelap, sebaiknya berkonsultasi dan lakukan terapi untuk mengatasi fobia terhadap gelap. Ini untuk kebaikan sendiri nantinya.
Tidur dalam Kegelapan Tidak Selamanya Buruk
Bahaya sekali bukan dampak dari cahaya lampu tersebut. Selain banyak manfaatnya juga banyak dampak yang diperoleh jika tidak menggunakannya dengan baik. Jadi bisa dipastikan tidur dalam kegelapan pun tidak selamanya buruk, justru baik untuk kesehatan.

Yuk mulai biasakan diri tidur tanpa lampu.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: