Cara Cerdas Mengatur Waktu untuk Mompreneur yang Super Sibuk - Mengatur waktu bukanlah pekerjaan yang mudah untuk setiap orang, terutama untuk mompreneur yang memiliki banyak kesibukan sepanjang hari. Selain menyelesaikan berbagai urusan rumah seperti beres-beres rumah, nyuci, masak, mengurusi anak dan lainnya, mompreneur juga pastinya memiliki banyak kegiatan di bisnisnya. Apalagi kalo bisnis yang dijalankan terbilang ramai orderan dan juga perlu membutuhkan banyak perhatian.

Namun, apapun alasannya Anda tentu sudah memahami dengan baik berbagai konsekuensi atas keputusan menjadi mompreneur. Dengan jadwal kegiatan yang banyak ini, tentunya sebagai mompreneur perlu memastikan bahwa keduanya bisa berjalan dengan lancar. Perlu jeli dalam mengatur waktu, termasuk menyelesaikan berbagai tugas dengan cara yang tepat.

Bagi Anda yang selama ini masih merasa gagal atau belum berhasil menjalani tugas dengan baik sebagai mompreneur, saatnya simak beberapa ulasan cara cerdas mengatur waktu yang perlu diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum Cermati.com

1. Atur Jadwal Kerja

Kapan waktunya mengerjakan segala kegiatan bisnis? Hal ini tentu tidak bisa dilakukan sepanjang waktu, mengingat Anda juga memiliki tanggung jawab terhadap keluarga dan rumah tangga. Artinya, bisnis ini haruslah menyesuaikan rutinitas sebagai seorang ibu rumah tangga. Namun juga harus tetap memiliki tanggung jawab untuk menanganinya dengan cara yang tepat.

Mulailah menentukan jadwal kerja sejak awal. Misalnya saja, setelah bangun pagi, melakukan pekerjaan ibu rumah tangga mulai dari membersihkan rumah, mengurusi anak, nyuci, masak, dan lainnya kemudian setelah semua dipastikan telah selesai, barulah menyelesaikan kegiatan bisnis Anda baik di rumah ataupun bila ada pertemuan dengan klien di luar.

Bila bisnis yang dijalankan berupa online shop, tentunya akan lebih mudah. Selagi mengurusi orderan, Anda bisa sembari mengerjakan pekerjaan rumah yang lainnya.

2. Biasakan Membuat Agenda Rutin

Jangan lupa untuk selalu membuat agenda rutin, di mana berbagai rutinitas Anda sepanjang hari sudah disusun dengan baik. Mulai mencatat agenda ini dengan cara menentukan skala prioritas dan mengatur waktu yang tepat untuk menyelesaikan setiap tugas.

Sebagai contohnya, merapikan rumah 30 menit, nyuci 1 jam, setrika pakaian 1 jam 30 menit, memasak 2 jam, mengurusi anak 1 jam, merapikan diri 1 jam, melayani pelanggan yang order plus bungkus orderan 2 jam, meeting sama klien 2 jam dan seterusnya.

Luangkan waktu di malam atau bahkan pagi hari untuk membuat agenda ini, sehingga bisa lebih mudah dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan Anda dengan tepat waktu sepanjang hari.

3. Jalankan Jadwal dengan Disiplin 

Jangan cuma hanya dibuat saja, agenda juga harus dijalankan dengan disiplin dan benar-benar sesuai yang direncanakan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua tugas-tugas berjalan lancar dan bisa selesai dengan tepat waktu.

Jangan lupa luangkan juga waktu untuk melakukan evaluasi di malam hari dan melihat kembali apa saja yang sudah dicapai dan lakukan sepanjang hari. Ini bisa menjadi kebiasaan baik yang akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan berbagai hal yang Anda ingin kerjakan sepanjang waktu.

Jalankan dalam Porsi yang Seimbang

Penting untuk memahami dengan baik tanggung jawab Anda terhadap pekerjaan dan keluarga. Kedua hal ini haruslah dijalankan dengan porsi seimbang, sehingga tidak menjadi berat sebelah atau bahkan gagal salah satunya. Cara Anda mengatur waktu tentu akan sangat berpengaruh dalam hal ini.

Cobalah untuk menilik kembali rutinitas harian dan aturlah waktu yang paling tepat untuk menyelesaikan semuanya dengan baik. Hal ini tidak akan sulit, terutama jika Anda memiliki komitmen untuk selalu mengelola waktu Anda dengan cara yang tepat.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: