Kerja saat Puasa Tetap Lancar dengan Melakukan Ini - Berpuasa pada bulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim. Tapi banyak dari kita yang sudah bekerja pasti akan sulit berkonsentrasi ketika menjalankan ibadah puasa ketika dibarengi dengan bekerja. Bekerja saja sudah melelahkan, ditambah dengan perut yang kosong pasti akan membuat susah fokus dan kurang produktif.

Walaupun begitu, tetap saja berpuasa tidak boleh dijadikan alasan untuk melalaikan kewajiban kamu lainnya, termasuk bekerja seperti biasanya. Memang agak sulit, tapi namanya kewajiban tetap saja harus dijalankan dengan baik itu beribadah dan bekerja. Untuk itu, agar ibadah puasa lancar dan pekerjaan tetap bisa selesai tepat waktu, lakukan lah beberapa hal sederhana di bawah ini:

1. Perhatikan Komposisi Makanan ketika Sahur


Mengetahui kamu akan melakukan aktivitas rutin bahkan ketika bukan berarti kamu jadi berlebihan ketika menyiapkan makanan sahur. Komposisi makanan yang tidak seimbang ketika sahur bukan memberikan efek energi tambahan ketika beraktivitas tapi sebaliknya. Komposisi makanan yang seimbang tetap harus jadi menu utama untuk setiap sahur kamu.

Lakukan: Pastikan kamu selalu menyertakan sayur dan buah-buahan ketika sahur untuk memenuhi kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Kurangi memakan makanan yang digoreng, boleh sekali-sekali tapi jangan sampai setiap hari. Cobalah untuk mencoba membuat makanan rebus seperti sayur ayam sop.

Hindari: Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kalori dan lemak akan membuat kamu lemas dan bahkan sakit kepala ketika beraktivitas.

2. Tidur yang Cukup

Ketika bulan puasa, tidak hanya pola makan yang berubah tapi juga pola tidur. Untuk itu mempersiapkan tubuh kamu sangatlah penting agar tidak mudah sakit ketika beribadah puasa.

Lakukan: Kamu harus tetap bisa tidur yang cukup walaupun terpotong waktu sahur. Kamu bisa mengakalinya dengan tidur lebih awal dari jam tidur kamu biasanya dan coba untuk melakukan tidur siang sejenak ketika jam istirahat kantor.

Hindari: Begadang dan meminum banyak minuman dengan kandungan caffeine yang bisa membuat tidur tidak bisa rileks dan nyenyak

3. Perhatikan Asupan Air Putih


Air putih sangatlah penting untuk tubuh kita. Selain untuk menghindari tubuh dari dehidrasi, mineral pada air putih penting untuk menjaga kadar oksigen di otak yang memiliki efek pada daya konsentrasi kita ketika bekerja.

Lakukan: Nah, karena harus puasa jadi pastikan kamu meminum setidaknya 2-3 gelas air putih ketika sahur. Saat akan makan sahur, ketika selesai dan menjelang imsak.

Pastikan juga untuk tetap meminum setidaknya 2 gelas air putih ketika buka puasa dan 2 gelas saat mau tidur. Dengan melakukan rutinitas ini selama berpuasa maka kebutuhan air putih dan mineral untuk tubuh kamu tetap bisa terpenuhi.

Hindari: Mengonsumsi minuman manis dan dingin terlalu banyak ketika berbuka. Sekedarnya saja jika ingin meminum minuman manis yang dingin dan segar.

4. Melakukan 10 Minutes Breaks setiap 2 Jam Sekali


Ketika kamu terlalu berlarut dalam pekerjaan energi kamu akan menjadi lebih cepat habis. Karena untuk fokus dan berkonsentrasi ternyata menguras energi yang cukup banyak apalagi jika dilakukan terlalu lama dan sedang berpuasa. Kamu bisa-bisa migrain bahkan anemia.

Lakukan: Untuk itu, jika memang sudah terlalu lelah lebih baik kamu mengambil 10 menit untuk mengistirahatkan mata dan tubuh kamu. Selama 10 menit kamu bisa melakukan power nap, mengobrol sebentar dengan rekan kerja atau melakukan peregangan otot badan kamu yang kaku karena terlalu lama duduk dengan posisi yang sama.

Hindari: Terlalu terang mengatur cahaya monitor komputer atau laptop yang digunakan. Cahaya monitor yang terlalu terang atau gelap bisa membuat mata cepat lelah dan menyebabkan pusing kepala.

5. Mengurangi Aktivitas

Bekerja sudah menjadi kegiatan yang memakan banyak energi dan tentu saja bekerja adalah prioritas utama yang artinya usahakan untuk tidak menghabiskan banyak energi untuk hal lain sebelum bekerja. Ingat, untuk bisa fokus dan berkonsentrasi untuk waktu yang lama membutuhkan asupan energi yang banyak pula.

Lakukan: Jogging 30 menit setiap pagi atau menjelang buka puasa jika memang masih ingin tetap disiplin dengan agenda berolahraga kamu setiap harinya.

Hindari: Melakukan hobi yang masuk kedalam aktivitas fisik yang sedikit berat seperti bela diri, menari atau marathon.

6. Bekerja Seefektif Mungkin

Bekerja dibulan puasa bukan berarti porsi pekerjaan kamu berkurang. Justru dengan waktu yang sedikit karena cuti hari raya idul fitri yang cukup panjang kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak yang kamu bisa demi liburan panjang yang tenang dan tanpa beban.

Lakukan: Jika sebelumnya kamu tidak pernah punya daftar prioritas untuk pekerjaan kamu. Sebaiknya kamu selama bulan puasa kamu mencoba membuat daftar prioritas tersebut untuk bisa memilah-milah tugas mana yang bisa diselesaikan dengan tempo yang cepat agar pekerjaan lain yang bisa memakan banyak waktu bisa diatur agar bisa dicicil dan diselesaikan secara tepat waktu.

Selain itu, selama berpuasa lebih baik tidak usah lama-lama dalam menghabiskan jam istirahat. Misalnya kamu biasanya menghabiskan 1 jam ketika jam istirahat, kurangi saja menjadi 30 menit. Lagipula bekerja dapat mengalihkan perhatian kamu dari rasa lapar dan haus selama berpuasa.

Hindari: Mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus. Multitasking membutuhkan fokus yang tinggi dan tentunya memakan energi yang lebih banyak. Hal ini bisa mengganggu tidak hanya puasa tapi produktivitas kamu.

7. Merencanakan Buka Puasa Bersama dengan Teman Kantor


Mengadakan buka puasa bersama dengan teman kantor bisa menaikan mood kamu jadinya kamu bisa sedikit lebih bersemangat ketika bekerja.

Lakukan: Membicarakan hal-hal kecil menyenangkan seperti takjil, menu makanan dan tempat makan untuk buka puasa nanti dengan teman-teman kantor pasti akan membuat kamu menjadi lebih semangat dan mengingat ada yang dinantikan ketika setelah lelah bekerja selama berjam – jam.

Hindari: Melalaikan pekerjaan hanya untuk merencanakan acara buka bersama. Rencana buka bersama bisa dicicil di waktu luang atau istirahat. Untuk urusan pekerjaan tetap harus dilakukan seperti biasanya agar tidak menumpuk.

Jangan Jadikan Puasa sebagai Alasan untuk Bermalas-malasan

Puasa adalah ibadah wajib untuk semua umat muslim dan selalu ada setiap tahunnya. Jadi berpuasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan ketika kamu sebelumnya sudah memiliki banyak waktu dalam menyiapkan diri untuk menghadapi puasa. Selalu ingat untuk menjaga kesehatan badan dan perbanyak konsumsi vitamin tambahan dan kurangi makanan yang berminyak ketika sahur atau berbuka puasa.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: