Cara Membuat Blog Gratis Menjadi Tempat Penyaluran Hobi dan Menghasilkan Uang - Seiring dengan berjalannya waktu, segala hal tentu mengalami perubahan dan perkembangan. Salah satunya adalah popularitas pekerja kantoran yang kini bukan menjadi profesi yang dipuja oleh banyak orang. Bahkan, sebagian orang merasa tidak cocok jika diharuskan untuk duduk menghadap komputer sepanjang hari untuk menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan oleh atasan.

Jadwal kerja yang ketat serta tempat kerja yang monoton juga cenderung membuat pekerja kantoran merasa mudah penat, bahkan stress akan rutinitas sehari-hari. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian masyarakat mulai mencari jenis profesi lain yang memiliki jam dan tempat kerja yang lebih fleksibel, serta beban kerja yang dapat diatur sendiri.

Imbas dari keinginan tersebut, muncullah beberapa kalangan yang lebih memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas ketimbang karyawan full-time. Naiknya popularitas profesi freelancer bukan tanpa sebuah sebab. Selain variasi pekerjaannya yang lebih banyak, fasilitas yang diberikan oleh internet juga membuat profesi ini lebih mudah untuk ditekuni pada zaman sekarang.

Salah satu jenis pekerjaan yang banyak dilakukan oleh freelancer adalah menjadi blogger. Selain dapat memberikan sebuah wadah untuk berekspresi dan berkarya, blog juga dapat memberikan pundi-pundi Rupiah.

Nah, sebelum memutuskan untuk beralih profesi menjadi seorang blogger, simak penjelasan mengenai cara membuat blog dan menghasilkan uang berikut ini.

Familierkan Diri dengan Istilah Blog dan Blogger


Sebagian dari Anda mungkin baru memahami bahwa memiliki blog dan bekerja sebagai seorang blogger dapat menghasilkan uang. Kebetulan Anda juga merasa jenuh dengan rutinitas kantor yang setiap hari sama saja.

Kedua hal inilah yang mungkin melatarbelakangi Anda untuk beralih dari menjalani pekerjaan sebagai karyawan kantoran dan menjadi seorang blogger.

Memiliki sebuah blog sendiri memang memiliki keuntungannya tersendiri dibanding jenis pekerjaan lainnya. Selain dapat menghasilkan uang, mengelola sebuah blog juga dapat menjadi wadah untuk bisa mengutarakan isi pikiran dan mengekspresikan diri. Tentunya, Anda dapat mengisi blog dengan konten yang dikehendaki.

Sebelum memutuskan untuk terjun di dunia blogging, perlu diketahui bahwa ada beberapa istilah khas di profesi tersebut. Secara umum, ada tiga istilah yang wajib dipahami maknanya saat menggeluti profesi blogger, yakni blog, blogger, dan blogging.

3 Istilah yang Harus Dipahami Sebelum Membuat Blog 


1. Blog


Anda mungkin telah memahami bahwa blog adalah sebuah platform di Internet yang dapat dijadikan sebagai jurnal atau buku harian. Namun, Anda juga dapat mengunggah dokumen berupa gambar dan video sebagai pelengkap isi jurnal yang ditulis di blog tersebut. Tentunya, hal tersebut dapat membuat tulisan menjadi lebih menarik untuk dibaca.

2. Blogger


Selanjutnya, ada istilah blogger. Sesuai dengan namanya, blogger adalah individu atau orang yang membuat sebuah blog dan membagikan konten, cerita, berita, maupun hal lainnya, melalui platform blog tersebut.

Jadi, jika telah memiliki sebuah blog dan rutin mengisi konten pada platform tersebut, Anda bisa resmi dipanggil sebagai seorang blogger.

3. Blogging


Istilah dasar terakhir yang perlu dipahami adalah blogging. Istilah blogging sendiri memiliki arti kegiatan atau aktivitas yang dilakukan dalam mengisi blog dengan konten, maupun cerita dan berita yang ingin dibagikan.

Jadi, ketika menulis sebuah cerita di blog yang dimiliki, aktivitas tersebutlah yang dinamakan sebagai blogging.

Meski bisa dilakukan dengan modal yang sedikit dengan jam dan tempat kerja yang fleksibel, menjadi seorang blogger ternyata gampang-gampang susah.

Salah satu alasannya adalah untuk menjadi seorang blogger yang sukses, perlu memiliki ketekunan dalam mengisi blog dengan konten yang konsisten. Intinya, Anda perlu rajin menulis konten yang menarik dengan satu fokus tema yang disukai oleh para pengunjung blog.

Jika Anda mampu untuk melakukan hal tersebut, menjadikan profesi blogger sebagai sumber rezeki utama bukanlah isapan jempol belaka. Jadi, jika memiliki sebuah ketertarikan akan sebuah topik dan Anda memahami dengan baik topik tersebut, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai konten utama yang akan dibahas.

Langkah Mudah untuk Memiliki Sebuah Blog di Platform Tak Berbayar

Fasilitas internet yang kian hari semakin mudah didapatkan membuat profesi blogger lebih banyak digemari oleh masyarakat masa kini. Pengunjung dari blog pun semakin banyak. Alhasil, blogging bisa menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan sekaligus menghasilkan.

Sebenarnya, untuk dapat menjadi seorang blogger tidaklah sulit. Namun, hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin memiliki sebuah blog sendiri adalah memahami platform blog yang bisa dipilih dan memahami kelebihan serta kekurangannya.

Secara umum, blog memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu blog di hosted platform dan blog self-hosted.

1. Hosted Platform


Untuk jenis yang pertama, blog yang Anda miliki hanya menumpang pada sebuah website yang sudah ada. Contoh blog jenis ini adalah situs dengan nama domain blogspot.

2. Self-Hosted


Sedangkan untuk jenis self-hosted, Anda tidak menumpang pada situs lain alias blog tersebut adalah resmi milik sendiri. Perlu merogoh kocek agar nama domain blog sesuai dengan yang diinginkan. Contoh dari blog jenis ini adalah yang menggunakan layanan situs dari Wordpress berbayar.

Cara Membuat Blog Gratis tapi Tetap Maksimal


1. Pemasangan Software

Setelah memiliki blog, Anda dapat memasang beberapa perangkat lunak agar kegiatan blogging lebih mudah untuk dilakukan. Tentunya, pemasangan software pada blog harus disesuaikan dengan platform yang dipilih. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan perangkat lunak tersebut dengan sebaik-baiknya dalam membantu mengisi konten pada blog.

2. Pilih Desain dan Layout yang Menarik

Anda juga dapat mempercantik tampilan blog dengan memilih design serta layout yang disediakan oleh platform blog. Desain blog juga dapat disesuaikan dengan konten yang ditulis di dalamnya.

Dengan begitu, pengalaman pengunjung blog Anda akan menjadi lebih bermakna dan blog tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri.

3. Tentukan Topik Utama

Menjadi seorang blogger diharuskan untuk dapat mengisi blog dengan konten yang terfokus. Artinya, Anda perlu memilih topik utama yang rutin dibahas di blog tersebut dan harus dipahami dengan baik pembahasannya. Hal ini bertujuan agar pengunjung situs Anda tidak merasa bingung dengan isi dari blog yang tersebut karena kontennya yang berubah-ubah.

4. Sesuaikan Gaya Penulisan Anda

Setelah menemukan topik yang sesuai, Anda juga perlu memahami teknik penulisan artikel atau konten yang disajikan di blog tersebut. Tentunya, gaya penulisan akan memengaruhi pembaca nantinya.

Jadi, tentukan terlebih dahulu target pembaca yang diincar dan sesuaikan gaya penulisan Anda pada konten blog tersebut.

Cara Menghasilkan Uang dari Profesi Blogger

Dengan mengikuti langkah di atas, bukan tidak mungkin blog yang dikelola akan memiliki jumlah pembaca yang cukup banyak. Jika benar begitu, berarti Anda sudah dapat membuat profesi blogger sebagai sumber rezeki.

Cara termudah dalam membuat blog Anda dapat menghasilkan uang adalah dengan mendaftarkannya ke Adsense, Bidvertiser, atau Adsterra.

Ketiga jaringan iklan internet tersebut adalah yang paling populer dipilih blogger untuk menguangkan blog yang dikelola. Biasanya, pendapatan yang bisa didapatkan melalui jaringan iklan tersebut adalah iklan yang diklik oleh pengunjung blog atau lebih dikenal dengan istilah Pay Per Click atau PPC.

Jika blog yang dimiliki mempunyai jumlah pengunjung yang cukup banyak, Anda dapat memasang model iklan Cost Per Impression. Hal yang sangat mungkin untuk mendapatkan uang dari sejumlah pengunjung yang melihat iklan tersebut di blog tersebut.

Selain melalui jaringan iklan tersebut, Anda juga dapat menghasilkan uang dari profesi blogger saat ada klien yang ingin melakukan promosi produk atau hal yang biasanya dibahas di blog, kerjasama toko online, dan lain sebagainya.

Ketika sudah sampai pada tahap ini, Andalah yang menentukan tarif bentuk kerja sama tersebut. Jadi, pahami kualitas blog yang dimiliki agar bisa mematok harga yang sesuai bagi klien yang ingin menjalin kerjasama dengan blog yang dikelola tersebut.

Mulailah Membuat Blog Sebagai Kerja Sampingan dan Kembangkan Hingga Menjadi Kerja Utama
Menghasilkan uang dari mengelola sebuah blog memang bukan hal yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Pasalnya, agar blog yang dimiliki mendapat pengunjung yang banyak, Anda perlu mengisinya dengan konten yang menarik dan berbobot.

Rajin melakukan promosi situs ke akun sosial media dan mengiklankannya ke situs yang memiliki lebih banyak pengunjung tentu dapat membuat blog Anda lebih cepat memiliki pembaca setia.

Untuk itu, nikmati dulu proses mengembangkan blog tersebut hingga jumlah pengunjungnya cukup banyak dan blog siap untuk dimonetisasi.

Semoga cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang ini dapat bermanfaat bagi Anda, para calon blogger.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: