Mau Liburan ke Raja Ampat Papua? Berikut Tips Ampuh Agar Kantong Tidak Kering - Bagi sebagian orang, liburan adalah momen yang jarang terjadi dan paling dinanti-nanti. Pasalnya, tak sedikit orang terjebak dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari dan hanya bisa menikmati hidup saat mendapatkan cuti atau libur panjang.

Untuk itu, banyak dari mereka yang memanfaatkan liburan dengan maksimal. Liburan sebagai kegiatan refreshing tersebut dapat menghilangkan penat yang telah lama dipendam.

Agar momen liburan terasa sempurna, tidak ada salahnya untuk memilih tempat wisata yang sedikit menguras budget alih-alih merasakan pengalaman tak terlupakan. Salah satunya dengan pergi berlibur ke ‘Surga Dunia’ yaitu di Raja Ampat Papua.

Wisata Raja Ampat Papua memang terkenal dengan suguhan keindahan alam yang tiada duanya. Tak hanya dikenal oleh wisatawan dalam negeri saja, Wisata Raja Ampat sudah banyak diminati oleh turis di kancah internasional. Alasannya tak lain karena pesona bahari yang terbentang di gugusan pulau-pulau tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika berlibur ke Raja Ampat Papua akan membuat isi tabungan jebol. Pasalnya, ada beragam celah yang bisa dimanfaatkan untuk berhemat saat berwisata ke sana.

7 Tips Liburan Hemat dan Murah di Raja Ampat Papua

1. Buat Rencana Perjalanan dengan Matang

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke Raja Ampat, mengetahui perkiraan besaran biaya yang diperlukan adalah hal yang amat penting. Untuk mengetahui nominal budget yang harus disiapkan, Anda dapat membuat itinerary atau rencana perjalan. Tak perlu repot, informasi biaya perjalanan bisa didapatkan di internet.

Namun, perlu dipahami meski mudah didapat, Anda perlu mencari itinerary Raja Ampat yang terbaru dan kredibel. Alasannya agar rencana perjalanan yang didapatkan akurat sehingga dana yang disiapkan pun menjadi tak jauh berbeda.

Biasanya, dalam membuat rencana perjalanan ke Raja Ampat, Anda harus melakukan hal berikut:

  • Mencari informasi biaya perjalanan seperti tiket pesawat dan kapal laut.
  • Siapkan kebutuhan menginap serta konsumsi sehari-hari (jika tidak termasuk dalam layanan di tempat penginapan).
  • Mencatat pengeluaran untuk keperluan lain yang sekiranya dibutuhkan selama berlibur di Raja Ampat.
  • Setelah mendapatkan kisaran biaya berlibur seperti di atas. Anda harus menentukan waktu berangkat serta siapa saja yang turut ikut berwisata. Hal ini perlu dilakukan agar biaya liburan menjadi lebih terjangkau karena itinerary yang dibuat lebih matang dan biaya transportasi menjadi lebih murah karena urunan dari teman liburan Anda. 


Minimal, buat rencana perjalanan 6 bulan sebelum masa cuti. Dengan begitu, Anda dapat menyiapkan anggaran liburan dan mencari teman yang dapat diajak berkompromi untuk menyokong kebutuhan transportasi dan akomodasi lainnya secara bersama-sama.

2. Siapkan Tiket Pesawat Paling Tidak 3 Bulan Sebelum Liburan Tiba

Dalam kebanyakan rencana perjalanan wisata ke Raja Ampat, budget liburan yang disiapkan seringkali habis terkuras untuk membeli tiket pesawat ke Sorong, Papua Barat. Pasalnya, untuk dapat berlibur ke Raja Ampat, Anda harus menaiki pesawat menuju Sorong yang biasanya dibanderol dengan harga jutaan Rupiah.

Memang harga tiket pesawat menuju Sorong tergantung dari lokasi tempat tinggal. Jika Kebetulan letak rumah tidak terlalu jauh dari Indonesia bagian timur, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Namun, jika disiapkan dari jauh-jauh hari, besar kemungkinan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah. Jangan pernah mencari tiket berlibur saat musim liburan karena harga yang didapatkan pasti lebih mahal.

Untuk itu, membeli tiket pesawat setidaknya 3 bulan sebelum jadwal berlibur ke Raja Ampat tiba adalah hal yang perlu untuk dilakukan agar budget liburan tidak membengkak. Bila memungkinkan, Anda juga dapat memanfaatkan promo tiket pesawat yang banyak ditawarkan oleh situs-situs atau aplikasi perjalanan.

Selain bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah, risiko tidak kebagian tiket pun hampir tidak mungkin dialami. Jangan lupa memasukkan biaya pembelian tiket pesawat tersebut dalam rencana perjalanan Anda agar budget yang disiapkan menjadi lebih terkontrol dan akurat.

3. Minimalisir Barang Bawaan saat Berlibur

Kebutuhan fashion saat berlibur barangkali adalah hal yang wajib untuk disiapkan. Akan tetapi, semakin banyak barang yang dibawa, semakin besar pula risiko over budget. Untuk itu, meminimalisir barang bawaan saat berlibur ke Raja Ampat adalah hal yang perlu dilakukan.

Bila memungkinkan, cukup bawa satu ransel berukuran besar yang berisikan kebutuhan primer saja. Siapkan beberapa pakaian yang sekiranya cukup selama di sana. Jika masih ada ruang, sediakan perlengkapan keselamatan dasar seperti obat khusus dan sleeping bag yang mungkin dibutuhkan.

Saat dapat meminimalisir barang bawaan liburan, Anda tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membayar biaya bagasi tambahan di pesawat. Jadi, usahakan untuk membawa barang bawaan yang tidak melebihi ketentuan yang telah diberikan oleh maskapai pesawat yang digunakan.

4. Ajak Relasi Sebanyak Mungkin untuk Berlibur Bersama

Berwisata dengan banyak orang memang dapat menambah keseruan liburan. Namun, dengan berlibur bersama banyak orang pula biaya akomodasi seperti transportasi di Raja Ampat akan menjadi lebih terjangkau dan aman bagi dompet.

Hal ini bukan karena alasan karena untuk dapat berkunjung ke pulau unggulan, biaya transportasinya terbilang cukup mahal untuk ditanggung seorang diri. Nah, momen inilah yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan teman Anda dan menyokong biaya transportasi secara bersama-sama. Pastinya, semakin banyak orang yang pergi berlibur bersama Anda, semakin terjangkau pula biaya transportasi yang dikeluarkan di Raja Ampat.

5. Bersikap Ramah dengan Penduduk Sekitar

Saat berlibur ke Raja Ampat, Anda pasti berkesempatan untuk bertemu dengan penduduk lokal daerah tersebut. Mulai dari yang berprofesi sebagai nelayan hingga maupun sekadar warga setempat pun bisa ditemui.

Namun, dibalik sikap ramah ditunjukkan, bukan tidak mungkin akan berimbas positif kepada Anda. Misalnya, penduduk yang diajak berkomunikasi memiliki tempat tinggal dan menawarkan Anda untuk menginap di sana.

Anda juga mungkin mendapatkan informasi tempat menginap unggulan dengan harga miring dari para penduduk lokal tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk menebar kebaikan sembari berlibur dan mungkin saja karma positif akan mendatangi Anda.

6. Cukupi Kebutuhan Perut Seperlunya Saja

Kebanyakan orang pasti beranggapan bahwa makanan di Raja Ampat dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, hal ini bukan menjadi alasan bagi Anda untuk kalap dan membeli segala makanan yang diinginkan.

Tanpa disadari, pengeluaran yang dilakukan untuk kebutuhan konsumsi akan jadi jauh meningkat jika tidak menahan nafsu lidah tersebut.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, tetap bijak dalam mengatur keuangan untuk konsumsi. Jika dirasa perut belum lapar atau belum masuk jam makan, usahakan untuk menahan nafsu makan Anda. Bila memungkinkan, Anda dapat berkesempatan untuk mencicipi makanan khas Papua dari penduduk lokal yang ditemui atau para pedagang di sana.

Dengan begitu, perjalanan liburan Anda di Raja Ampat tidak akan mengganggu kondisi keuangan. Anda pun masih bisa merasakan cita rasa dari makanan dan minuman khas Papua tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

7. Manfaatkan Kapal PELNI untuk Perjalanan Pulang

Setelah puas menikmati liburan di Raja Ampat, Anda tentu harus melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman. Daripada bingung melihat harga tiket pesawat yang relatif mahal dan tabungan yang kian menipis, Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan perjalanan pulang dengan menggunakan Kapal PELNI.

Dengan menggunakan Kapal PELNI, ongkos pulang dapat dipangkas secara signifikan. Memang waktu tempuh perjalanan menjadi jauh lebih lama, namun Anda dapat memanfaatkan masa tersebut untuk bercengkrama santai bersama keluarga atau relasi sebelum kembali beraktivitas seperti biasanya.

Tentunya, hal tersebut dapat membuat Anda lebih mengenang masa liburan di Raja Ampat. Alhasil, liburan Anda akan menjadi lebih berkesan dan teringat hingga kapanpun.

Liburan Mewah Tidak Selalu Membutuhkan Biaya Besar

Raja Ampat memang memiliki daya tarik keindahan alam yang tiada duanya. Mulai dari pulau raja ampat, pantai raja ampat, hingga raja ampat diving.

Oleh karenanya, tak sedikit orang yang menggadang-gadang liburan di Raja Ampat sebagai liburan yang mewah dan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun, jika Anda mengikuti tips wisata di atas, bukan tidak mungkin kondisi keuangan akan tetap terjaga meski telah berlibur ke salah satu destinasi wisata terbaik dunia tersebut.

Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: