Jadikan Blog sebagai Sumber Penghasilan, Begini Caranya! - Berkembangnya zaman membuat banyak orang bisa menghasilkan uang melalui berbagai cara yang tidak biasa. Salah satunya adalah menghasilkan uang melalui blog atau mengandalkan kegiatan blogging atau menulis pada blog sebagai sumber pendapatan baru. Bila ditekuni bisa saja lebih sukses dari sekarang.

Namun bagi sebagian orang kegiatan blogging agak susah dilakukan karena belum paham langkah yang tepat. Banyak orang yang asal menulis di blog tanpa aturan sehingga tujuannya untuk menghasilkan uang tidak tercapai. Maka dari itu butuh langkah tepat untuk bisa melakukan hal tersebut agar menghasilkan keuntungan.

Tahapan agar Blog Hasilkan Uang


Bukan daftar akun blog, nulis, kemudian langsung dapat sejumlah uang, melainkan ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan seperti berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Buat Blog di Platform yang Tepat

Sekarang ini banyak tempat yang bisa Anda jadikan untuk ngeblog. Tapi yang kebanyakan orang pilih antara WordPress atau Blog, sebab mudah digunakan, gratis, cukup aman, dan bisa disesuaikan dengan penggunanya. Namun, setiap platform tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang sering kali diabaikan para blogger. Untuk itu, cari tahu dan pahami terlebih dahulu agar Anda bisa memilih yang paling tepat.

2. Penentuan Domain dan Hosting


Jika blog sudah disiapkan, Anda juga harus menentukan nama blog dan alamat blog atau domain sehingga bisa diakses secara online. Tentukan domain yang unik dan sesuai dengan konsep dan konten yang diinginkan sejak awal.

Selain itu tentukan hosting yang akan dipakai. Sekarang ini banyak pilihan penyedia layanan hosting. Sebelum memilih, pastikan juga Anda mempertimbangkan satu dengan yang lainnya agar bisa mendapatkan hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya juga akan menguntungkan.

3. Melakukan Konfigurasi Blog

Dalam beberapa jenis blog biasa dikenal dengan dashboard atau jendela konfigurasi untuk blog. Pada menu tersebut Anda harus bisa mengkonfigurasikan blog seperti manajemen konten, pengaturan posting, dan melakukan hal lain. Anda bisa melakukan konfigurasi lain dengan membaca tutorial yang ada di internet.

4. Mengatur Desain Blog

Jangan lupa juga untuk perhatikan desain dari blog, apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Jika, dirasa tampilannya kurang menarik atau tidak sesuai konsep, maka Anda harus bisa mengatur desain blog yang menarik sehingga banyak orang yang mau mengunjungi blog Anda. Dalam blog biasanya disediakan tema dan layout gratis atau berbayar untuk menunjang penampilan blog Anda.

5. Buat Tulisan yang Menarik sesuai Target Pembaca


Inti dari blog adalah konten tulisan yang menarik. Tulisan ini kembali dengan konsep awal, apakah blog mau dimuat seperti media online pada umumnya yang membahas banyak topik  atau hanya fokus satu topik saja seperti traveling atau hanya tulisan-tulisan fiksi. Pilihlah sesuai dengan minat dan tulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan isi yang menarik

Selain itu, pastikan juga Anda membuat konten tulisan sesuai dengan target pembaca. Misal, jika sasaran Anda adalah milenial, maka tulisan yang dibuat seputar gaya hidup mereka. Dengan begitu target pembaca yang Anda harapkan bisa tercapai lebih cepat.

6. Membangun Komunikasi dengan Para Pembaca

Ketika target pembaca sudah sesuai harapan, Anda tidak boleh membiarkan mereka hanya sekedar datang dan membaca blog saja. Anda bisa mencoba berkomunikasi dengan mereka dengan melakukan pendekatan seperti membuat forum dan komunitas atau melalui komentar. Hal ini akan membuat pembaca bisa lebih mengenal Anda secara lebih dekat. Pertahankan komunikasi tersebut dan teruskan promosi blog sehingga blog bisa dikenal lebih luas.

7. Buka Keran Pendapatan dengan Iklan


Jika langkah – langkah di atas sudah dilakukan, Anda bisa membuka pendapatan blog secara langsung. Anda bisa memanfaatkan fasilitas pasang iklan di blog. Semakin banyak pengunjung yang baca, semakin banyak pembaca yang mengklik iklan tersebut, maka bisa dipastikan blog akan mengucurkan banyak uang.

Konsisten Meningkatkan Kreativitas

Meski terdengar mudah mendapatkan pundi – pundi uang lewat blog, tapi Anda juga perlu kerja keras untuk konsisten meningkatkan kreativitas agar bisa menghasilkan konten yang selalu menarik, sehingga jumlah pembaca akan semakin meningkat. Ikuti perkembangan aman, agar Anda bisa lebih mudah menemukan ide-ide terbaru.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: