Tips Menjaga Stamina Tubuh saat Berpuasa - Bagi setiap umat muslim, berpuasa pada bulan Ramadan hukumnya wajib, yakni menahan lapar dan haus karena tidak makan dan tidak minum selama sehari penuh, dari waktu imsak hingga maghrib tiba. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang aktif bekerja
.

Bahkan tidak sedikit yang merasa lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas saat berpuasa. Tentu hal ini tidak baik untuk kinerja Anda di tempat kerja. Oleh karena itu, menjaga stamina tetap terjaga saat berpuasa ini sangat penting.

Ada banyak cara menjaga stamina tetap terjaga saat menjalankan puasa. Berikut tips menjaga stamina tubuh tetap baik saat berpuasa:

1. Pilih Makanan yang Sehat


Peran makanan sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi baik. Terlebih lagi saat puasa, memilih makanan sehat sudah menjadi keharusan. Untuk itu, konsumsilah makanan-makanan yang sehat, banyak mengandung vitamin, mineral, dan lainnya. Dengan begitu, asupan gizi yang dibutuhkan selama berpuasa akan terpenuhi.

2. Kurangi Makanan yang Mengandung Minyak Berlebih


Kita semua tahu, makanan yang banyak mengandung minyak tidak bagus bagi kesehatan. Apalagi saat berpuasa, sebisa mungkin mengonsumsi makanan berminyak harus dikurangi atau dihindari terutama saat makan sahur dan berbuka puasa.

Kadar minyak dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat sel darah merah menggumpal dan terhambat. Inilah yang menyebabkan aliran oksigen ke dalam tubuh menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mudah mengantuk pada siang hari saat berpuasa.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika Anda berpuasa, tubuh rentan dehidrasi yang menyebabkan tubuh menjadi lemas karena aliran oksigen berjalan tidak lancar di dalam tubuh. Untuk itu, hindari dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Caranya dengan minum air mineral sesuai kebutuhan, setidaknya sebanyak dua liter setiap harinya di antara waktu sahur dan berbuka puasa.

4. Jangan Lupa Minum Susu

Minum susu ini penting karena gizi yang terkandung di dalamnya cukup kompleks. Dengan rutin minum susu saat berbuka puasa atau sahur, maka tubuh akan lebih sehat. Dengan demikian, tubuh juga akan bugar selama Anda menjalankan puasa.

5. Jangan Langsung Makan Berat atau Utama saat Berbuka Puasa


Tidak makan makanan berat saat berbuka puasa ini sangat penting karena akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Setelah seharian penuh perut kosong, maka lambung masih belum siap untuk mencerna makanan dalam jumlah banyak. Untuk itu, sebaiknya konsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu seperti kurma, minuman manis, dan lainnya yang sejenis.

6. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Makan sahur adalah hal yang paling penting dilakukan sebelum berpuasa. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi ketika Anda sahur berguna untuk membentuk energi yang berguna ketika berpuasa.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, ubi, roti gandum, nasi merah, jagung, singkong, dan sebagainya karena makanan seperti itu bisa memberikan rasa kenyang lebih dari enam jam. Selain itu, jangan lupa konsumsi protein, sayur, buah-buahan, serta minum air putih yang cukup di waktu tersebut.

7. Jangan Tidur Setelah Makan Sahur


Jika Anda memiliki kebiasaan untuk langsung tidur sehabis makan sahur, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kebiasaan seperti ini akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Sebab setelah menyantap makanan sahur, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan tersebut.

Nah, jika Anda langsung tidur sehabis makan sahur, makanan yang Anda konsumsi bisa menyebabkan sensasi rasa mual, kembung, mulas, dan ingin muntah. Artinya, metabolisme dalam tubuh akan terganggu dan ini akan berdampak tidak baik selama Anda berpuasa seharian.

Jaga Stamina agar Puasa dan Aktivitas tetap Lancar

Jangan sampai Anda termasuk orang yang menyepelekan pentingnya menjaga stamina tubuh. Karena nyatanya stamina memiliki peranan sangat penting bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan bahkan sampai kehabisan stamina, bisa berdampak buruk pada aktivitas Anda.

Aktivitas fisik atau aktivitas berpikir yang seharusnya dilakukan secara maksimal malah menjadi kacau hanya karena pola konsumsi dan hidup yang tidak tepat. Untuk itu, jaga stamina Anda selama bulan puasa agar tubuh tetap selalu dan aktivitas tetap berjalan lancar hingga Lebaran tiba.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: