Kerja Online Jadi Alternatif Dapat Penghasilan Cepat dan Mudah, Begini Ulasannya! - Di zaman yang serba modern dengan kecanggihan teknologi digital seperti sekarang ini, istilah susah mendapatkan kerja sepertinya sudah tidak berlaku lagi. Pasalnya, kesempatan untuk bisa bekerja sekarang ini jauh lebih mudah daripada zaman dulu.

Bagi yang masih berjuang mencari pekerjaan, tak ada salahnya untuk mencoba bekerja secara online. Melamar pekerjaan secara konvensional umumnya sulit karena memiliki persyaratan yang cukup banyak.

Hal ini tentu cukup berbanding terbalik saat seseorang berusaha mendapatkan peluang kerja secara online. Tak dapat disepelekan, kerja secara online justru bisa membuat pendapatan Anda menyamai teman yang bekerja di sebuah perusahaan. Bahkan, jika memiliki skill yang unik dan mumpuni, mendapatkan gaji tinggi hingga belasan juta atau lebih dengan kerja online bukan isapan jempol belaka.

Dengan keuntungan yang bisa Anda rasakan, bekerja secara online tidak bisa dipandang sebelah mata saja. Untuk itu, agar lebih memahami tentang kerja online, cara kerja, dan keuntungannya, simak penjelasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Definisi Kerja Online


Pengertian kerja online secara umum adalah sebuah profesi dimana seseorang memanfaatkan media internet untuk mencari penghasilan. Internet digunakan oleh para pekerja online sebagai media penghubung mereka dengan client atau orang yang sedang mempekerjakan mereka.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kerja online adalah sebuah alternatif bagi yang ingin mendapatkan penghasilan. Karena sifatnya yang lebih fleksibel karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, kerja online ini juga banyak dijadikan sebagai kerja sampingan untuk menambah penghasilan.

Syarat untuk menjadi seorang pekerja online juga terbilang lebih mudah ketimbang saat melamar bekerja dengan cara konvensional. Namun, tentunya pelamar harus memiliki kemampuan yang bisa ditawarkan dan dijual kepada para calon client.

Pastinya, semakin Anda mahir dalam skill yang bisa dijual tersebut, serta memiliki portofolio sebagai bukti dari pekerjaan yang pernah dilakukan, mencari sumber penghasilan secara online bukanlah hal yang sulit. Jadi, penghasilan dari bekerja online tersebut juga bisa semakin tinggi.

Keuntungan dan Kerugian Kerja Online


Sebagai salah satu alternatif dalam mencari penghasilan, kerja online layak untuk dipertimbangkan. Disaat tak kunjung mendapat panggilan kerja, Anda dapat beralih untuk berprofesi sebagai pekerja online.

Namun, layaknya seperti jenis pekerjaan lainnya, kerja online juga memiliki keuntungan serta kekurangannya tersendiri. Jadi, untuk Anda yang ingin terjun di dunia kerja online, perlu ketahui dulu plus/minusnya.

Keuntungan yang bisa dirasakan adalah waktu kerja yang fleksibel. Saat menjadi pekerja Online, pekerja dapat mengatur sendiri waktu yang perlu disisihkan untuk bekerja dan yang lainnya.

Pastinya, sebagai pekerja yang tahu persis beban tugas yang harus diselesaikan serta deadline. Jadi, meski memiliki waktu kerja yang bebas, pekerja tetap harus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Pekerja online tidak memiliki aturan yang harus ditepati selama bekerja. Berbeda dengan para karyawan kantor di sebuah perusahaan yang wajib datang tepat waktu dan juga memakai pakaian rapi, pekerja online tidak terpaku dengan aturan tersebut. Jadi, meski hanya memakai pakaian tidur saja, tidak ada masalah saat bekerja.

Anda tidak memerlukan waktu untuk pergi ke kantor. Lain halnya saat bekerja sebagai karyawan kantoran, harus bangun pagi dan bersiap untuk berangkat ke kantor. Seluruh aktivitas tersebut tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Ditambah lagi dengan perjalanan dari rumah ke tempat kerja. Pekerja kantoran dapat menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk pergi ke kantor saja. Alhasil, banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Untuk itu, karena bisa bekerja langsung dari rumah, pekerja online tidak perlu membuang-buang waktu untuk perjalanan ke tempat kerja dan lain sebagainya. Dengan begitu, waktu bekerja menjadi lebih efisien dan juga produktif.

Disisi lain, ada kerugian yang juga dapat dirasakan. Misalnya saja, Anda menjadi lebih mudah merasa jenuh saat bekerja karena tidak memiliki rekan kerja yang bisa diajak ngobrol, diskusi, bercanda dan sebagainya.

Terkadang fokus dalam bekerja secara online juga menjadi terganggu. Memang kerja online dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun, dibalik kebebasan dalam bekerja tersebut, Anda mungkin akan lebih rentan tergoda untuk melakukan aktivitas lain selain bekerja.

Terlebih lagi bagi yang memiliki kepribadian kurang disiplin dan juga mudah terpecah konsentrasinya. Bisa jadi tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu saat bekerja secara online. Jadi, bagi yang berminat untuk kerja online, cari cara agar bisa fokus mengerjakan tanggung jawab dengan tepat waktu.

Bukan hanya itu saja, kebanyakan para pekerja online juga sering merasa kesulitan untuk menilai performa dari pekerjaan yang telah dilakukan. Jika karyawan kantoran biasanya akan langsung mendapat teguran dari atasan saat melakukan kesalahan, hal ini tidak berlaku bagi pekerja online.

Bagi sebagian orang, hal ini bisa jadi sebuah keuntungan dari bekerja secara online. Namun, hal ini dapat berdampak negatif pada kualitas kerja dalam jangka panjang karena lebih sulit untuk berkembang.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin berprofesi sebagai pekerja online, jangan ragu untuk meminta feedback atau masukan dari klien agar kualitas kerja bisa maju dan berkembang menjadi lebih baik.

Rekomendasi Jenis Pekerjaan Online


Pada dasarnya, jenis pekerjaan online tidak jauh berbeda dengan kerja biasa. Yang membedakan hanyalah waktu serta lokasi kerjanya saja. Namun, dari sekian banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara online, ada beberapa pekerjaan yang banyak dipilih oleh para pekerja online.

Salah satunya adalah dengan menjadi web designer dan web developer. Kedua pekerjaan ini cukup populer dilakukan oleh pekerja online karena lowongannya juga cukup banyak tersedia.

Saat menjadi web designer atau web developer, pekerja harus paham tentang tata cara pembuatan serta pengelolaan sebuah website. Semakin mahir dalam mengutak-atik sebuah website menjadi lebih baik, profesi sebagai web designer atau web developer dapat memberikan penghasilan yang cukup tinggi.

Selain itu, pekerja online juga banyak yang menjadi penulis. Sifatnya yang cukup mudah dan dapat dilakukan di waktu luang, menjadi penulis banyak dipilih oleh para pekerja online atau freelancer. Tentunya, penghasilan dari menjadi penulis online cukup besar untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Ada banyak pilihan pekerjaan lainnya seperti, penerjemah, blogger, penjual online, dan juga data entry bisa juga dijadikan pilih. Tentunya, sesuaikan jenis pekerjaan dengan kemampuan yang Anda miliki agar kerja online dapat menjadi pekerjaan utama.

Situs Penyedia Kerja Online Terbaik di Indonesia


Menjadi pekerja online mengharuskan seseorang untuk bersikap pro-aktif dalam mencari klien kerja. Untuk itu, Anda harus rutin mengecek situs kerja online dan mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Salah satu situs yang populer dalam mendapatkan kerja online adalah Projects.co.id. Berbeda dengan kebanyakan situs kerja online lainnya, di situs tersebut calon pekerja online  dapat melihat klien yang sedang membutuhkan freelancer untuk mengerjakan project mereka. Pastinya, Anda harus menawar pekerjaan tersebut, termasuk tarif kerja dan juga bukti kerja agar klien tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Selain itu, ada Sribulancer.com dan juga Freelancer.co.id yang juga menerapkan sistem yang hampir sama. Namun, untuk dapat memperoleh pekerjaan di dua website tersebut Anda harus memiliki kualifikasi yang lebih tinggi.

Lalu, ada dua situs kerja online yang mewajibkan para klien untuk membayar pekerja online dengan nominal uang Rp. 50.000. Jika berminat, Anda dapat mencari kerja online di Gobann.com dan Serba50ribu.com.

Perusahaan yang Memperbolehkan Karyawan Bekerja Online  

Menjadi salah satu jenis pekerjaan yang cukup populer sekarang ini, tak sedikit perusahaan yang kini memperbolehkan karyawannya untuk bekerja secara online. Seleksinya pun juga tak terlalu sulit bagi Anda yang belum memiliki pengalaman sekalipun.

Bagi yang baru saja lulus sebagai fresh graduate, tidak ada salahnya untuk bekerja sebagai penerjemah di 1-800-Translate. Tak perlu lulusan dari jurusan Bahasa, Anda dapat melamar menjadi translator di situs ini dengan memegang gelar sarjana apapun.

Selanjutnya ada Appen yang juga mencari pekerja secara online. Di Appen, seseorang dapat memilih sendiri jenis pekerjaannya, seperti, penerjemah, peneliti internet, dan juga evaluator mesin pencari internet. Dengan gaji mencapai 14 USD per jam, menjadi pekerja online di Appen cukup menjanjikan.

Perusahaan komputer ternama, Dell, juga tak mau kalah dalam memanfaatkan pekerja online. Meski sebuah perusahaan yang cukup besar di bidangnya, Dell tidak mewajibkan pekerjanya untuk pergi ke kantor dalam menyelesaikan tugasnya.

Selain Dell, Sun Microsystem juga memperbolehkan karyawannya untuk bekerja secara online. Perusahaan ini juga membuka lowongan untuk para ahli IT dari seluruh dunia untuk menjadi teknisi disana. Jadi, bagi Anda yang memiliki skill di bidang tersebut, hal ini merupakan kesempatan yang baik.

Terakhir ada Askwonder, sebuah situs yang menjajakan jasa penelitian yang didapatkan dari internet. Tak tanggung-tanggung, banyak perusahaan ternama yang telah menggunakan jasa Askwonder ini dalam mengetahui informasi pasar ataupun tren di dunia bisnis. Jadi, pekerja di Askwonder dapat bekerja dari mana saja asal memiliki akses internet yang baik.

Kerja Online Menjadi Solusi Saat Kesulitan Mencari Kerja

Di tengah ketatnya persaingan para pencari kerja, kerja online dapat menjadi solusi dalam mencari profesi tersebut. Dengan kesempatan kerja yang lebih luas serta keuntungan yang bisa didapatkan, kerja online menjadi salah satu bidang pekerjaan yang kini semakin populer. Untuk itu, bagi yang sedang membutuhkan pekerjaan, kerja online dapat dijadikan salah satu pilihannya. Namun, tetaplah untuk terus belajar mengasah kemampuan dan keahlian yang dimiliki agar karier bisa terus menanjak.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: