Tempat Wisata di Bogor yang Paling Kece dan Keren yang Wajib Dikunjungi - Sebagai salah satu Kota penyangga DKI Jakarta, Kota Bogor sering kali menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang untuk sekedar menghabiskan akhir pekannya.
Tempat Wisata di Bogor yang Paling Kece dan Keren yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Bogor yang Paling Kece dan Keren yang Wajib Dikunjungi 

Tempat Wisata di Bogor yang Kece dan Keren

Menawarkan wisata kuliner, kebudayaan dan tentunya alam, membuat Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai pada akhir pekan. Kali ini akan membahas beberapa destinasi wisata di Kota Bogor atau yang biasa disebut dengan Kota Hujan. Berikut selengkapnya:

1. Curug Cibaliung


Kontur alam Kabupaten Bogor yang berbentuk pegunungan membuat Bogor memiliki banyak sekali curug atau air terjun. Salah satu curug yang cukup terdapat di Bogor adalah Curug Cibaliung.

Tempat wisata di Bogor ini berlokasi di desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Sentul. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui keberadaan curug ini lantaran aksesnya yang masih sulit dijangkau. Namun hal tersebut justru dapat membuat Anda merasakan kealamian dari air terjun ini.

Meskipun curug Cibaliung ini tidaklah terlalu tinggi, namun air terjun ini tetap menawarkan kesejukan dan kejernihan air yang membuatnya semakin mempesona. Curug Cibaliung sering kali dikenal masyarakat sekitar dengan istilah Leuwi Cibaliung, memiliki kontur alam bebatuan hingga vegetasi berupa pepohonan yang indah, cocok bagi yang ingin short escape dari penatnya ibukota Jakarta.

Saat berkunjung ke curug ini, sempatkan lah untuk mandi dan merasakan gemercik air terjun Cibaliung. Anda pun dapat merasakan pijatan air yang jatuh dengan deras atau dengan berendam dan merasakan kesejukan air pegunungan. Untuk yang hendak mendatangi Curug Cibaliung, Anda hanya diwajibkan membayar tiket seharga Rp20.000 saja.

2. Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol


Banyaknya perbukitan di daerah Bogor, membuat pemandangan alam di daerah ini pun memiliki daya Tarik tersendiri. Untuk Anda yang tertarik untuk menikmati keindahan alam Bogor, Anda dapat mengunjungi Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Curug Ciherang. Tempat ini tak hanya menyajikan keindahan alam saja, namun juga menyajikan spot fotogenic yang tentunya semakin membuat isi feed Instagram semakin bagus.

Tempat wisata di Bogor ini terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Sedangkan letak dari rumah pohon dan jembatan gantunya terletak di jalan masuk menuju Curug Ciherang, sehingga di hari yang sama Anda dapat mengunjungi beberapa spot wisata sekaligus. Keunikan dari spot wisata ini adalah wajib berjalan kaki diatas jembatan kayu dengan sajian pemandangan perbukitan hijau yang indah.
Untuk yang datang ke objek wisata ini, pastikan tetap menjaga keselamatan lantaran letak rumah pohon tersebut terletak di atas sebuah jurang yang cukup dalam. Hindari pula membawa anak-anak agar keselamatan tetap terjaga, dan perhatikan pula saat hendak mengambil foto, tetap perhatikan keselamatan.

3. Goa Agung Garunggang


Masyarakat Ibukota sepertinya belum banyak yang mengetahui jika di Bogor memiliki satu destinasi wisata yang berupa Goa. Goa tersebut bernama Goa Agung Garunggang yang terletak di Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul ini menyajikan keindahan pahatan alam yang sangat cocok untuk di eksplorasi. Untuk dapat memasuki goa, Anda harus turun kebawah lantaran goa ini terdapat dibawah tanah.

Minimnya penerangan membuat goa ini gelap gulita dan mewajibkan Anda menyewa tour guide yang akan menyediakan penerangan yang cukup memadai. Didalam goa ini terdapat banyak stalaktit dan stalakmit yang semakin membuat pemandangan didalam goa semakin eksotis.

Saat masuk kedalam goa, pastikan berhati-hati lantaran akses selama didalam cukup sempit dan aksesnya seringkali hanya muat untuk satu orang saja.

Untuk dapat masuk kedalam goa, Anda tidak akan dikenakan biaya retribusi, melainkan hanya cukup membayar parkir serta uang tip kepada pemandu wisata seikhlasnya saja.

4. Curug Bidadari Sentul Paradise Park


Curug atau air terjun selanjutnya yang dapat dikunjungi di Bogor adalah Curug Bidadari yang terdapat di Sentul Paradise Park. Curug dengan ketinggian mencapai 40 hingga 75 meter ini terletak di Desa bojongkoneng, tepatnya di daerah Sentul City. Sumber dari air terjun ini adala air hutan lindung yang terdapat di daerah tersebut.

Karena tempatnya yang kini sudah cukup komersil, tempat wisata di Bogor ini cukup terjaga. Diantaranya terdapat taman bermain berupa waterpark dengan luas mencapai 6.000 meter persegi.

Dengan panjang mencapai 150 meter, membuat tempat ini seperti sebuah pantai buatan yang lengkap dengan pasir putih yang konon katanya didatangkan langsung dari Bangka. Tak hanya itu saja, taman bermain ini juga telah dilengkapi dengan peralatan outbound seperti flying fox dan perahu tangan.

Karena letaknya yang cukup mudah diakses, tak heran jika obyek wisata ini selalu ramai pengunjung, utamanya pada akhir pekan. Untuk yang hendak menuju obyek wisata ini pastikan menyiapkan uang kecil dan utamanya uang lebih lantaran menurut beberapa pengunjung, obyek wisata ini cukup banyak pungutan liar.

5. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor


Tak perlu jauh-jauh ke Ranca Upas untuk dapat bertemu dengan Rusa dan bermain dengan hewan lucu satu ini. Di daerah Bogor, tepatnya  di daerah Buanajaya, Tanjung Sari, Bogor.

Penangkaran rusa yang disebut-sebut telah berdiri sejak tahun 1993 ini pada akhir pekan hampir tak pernah sepi dari pengunjung. Dahulu tempat ini bernama Penangkaran Rusa Cariu ini memiliki luas mencapai 5 hektare. Di lokasi penangkaran, Anda pun bebas berinteraksi dengan rusa mulai dari memberi makan, hingga berfoto bersama hewan bertanduk ini.

Rusa yang terdapat dipenangkaran ini pun terbilang cukup lengkap. Diantaranya adalah Rusa Jawa, Rusa Cheetah, dan Rusa Bawean. Selain bermain dengan rusa, di tempat ini juga menawarkan spot foto menarik, yakni sebuah jembatan gantung yang terletak di atas sungai Cibeet. Obyek wisata ini juga menyediakan berbagai wahana outbond, bumi perkemahan yang mampu memuat 200 tenda, dan masih banyak lagi.

6. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas


Untuk dapat menikmati keindahan bunga sakura, Anda tak perlu jauh-jauh bermimpi datang ke Negara asalnya, yakni Jepang. Ada sebuah tempat wisata di Bogor yang memiliki taman sakura, yakni Kebun Raya Cibodas. Di taman ini terdapat setidaknya 435 pohon sakura yang mekar setiap bulan Januari hingga Februari dan akan mekar kembali pada bulan Juli hingga Agustus.

Tak hanya menyajikan pohon sakura, Kebun Raya Cibodas juga menyajikan koleksi tanaman lain seperti pohon-pohon besar berusia ratusan tahun, lapangan rumput yang sangat luas, rumah kaca, air terjun, air mancur, dan kolam.

Untuk yang penasaran dengan bunga sakura di Kebun Raya Cibodas, Anda bisa mengunjunginya di Sindanglaya, Cipanas Cianjur. Biaya tiket yang dikenakan di Kebun Raya Cibodas adalah sebesar Rp9.500.

7. Gunung Pancar


Terletak di ketinggian 300 hingga 800 meter di atas permukaan air laut, membuat obyek wisata Gunung Pancar memiliki hawa yang cukup sejuk. Beberapa obyek wisata yang terdapat di dalam taman wisata Gunung Pancar diantaranya adalah wana wisata hutan pinus, pemandian air panas, bumi perkemahan, dan masih banyak lagi.

Di obyek wisata Gunung Pancar ini pun Anda bisa melakukan kegiatan outdoor seperti camping, hiking, jogging, downhill, serta equestrian atau berkuda.

8. Curug Cigamea


Tempat wisata di Bogor yang bernama Curug cigamea disebut-sebut sebagai salah satu air terjun yang paling indah disini. Lokasi air terjun ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Daya tarik dari air terjun ini adalah terdapat 2 air terjun yang serupa namun tak sama.

Air terjun pertama memiliki ketinggian mencapai 50 meter dan berada di celah tebing dan membuat air yang mengalir pun cukup deras dengan kolam air dibawahnya yang juga cukup luas.

Sementara itu, air terjun kedua memiliki ciri khas terdapat pada tebing yang curam dan dihiasi dengan bebatuan alam. Air terjun kedua terdapat dekat dengan pintu masuk Curug Cigamea. Kolam airnya pun tidak seluas kolam air terjun yang pertama dan  Anda tidak dapat berenang di kolam tersebut. Kedua air terjun terletak berdekatan, yakni hanya sekitar 30 meter saja.

9. Curug Bengkok Leuwi Hejo (Curug Leuwi Hejo)


Meskipun bentuknya tidaklah terlalu tinggi, namun Curug Leuwi Hejo ini memiliki daya tarik tersendiri, yakni air kolam yang berwarna hijau tosca. Terletak di Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, obyek wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama anak muda yang menghabiskan akhir pekan.

Untuk yang hendak berlibur tempat wisata di Bogor ini, siapkan lah uang pecahan lantaran di daerah obyek wisata tersebut masih cukup banyak pungutan liar.

10. Curug Ciburial

Tempat wisata di Bogor selanjutnya yang dapat Anda kunjungi di Bogor adalah Curug Ciburial, beberapa orang menyebut obyek wisata ini sebagai Curug Kembar lantaran di dalamnya terdapat 2 air terjun yang berdekatan.

Terletak di desa Cibereum, Sentul membuat akses menuju Curug Ciburial cukup mudah untuk dilalui. Letaknya yang berada di kaki perbukitan membuat daerah di Curug Ciburial cukup indah dan menawarkan udara pegunungan yang sejuk.

Karena letaknya yang searah dengan Curug Hordeng membuat Anda bisa mengunjungi obyek wisata ini di hari yang sama. Biaya retribusi yang wajib Anda bayar pun tak terlalu mahal, yakni hanya Rp15.000 saja.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: