Biar Cepat Dapat Kerja, Kamu Perlu Lakukan 8 Tips ini - Memiliki pekerjaan dengan gaji yang stabil adalah impian setiap orang. Setelah lulus sekolah atau kuliah, hampir setiap orang berbondong-bondong untuk melamar pekerjaan. Maka dari itu, semakin banyak pelamar kerja, semakin ketat pula persaingannya.

Tak jarang, proses mencari pekerjaan menimbulkan rasa tertekan atau bahkan stres tersendiri. Setiap pelamar kerja akan bersaing secara ketat satu sama lain. Pesaingnya pun sangat beraneka ragam, baik yang berasal dari kelompok yang masih fresh graduate maupun dari kalangan yang sebelumnya telah memiliki pekerjaan namun berkeinginan untuk pindah tempat kerja.

Tak perlu risau, ada beberapa tips bagi para pelamar kerja khususnya fresh graduate yang perlu dipraktikan langsung agar cepat dalam mendapatkan pekerjaan seperti berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Memperluas Koneksi


Bukan suatu rahasia lagi jika memiliki koneksi yang luas akan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah saat merasa membutuhkan pekerjaan.

Memiliki banyak kenalan akan sangat membantu dalam memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada. Bahkan tak jarang, mereka sendiri yang akan menawarkan suatu pekerjaan saat merasa membutuhkan tenaga kerja tambahan.

Dengan memiliki kenalan seperti ini, kamu akan memperoleh banyak informasi. Bukan hanya dari jenis pekerjaannya, tapi juga dari segi gaji ataupun kelebihan serta kekurangan dari pekerjaan tersebut. Selain itu, tentunya akan mengurangi tingkat persaingan.

2. Manfaatkan Internet

Hal ini tentunya sangat berkebalikan saat internet belum sepesat saat ini. Jika jaman dulu, melamar pekerjaan dilakukan secara door to door di perusahaan. Namun saat ini, dengan memperoleh informasi lowongan pekerjaan di internet, apply lamaran pekerjaan akan terasa lebih mudah.

Manfaatkan internet untuk mencari pekerjaan. Sekarang ini sudah banyak website yang memang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Misalnya saja, Linkedln, Jobstreet, JobsDB, Jobs.id, Karir.com dan masih banyak lainnya. Kebanyakan dari situs lowongan kerja juga sudah tersedia aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Selain itu, saat ini lowongan pekerjaan juga banyak dibagikan melalui media sosial seperti Instagram.

3. Menghadiri ‘Job-Fair Events’


Selain mencari pekerjaan secara online, menghadiri job fair juga akan memberikan banyak informasi lowongan pekerjaan. Biasanya, puluhan bahkan ratusan lowongan pekerjaan akan ditawarkan. Bahkan tak jarang, seleksi calon karyawan juga dilakukan selama acara berlangsung atau yang sering disebut walk in interview.

Job fair events biasanya dilakukan di aula atau hall yang siap menampung ratusan atau bahkan ribuan calon pelamar kerja dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, tak ada salahnya saat menghadiri job fair events, sebaiknya sekaligus membawa beberapa CV dan surat lamaran kerja untuk mempermudah proses. Jadi, saat acara berlangsung, kamu sekalian melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

4. ‘Apply’ CV secara ‘Online’

Selain memperoleh informasi lowongan pekerjaan secara online, sekarang ini juga banyak perusahaan yang menerapkan apply CV dilakukan secara online. CV akan dikirim ke alamat email perusahaan yang nantinya akan langsung diseleksi oleh pihak HRD.

Dengan adanya sistem rekrutmen seperti ini, tentunya akan membawa keuntungan tersendiri. Selain tak perlu mengunjungi satu per satu kantor, kamu juga dapat mengirim CV ke puluhan alamat email perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dalam waktu yang singkat.

5. Tunjukkan Keahlian

Memiliki suatu kelebihan, saat melamar pekerjaan akan memberi poin tersendiri. Biasanya, keahlian yang dimiliki pelamar kerja akan menjadi salah satu pertimbangan diterimanya atau tidak untuk bekerja. Kamu jangan pernah ragu menuliskan semua keahlian  yang kamu miliki ke CV-mu.

Misalnya, kamu memiliki kemampun berbicara Bahasa Inggris yang bagus, jangan lupa sertakan bukti konkritnya, yang biasanya berbentuk sertifikat. Ini akan menunjukkan bahwa kamu memang pribadi yang capable dan perusahaan akan mempertimbangkannya.

6. Pastikan Data pada CV Sudah Lengkap

Sering kali tak sedikit para pelamar kerja yang mengabaikan data-data yang akan dicantumkan pada CV. Kebanyakan dari mereka hanya mencantumkan data yang umum saja. Padahal semakin lengkap kamu mencantumkan data pribadi pada CV, maka kamu akan memiliki peluang yang besar diterima di perusahaan.

Berikut data yang harus kamu pastikan ada pada CV, di antaranya:


  • Data pribadi: nama lengkap, tempat/tanggal Lahir, alamat, nomor telepon yang aktif, alamat email formal
  • Deskripsi diri yang ringkas tapi menarik
  • Pendidikan
  • Pelatihan
  • Pengalaman kerja
  • Keahlian
  • Prestasi
  • Organisasi
  • Refrensi dari orang yang mengetahui tentang diri kamu. Jangan lupa cantumkan nama, jabatan, perusahaan tempat bekerja, telepon dan email orang tersebut.

7. Buat CV yang Menarik

Hal yang paling penting dalam melamar kerja adalah Curiculum Vitae atau CV. Bukan cuma isinya saja yang diperhatikan perusahaan, tapi juga desain pada CV. Jangan sembarang dalam membuat CV sebab kamu perlu perhatikan beberapa poin penting, di antaranya:


  • Template yang rapi
  • Pemilihan huruf yang tepat
  • Pastikan ukuran huruf cukup jelas untuk dibaca
  • Gunakan kombinasi warna yang bagus


Jika kamu merasa kesulitan untuk membuat CV sendiri, tak perlu khawatir. Saat ini, banyak sekali penyedia jasa pembuatan CV baik secara offline atau online. Prosesnya pun cukup mudah, yaitu setelah kamu melakukan pembayaran, penyedia jasa akan meminta kamu untuk  mengirimkan data-data CV lewat email. Pengerjaannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama, paling cepat sehari dan paling lama dua sampai tiga hari.

Bagi kamu yang tidak mau mengeluarkan uang tapi ingin membuat CV dengan desain yang menarik, kamu bisa download template CV di internet. Kamu tinggal pilih template CV yang gratis.

8. Buat Surat Lamaran Kerja dengan Benar

Surat lamaran juga menjadi poin penting bagi pelamar kerja. Sayangnya, bagi fresh graduate masih banyak yang tidak menyertakan surat lamaran pada saat apply CV ke perusahaan. Padahal surat lamaran ini bersifat resmi yang ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Isi surat lamaran terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan, lampiran berkas dan penutup. Pastikan dalam membuatnya jangan sampai ada huruf yang typo. ini tentunya akan mengurangi penilaianmu. Semakin rapi, lengkap dan jelas surat lamaran yang kamu buat, maka aplikasi lamaran bisa dipilih perusahaan di antara ratusan aplikasi lamaran yang masuk.

Berdoa dan Siapkan Mental 

Melamar pekerjaan memang tak mudah. Selain membutuhkan usaha yang ekstra, tentunya para pelamar kerja juga perlu lengkapi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saat mencari kerja, manusia memang dapat merencanakan semuanya, namun Tuhanlah yang menentukan hasil akhirnya.

Selain itu juga, kamu perlu siapkan mental yang kuat agar tidak merasa kecewa saat lamaran kerja ditolak perusahaan. Mental yang kuat juga akan membuat kamu cepat bangkit dan terus mencari pekerjaan hingga dapat pekerjaan.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: