Menyulap Rumah Menjadi Penginapan Sederhana - Rumah yang besar dan nyaman memang tampak menyenangkan, terutama jika rumah i dihuni oleh banyak orang. Namun jika ternyata rumah hanya terpakai sebagian saja dan masih menyisakan sejumlah kamar kosong, bisa memanfaatkannya menjadi penginapan. Tidak perlu dalam skala yang besar, Anda bahkan bisa saja memulai bisnis penginapan ini dengan memanfaatkan 2 atau 3 kamar kosong di rumah.

Penginapan sederhana atau yang lebih dikenal dengan homestay menjadi populer selama belasan tahun belakangan ini. Konsepnya yang simpel dan bisa dilakukan dengan memanfaatkan sebagian rumah yang dihuni tentu cukup menarik. Selain tidak membutuhkan rumah (bangunan) tersendiri, homestay juga memungkinkan pemilik rumah untuk mengelola sendiri penginapan tersebut.

Konsep penginapan ini banyak ditemui di berbagai kota yang identik sebagai tujuan wisata, seperti Jogakarta dan Bandung. Namun di manapun lokasi rumah, Anda tetap bisa melirik bisnis penginapan simpel ini untuk memanfaatkan rumah secara lebih maksimal.

Simak beberapa tips berikut, yang perlu Anda lakukan untuk mengubah rumah menjadi homestay yang nyaman:

1. Mulai dengan Renovasi


Konsep rumah dengan penginapan tentu berbeda dan perlu melakukan beberapa renovasi kecil untuk urusan yang satu ini. Anda bisa memulai ini dengan beberapa langkah mudah, seperti: menata kembali taman agar lebih asri, menyediakan furniture di teras dan taman, merapikan dan melengkapi area dapur dengan perabotan memadai, mendandani kamar serta kamar mandi, dan yang lainnya.

Alokasikan sejumlah budget untuk kebutuhan ini, dan bisa menganggap ini sebagai dana investasi yang kelak akan memberi keuntungan.

2. Lengkapi dengan Fasilitas yang Memadai


Selain mendandani rumah, Anda juga perlu melengkapinya dengan berbagai fasilitas pendukung yang memadai. Hal ini penting, mengigat orang yang tinggal di homestay pada umumnya menginginkan kenyamanan sebagaimana layaknya di rumah sendiri, dan perlu memenuhi semua ini dengan baik.

Ada banyak yang perlu Anda siapkan, seperti: perlengkapan di dalam kamar, fasilitas mandi, bahan makanan, listrik dan internet yang memadai. Jika perlu, Anda juga bisa menyediakan layanan sewa kendaraan (mobil / motor) serta tuor guide nya sekaligus.

3. Terapkan Aturan yang Jelas


Sebagai pemilik homestay, wajib juga memiliki aturan yang jelas terkait dengan berbagai fasilitas dan yang lainnya. Hal ini penting untuk ditetapkan sejak awal, mengingat penginapan akan dipakai oleh orang yang berbeda-beda. Jangan sampai kewalahan untuk mengelolanya, hanya karena tidak menerapkan aturan yang jelas.

4. Lengkapi dengan Izin Resmi

Sama dengan usaha penginapan lainnya, Anda juga membutuhkan legalitas untuk bisnis homestay ini. Urus izin resmi penginapan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga bisa terhindar dari berbagai masalah hukum dan juga gangguan lainnya di masa yang akan datang.

5. Rawat dan Jaga Kebersihan


Jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga kebersihan area rumah dengan baik sepanjang waktu, termasuk kamar-kamar yang disewakan tersebut. Segera bersihkan kamar yang sudah kosong, sehingga kamar tersebut siap kembali untuk digunakan oleh tamu yang baru.

Ganti sprei, sarung bantal dan juga peralatan mandi dengan yang baru, agar setiap tamu Anda nyaman ketika menginap. Bersihkan juga area kamar mandi dengan baik setiap hari, terutama ketika tamu sudah keluar.

6. Maksimalkan dengan Iklan

Untuk mendapatkan tamu yang banyak, Anda juga perlu memasang iklan untuk penginapan Anda. Hal ini penting, agar penginapan bisa lebih mudah dikenal dan dikunjungi orang. Anda bisa memasang iklan secara online di situs pribadi atau bahkan situs perjalanan lainnya.

Pilih media yang tepat untuk iklan online Anda, di mana Anda bisa mendapatkan tanggapan positif untuk penginapan yang disewakan.

Berikan Penginapan dan Pelayanan Terbaik

Bagi yang memiliki rumah besar dan berniat untuk menjadikannya sebagai penginapan, Anda bisa “ menyulapnya” menjadi homestay yang nyaman. Luangkan waktu untuk mendandani rumah tersebut dan membuatnya senyaman mungkin, sehingga benar-benar siap untuk disewakan.

Pastikan Anda menyediakan penginapan dan layanan terbaik bagi setiap tamu yang datang, agar penginapan selalu mendapatkan tamu sepanjang waktu.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: