Selain Rasanya yang Lezat, Durian Juga Punya 4 Kandungan yang Bagus untuk Kesehatan - Siapa yang tidak tahu dengan buah Durian? Buah yang memiliki kulit berduri dan aroma yang sangat kuat dan khas ini memiliki julukan sebagai raja buah yang memang sudah menjadi primadona di Asia Tenggara. Oleh karena itu, sangat tidak mengherankan banyaknya pecinta durian yang sekarang ini sudah mencapai mancanegara.

Bagi beberapa orang, mungkin durian bukanlah buah yang menarik untuk dikonsumsi karena aromanya. Tapi, bagi sebagian orang lainnya menganggap durian sangatlah enak dan lezat untuk disantap. Namun tahukah kamu, nyatanya durian memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Nah, kamu jangan cuma tahu rasa lezatnya saja ya, tapi perlu juga ketahui kandungan apa saja yang terdapat pada buah durian. Berikut ulasannya yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber, di antaranya:


Karbohidrat

Siapa yang mengira bahwa durian memiliki kandungan karbohidrat? Memang, zat karbohidrat ini biasanya identik dengan nasi, jagung, roti, dan makanan padat lainnya. Tapi durian juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian, dipercaya mengandung karbohidrat hingga 150 kalori. Kandungan karbohidrat yang tergolong tinggi dapat membantu untuk mengembalikan energi yang rendah.

Karbohidrat yang terkandung dalam durian ini tentunya dapat dimanfaatkan bagi orang yang memiliki masalah dengan gula darah. Dengan memanfaatkan karbohidrat dalam durian tanpa mengkhawatirkan naiknya gula darah seperti makan nasi putih, karena durian hanya mengandung jenis gula sederhana yaitu sukrosa, fruktosa, serta glukosa.

Kalium

Siapa yang menyangka bahwa durian memiliki kandungan kalium? Kalium yang biasanya terdapat pada pisang, kacang-kacangan serta ubi-ubian, ternyata juga dimiliki oleh durian. Kalium memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena dapat membangkitkan energi serta mengurangi stres dan kecemasan.

Setidaknya, di dalam satu buah durian terdapat 436 mg kalium yang dapat menjaga kesehatan otot tubuh, kesehatan tulang, saraf, pembuluh darah, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang kapanpun dapat menyerang. Radikal bebas merupakan salah satu molekul yang berasal dari reaksi sisa-sisa metabolisme tubuh, dan dapat membahayakan tubuh jika masuk ke dalam tubuh kembali.

Radikal bebas juga sangat membahayakan kesehatan tubuh, karena dapat menyebabkan kanker hingga penyakit jantung. Pada durian ini mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Selain melindungi dari radikal bebas, antioksidan dalam durian juga bisa melindungi tubuh dari polutan.

Serat 

Serat biasanya erat hubungannya dengan sayur-sayuran serta biji-bijian. Tapi, ternyata durian juga mengandung serat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh terutama pada pencernaan. Serat yang terkandung dalam durian bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, bagus untuk peredaran darah, serta bagus untuk kesehatan jantung.

Pastikan Konsumsi Durian dengan Cukup

Mengkonsumsi durian dengan berlebihan ditakutkan bukannya menyerap kandungan gizi dan vitaminnya, tetapi menimbulkan masalah lainnya seperti perut terasa penuh karena kembung, muntah, atau lebih parahnya akan mengalami diare. Sebaiknya konsumsilah durian dengan porsi yang cukup.

Selain itu, sebelum memakan durian, kamu perlu memastikan tingkat kematangan daging duriannya. Sebab, durian yang terlalu matang mengandung kadar alkohol yang tinggi dan ini tentunya tak baik untuk kesehatan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: