Bukan Cuma Programmer, ada 9 Peluang Karir IT Lainnya yang Bisa Ditekuni - Teknologi yang semakin berkembang dengan sangat pesat sudah memberikan banyak peluang kerja yang baru selama belasan tahun belakangan ini, salah satunya di bidang IT. Bagi Anda yang menekuni bidang yang satu ini, Anda tentu sudah mulai mempersiapkan diri untuk menekuni profesi yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Untuk bisa sukses dalam profesi di bidang IT, Anda tentu membutuhkan perpaduan dari pengetahuan atau pendidikan dan juga keterampilan yang berasal dari pengalaman serta praktik yang Anda lakukan selama ini.

Pada dasarnya profesi di bidang IT ini memiliki prospek yang sangat cerah, bahkan hingga bertahun-tahun yang akan datang. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian tersebut, baik perusahaan dalam skala kecil hingga yang berskala besar sekalipun.

Peluang karir di bidang IT ini pada umumnya akan dibedakan menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan kemampuan serta keterampilan dasar yang dimiliki oleh seseorang. Bagi Anda yang ingin menekuni karir di bidang IT, berikut beberapa peluang karir yang menjanjikan untuk Anda yang sudah di rangkum dari berbagai sumber, di antaranya:

Konsep IT

1. Sistem analis

Sebagaimana namanya, seorang sistem analis akan bertugas untuk melakukan analisa terhadap sistem yang akan diterapkan. Analisa sistem ini dilakukan dengan beberapa langkah sekaligus, mulai dari melihat kelebihan serta kekurangan sistem tersebut, hingga melakukan studi kelayakan terhadap desain sistem yang kelak akan dikembangkan dalam sebuah proyek.

2. Programmer

Programmer menjadi salah satu profesi yang paling populer dan banyak diminati di bidang IT. Untuk mengimplementasikan sebuah rancangan sistem yang telah dianalisa oleh seorang sistem analis adalah tugas utama dari seorang programmer. Programmer akan membangun sebuah program yang telah dirancang oleh sistem analis, baik itu program yang berupa sistem operasi maupun dalam bentuk sebuah aplikasi.

3. Web designer

Profesi yang satu ini lebih dikenal sebagai desainer website dan bisa membuat tampilan sebuah website menjadi lebih menarik dan unik. Namun di dalam prakteknya, seorang web designer memiliki tugas yang lebih kompleks lagi dan bukan hanya sekedar mendesain website saja.

Web designer akan menangani beberapa tugas sekaligus, mulai dari perencanaan, melakukan studi kelayakan sebuah program, melakukan analisa, bahkan hingga membuat desain program dalam bentuk aplikasi pada sebuah web.

4. Web programmer

Satu lagi profesi di bidang software yang cukup banyak dibutuhkan adalah web programmer. Web programmer akan bertugas untuk mewujudkan rancangan  yang telah dibuat oleh seorang web designer menjadi sebuah program yang berbasis web. Implementasi program ini haruslah sesuai dengan rancangan yang telah didesain sejak awal oleh seorang designer.

5. Technical engineer atau teknisi

Bukan hanya dibuat saja, sebuah program tentunya harus dipelihara dan sesekali bahkan diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Semua tugas ini akan menjadi tanggung jawab seorang teknisi di bidang IT.

Technical engineer akan bertugas untuk menangani berbagai masalah teknik yang berkaitan dengan sistem, baik itu dalam bentuk pemeliharaan rutin atau bahkan dalam bentuk perbaikan dan juga penyesuaian yang dilakukan pada sistem komputer.

6. Networking engineer

Hampir sama dengan Technical engineer, seorang networking engineer juga akan menangani berbagai masalah teknis dalam sebuah sistem, hanya saja ini dalam bentuk jaringan tertentu. Networking engineer akan bertugas untuk melakukan pemeliharaan dan juga perbaikan terhadap sebuah jaringan komputer.

7. EDP operator

Seorang EDP operator akan bertugas untuk mengatur administrasi pada sistem dan juga melakukan kegiatan pemeliharaan pada sebuah sistem. Dengan tugas seperti ini, seorang EDP operator akan memiliki kewenangan untuk pengaturan akses ke sistem, termasuk berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pengaturan aktifitas operasional sistem tersebut.

8. MIS director

MIS director memiliki akses dan wewenang tertinggi di dalam sebuah sistem informasi. Hal ini membuat seorang MIS director memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar, termasuk mengatur manajemen sistem secara keseluruhan, mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras dan juga SDM di dalamnya.

9. Pengembang bisnis TI

Selain berbagai profesi di atas, bidang pengembangan bisnis TI tentu menjadi karir lainnya yang tidak bisa diabaikan. Peluang sukses di bidang yang satu ini juga cukup cerah, mengingat ada banyak perusahaan dan sektor industri lainnya yang membutuhkan sistem TI.

Asah Kemampuan Sesuai Perkembangan Teknologi

Karir dalam bidang IT memang menjadi salah satu yang paling menjanjikan saat ini, mengingat Indonesia termasuk negara berkembang dan sedang banyak membangun sektor industri. Namun, rasanya akan percuma bila seseorang yang akan menekuni karir di bidang IT tapi tidak mengasah kemampuannya, hal ini jelas akan tertinggal jauh dengan lainnya. Untuk itu, kamu perlu terus mengasah kemampuanmu di bidang IT sesuai dengan perkembangan teknologi yang saat ini sedang digunakan, sehingga kamu bisa menjadi IT profesional ke depannya.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: